4 Makanan Khas Indonesia dan Alat Dapur Paling Dicari Orang Indonesia 2016 di Google Search ala duniamasak.com

Share artikel ini:

Hallo sobat DuniaMasak.com gimana kabarnya nih? Semoga pada baik semua ya!

Kalian semua pasti udah tau dong kalau Indonesia ini terkenal banget sama berbagai macam olahan kulinernya, mulai dari yang biasa, unik, hingga yang kamu kira ga ada taunya ada loh di Indonesia, unik sekali bukan? Ga cuma itu, selain berbagai macam olahan makanan unik yang bisa kamu temui di seluruh penjuru Indonesia, rasa yang ditawarkanpun udah ga perlu di raguin lagi deh! Kamu mungkin sudah ga asing dengan yang namanya rendang kan? Nah gimana menurut kamu rasanya? Enak sekali kan? Hehe ga heran kok, selain pas di lidah orang Indonesia sendiri, rendang juga populer di kalangan turis mancanegara! Iya… bule juga suka makan rendang, ga percaya? Menurut survei yang dilakukan oleh CNN pada 2011 lalu menyatakan bahwa lebih dari 35000 orang yang di survei sebagian besar menyukai rendang! Wah, bangga bukan menjadi warga Indonesia? Tapi sobat DuMa tau gak nih makanan apa lagi yang enak selain rendang? Deretan makanan enak ini pasti udah gak asing lagi deh di telinga kamu, penasaran apa aja makanannya? Lihat yuk deretan makanan enak ala DuniaMasak.com ini

  1. Gado-gado

    Gado-gado via: http://www.tokomesin.com/wp-content/uploads/2015/04/gado-gado-tokomesin.jpg?x52897

    Pada dasarnya Gado-gado adalah campuran berbagai macam sayur rebus yang dibubuhi bumbu atau saus kacang. Bahan-bahan yang harus dipersiapkan untuk membuat Gado-gado :

    • Bayam atau Kangkung
    • Kacang panjang
    • Tauge
    • Labu siam
    • Jagung
    • Nangka muda
    • Pare dan kol
    • Tahu dan Tempe
    • Telur rebus
    • Kerupuk
    • Lontong atau Nasi

    Taruh semua sayuran rebus seperti (kangkung, kol, jagung, labu siam, dan tauge) ke dalam piring saji. Setelah semua bahan sudah terpampang rapi di piring, saatnya kalian menambahkan beberapa “aksesori” untuk menambah cita rasanya seperti tempe goreng, tahu, kentang, ataupun telur untuk menambah cita rasanya.

    Nah, kalau semua sayuran rebus sudah terpampang rapi di atas piring saji, waktunya kita buat sausnya nih. Gado-gado terkenal enak karena cita rasa dari saus kacangnya yang menggoda banget! Kalau dulu orang-orang menggunakan alat tumbuk untuk membuat saus kacang, kini kamu bisa langsung menggunakan Blender bumbu dapur agar mendapatkan hasil yang lebih sempurna dan praktis.

    Cara menggunakan blender untuk membuat saus kacang ini gampang banget loh! Kamu tinggal menaruh semua bumbu yang kamu butuhkan (bawang merah, bawang putih, saus kacang, cabai, dan gula merah) ke dalam Blender. Blender hingga semua bumbu tercampur rata, setelah itu tuangkan Bumbu saus kacang yang sudah jadi ini ke piring saji, setelah semua sayuran rebus sudah tercampur dengan saus kacangnya jangan lupa untuk tambahkan bawang goreng dan kerupuk untuk menyempurnakan Gado-gado buatanmu ya!

  2. Rendang

    Rendang via: http://masteresep.com/wp-content/uploads/2014/07/resep-rendang-padang.jpg

    Setelah tadi kita bahas Gado-gado, sekarang giliran kita ngebahas makanan enak asal Padang nih! Yap, apalagi kalau bukan rendang, hampir seluruh lidah orang Indonesia demen banget nih sama makanan yang satu ini! Ikutin yuk gimana caranya bikin rendang ala DuniaMasak.com

    Bumbu yang harus disiapkan :

    1. 500 gram daging sapi
    2. 900 ml air
    3. 3 bungkus (3 x 65 ml) santan kara
    4. 1 lembar daun kunyit
    5. 1 batang serai, digeprek
    6. 3 butir asam kandis
    7. Minyak untuk menumis bumbu

    Jangan lupa untuk haluskan :

    • 7 buah cabai merah besar
    • 7 buah cabai merah keriting
    • 6 butir bawang merah
    • 4 siung bawang putih
    • 4cm jahe
    • 5cm lengkuas
    • 1 sdm garam

    Cara Membuatnya :

    • Tumis bumbu halus hingga harum, masukkan daging sapi. Aduk dan masak di atas api sedang sampai daging berubah warna, kemudian masukkan asam kandis, daun kunyit, dan serai lalu aduk hingga rata
    • Tuang air dan santan, masak dan aduk sesekali agar santan tidak pecah, teruskan memasak air hingga menyusut lalu kecilkan api sambil terus diasuk. Angkat setelah bumbu mengental dan mengeluarkan minyak dari santan serta dagingnya empuk lalu siap untuk disajikan.

    Selama proses memasak pasti akan sangat mengganggu jika asap yang ditimbulkan menyebar kemana-mana, untuk itu sangat disarankan agar kamu memakan Penghisap Asap Dapur agar asap yang ditimbulkan dari memasak itu tidak menyebar kemana-mana dan menambah kenyamanan dalam memasak.

    3. Opor Ayam

    Opor Ayam via: http://www.royco.co.id/Images/1058/1058-1029909-08%20Royco_Jul%202015_Nanas%20untuk%20Opor%20Ayam%20Istimewa_Rev01.jpg

    Makanan yang satu ini pasti sering banget kita lihat menjelang Hari Raya Idul Fitri maupun Idul Adha, walaupun begitu, Opor Ayam ini memang primadona untuk disantap setiap hari kok, lihat yuk bagaimana cara membuatnya.

    Bahan yang diperlukan :

    • 1 ekor ayam kampung (dipotong-potong sesuai selera)
    • 1 Liter santan
    • Garam secukupnya
    • 2 batang sereh
    • Gula secukupnya
    • 3cm Lengkuas

    Jangan lupa juga untuk menghaluskan :

    • 5cm kemiri
    • 3cm kunyit
    • 1/4 sdt jintan
    • 7 bg bawang merah
    • 1/4 butir pala
    • 1 sdt merica butiran
    • 5 siung bawang putih
    • 1 sdt ketumbar

    Cara Membuat :

    • Tumis bumbu yang dihaluskam ke dalam panci, tambahkan jahe, daun salam, lengkuas, dan serai. aduk-aduk hingga berbau harum
    • Setelah itu masukkan daging ayam, aduk agar bumbu tercampur rata, masak sampai warnanya berubah
    • Tuangkan air santan, tambahkan garam dan gula secukupnya. setelah matang angkat

    Usahakan kamu menggunakan Panci yang berkualitas dalam membuat opor agar mendapatkan hasil yang maksimal tanpa mengurangi cita rasa dan merusak zat besi, sekaligus vitamin B 5 yang terkandung dalam opor ayam kan? Karena peralatan masak yang berkualitas akan menghasilkan masakan yang berkualitas juga bukan?

    4. Bandeng Presto

    Bandeng Presto via: http://www.jamilazzaini.com/wp-content/uploads/2016/01/Bandeng-Presto.jpg

Terakhir, ada Bandeng Presto nih sobat DuMa, kalau kamu bosan dengan olahan ikan bandeng yang itu-itu aja, olahan bandeng presto ini bisa banget nih kamu jadikan alternatif buat kamu sajikan untuk orang spesial.

Bahan yang diperlukan

  • 1kg ikan bandeng segar
  • Daun pisang
  • 350ml air
  • 1sdm garam
  • 4 lembar daun salam
  • 100gr lengkuas yang diparut
  • 6 siung bawang merah
  • 40gr kunyit
  • 1sdm ketumbar, sangrai
  • 6 siung bawang putih

Cara membuatnya

  • Haluskan bawang putih, bawang merah, kunyit, ketumbar sangrai, dan garam
  • Campur bumbu yang dihaluskan dengan lengkuas parut, aduk hingga rata
  • Bersihkan ikan bandeng, lalu buang isi perutnya menggunakan Pisau, lumuri ikan dengan bumbu sampai merata keseluruhan
  • Letakkan daun pisang didasar panci presto, masukkan ikan bandeng ke dalam panci presto
  • Lapisi tiap tumpukkan ikan bandeng dengan daun pisang supaya kulit ikan tidak melengket
  • masukkan daun salam dan isi panci dengan air hingga menutupi semua permukaan bandeng
  • Tutup rapat, lalu masak kurang lebih hingga 20menit, matikan api dan tunggu sampai suara desisnya hilang
  • Angkat dan tiriskan, sekarang Ikan bandeng presto kamu sudah siap untuk digoreng

Itu dia tadi makanan di Indonesia yang paling sering dicari orang Indonesia bahkan seluruh dunia karena kelezatan rasa dari masakan-masakan tadi memang sudah melegenda! Untuk mempertrahankan kualitas dari masakan yang kamu buat kami sarankan agar menggunakan alat masak yang berkualitas juga ya!

Karena masakan yang berkualitas berasal dari alat masak yang berkualitas juga! Dan untuk alat masak yang berkualitas kalian bisa dengan mudah menemukannya hanya di DuniaMasak.com

Terima kasih sudah membaca artikel dari DuniaMasak.com ya, jangan lupa juga untuk Follow kita di Instagram @duniamasakid untuk mengetahui info-info unik seputar makanan, resep masakan sekaligus tempat asik buat hangout bareng temen-temen kamu 🙂

Share artikel ini:
Baca lainnya  Berbagai Macam Resep Popcorn Enak

Yuk bahas artikel ini!