4 Bahan ini Harus Dihindari Masuk Microwave

Makanan yang Dihindari Masuk Microwave via freepik ala tim duniamasak.com

Microwave memang berfungsi untuk memanaskan makanan. Tidak heran dengan hadirnya microwave secara tidak langsung juga membantu meringankan pekerjaan rumah tangga. Namun penggunaan microwave juga perlu diperhatikan agar tidak menimbulkan bahaya. Untuk itu sebelum menggunakan microwave sangat dianjurkan untuk membaca terlebih dahulu buku petunjuk yang disertakan saat pembelian microwave. Salah satunya yang harus diperhatikan adalah bahan-bahan yang masuk kedalam microwave. Berikut adalah 4 bahan yang harus dihindari masuk microwave.

Bahan Makanan yang Dilarang Masuk Microwave

Makanan yang Dilarang Masuk Microwave via health.usnews.com
Oven microwave via health.usnews.com

Pentingnya membaca aturan pakai pada microwave salah satunya untuk menghindari bahaya. Agar selama menggunakan microwave tetap aman, sebaiknya kita harus memperhatikan bahan makanan apa saja yang sebaiknya tidak boleh masuk microwave.

Buah segar yang masih utuh

Seperti yang kita ketahui bahwa serat dan kadar air yang dimiliki buah sangatlah banyak. Bila buah masuk kedalam microwave tentunya akan menimbulkan ledakan. Ledakan itu dapat timbul bila uap mengumpul dalam kulit buah.

Buah yang kita panaskan dapat mengeluarkan ledakan dan dapat menimbulkan luka serius. Oleh sebab itu sebaiknya kita hindari meletakkan buah yang masih utuh kedalam microwave.

Daging beku

Fungsi salah satu microwave adalah untuk mencairkan makanan yang beku. Namun, rupanya tidak semua makanan yang beku cocok untuk dimasukkan kedalam microwave. Contohnya saja daging beku. Daging beku memiliki ukuran yang cukup tebal. Sehingga dalam proses pemanasannya diperlukan proses yang cukup lama agar panas yang dihasilkan dapat menyeluruh. Bila kita memaksakan untuk meletakkannya kedalam microwave dikhawatirkan akan muncul bakteri karena proses pencairan daging yang tidak merata.

Telur utuh

Salah satu makanan yang dihindari untuk dimasukkan kedalam alat ini adalah telur utuh beserta cangkangnya. Harapannya dapat memanaskan telur secara cepat, namun ternyata dapat membahayakan diri kita sendiri. Jika ingin menikmati telur rebus sebaiknya dipecahkan dahulu cangkang telur kemudian diletakkan diatas mangkok tahan panas.

Cabai dan paprika

Zat aktif bernama capsaicin terdapat pada biji cabai dan paprika. Efek panas dan pedas dihasilkan dari zat tersebut. Memanaskan kedua bahan tersebut dalam microwave dapat menimbulkan ledakan yang mengganggu aroma pernafasan.

Dibawah ini adalah microwave rekomendasi Duniamasak.com!

Microwave Oven Modena via DuniaMasak.com
Microwave Oven Modena via DuniaMasak.com
{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!