5 Cara Ciptakan Secangkir Kopi yang Nikmat!

Cara Ciptakan Secangkir Kopi via freepik ala tim duniamasak

Wah ada kabar bahagia nih bagi kalian pecinta kopi, karena ternyata kita bisa juga loh menciptakan secangkir kopi yang nikmat. Menjamurnya kedai kopi saat ini, membuat kopi merupakan minuman yang paling banyak dikonsumsi banyak orang lho sahabat Duma. Apalagi, kopi sudah menjadi bagian dari gaya hidup banyak orang. Kali ini tim Duniamasak akan memberikan informasi 5 cara ciptakan secangkir kopi yang nikmat, yuk disimak!

Secangkir Kopi yang Nikmat

Cara Ciptakan Secangkir Kopi via freepik ala tim duniamasak
Secangkir Kopi via freepik

Bagi sahabat Duma yang mungkin penarasan akan kenikmatan rasa dari secangkir kopi yang disajikan oleh beberapa kafe. Maka ada baiknya kalian simak dulu nih 5 cara ciptakan secangkir kopi yang nikmat dari Duma.

Pemilihan Biji Kopi

Pemilihan biji kopi yang ingin diolah sangat berperan penting lho sahabat Duma. Rick Tingle, Harrogate seorang ahli kopi mengungkapkan bahwa pilihlah biji kopi dari Kolombia pada saat menjelang Natal, dikarenakan biji kopi yang dipanen saat musim dingin akan menghasilkan rasa yang mirip dengan karamel. Namun di Indonesia sendiri tidak kalah menarik, kopi Arabika Flores Bajawa, kopi Arabika Bali Kintamani dan masih banyak beberapa kopi lainnya.

Baca lainnya  Makanan-makanan Sebagai Obat Untuk Penderita Asam Lambung

Pemanggangan Biji Kopi

Siapa sangka bila biji kopi kita panggang terlebih dahulu hal itu dapat membuat kopi mengeluarkan aroma serta rasa yang akan terkunci didalam biji kopi tersebut. Proses pemanggangan yang pendek akan membuat kopi beraroma asam, sedangkan proses pemanggangan yang pendek akan membuat kopi berwarna lebih gelap. Ketika proses pemanggangan telah selesai, sahabat Duma harus segra mendinginkan biji kopi tersebut ya.

Penggilingan Biji Kopi

Ada baiknya sahabat Duma menggunakan Grinder agar kopi yang dihasilkan konsisten. Jika sahabat Duma tidak memiliki Grinder hal tersbut sangat berpengaruh terhadap rasa kopi yang dihasilkan. Ukuran biji kopi yang digiling pun harus seukuran pasir atau garam, karena jika terlalu harus akan membuat kopi memiliki asa yang pahit.

Baca lainnya  Ciptakan Keuntungan: Bisnis Kue dengan Cake Showcase LHD

Pencampuran Air

Untuk menciptakan kopi yang nikmat, takaran air dan kualitas air pun harus diperhatikan. Sahabat Duma dapat menggunakan air mineral agar kopi yang disajikan tetap memiliki rasa yang sama.

Hindari Menyimpan Dilemari Pendingin

Kopi yang masih dalam kemasan setelah dipanggang sangat tidak dianjurkan meletakkannya didalam lemari pendingin. Kopi yang sudah dikemas, ada baiknya diletakkan di tempat yang kering dan gelap karena akan merusak kualitas dari kopi itu sendiri.

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!