5 Cara Mencegah Obesitas Pada Anak

Cara Mencegah Obesitas Pada Anak via freepik ala tim duniamasak.com

Obesitas atau yang sering disebut dengan kelebihan berat badan juga sering terjadi pada anak. Meskipun anak yang gemuk terlihat lucu dan menggemaskan, namun siapa sangka bila obesitas pun terjadi pada anak-anak sehingga orang tua wajib mengontrol kesehatan anak yang memiliki berat badan yang berlebihan ke dokter. Berikut ini adalah cara mencegah obesitas pada anak yang wajib diketahui!

Cegah Obesitas Pada Anak

Cara Mencegah Obesitas Pada Anak via freepik ala tim duniamasak.com
Mencegah obesitas pada anak via freepik

Orang tua sangat berperan penting untuk menjaga kesehatan anak terutama untuk mengindari anak memiliki berat badan yang berlebihan. Anak-anak pada usia 0-13 merupakan masa pertumbuhan, sehingga orang tua diharapkan dapat mengkontrol aktivitas dan juga pola makan sang anak. Dibawah ini adalah beberapa cara untuk mencegah obesitas pada anak:

Terapkan Pola Hidup Sehat

Terapkan pola hidup sehat pada anak adalah hal yang sangat penting. Pasalnya masa tumbuh kembang anak berada pada usia 0-13 tahun, oleh sebab itu usia tersebut sangat berpengaruh terhadap kesehatan anak kedepannya. Sahabat Duma ada baiknya meyajikan asupan makanan yang terdapat sayuran dan buah-buahan. Selain itu hindarilah makanan-makanan yang berlemak tinggi untuk mencegah kelebihan berat badan.

Baca lainnya  The 5th MICE Discovery Incentive Travel: Necessity Beyond Luxury

Batasi Waktu Bermain

Sebaiknya batasi waktu bermain anak yang membuatnya malas bergerak, apalagi bila anak duduk berdiam diri sambil menatap layar gadget. Usahakan anak tetap beraktifitas dengan permainan-permainan yang melatih kemampuan motoriknya yang membuat anak tetap bergerak.

Kontrol Rutin

Bila sahabat Duma merasa terdapat perubahan pada anak, atau merasa sang anak terlihat lebih berisi secara berlebihan. Ada baiknya untuk menimbang berat badan anak secara rutin, satu kali dalam seminggu pun boleh. Hal itu untuk mengetahui kenaikan berat badan anak sehingga sahabat Duma dapat mengetahui asupan-asupan yang baik untuk sang anak.

Atur Pola Makan

Cara mencegah obesitas pada anak yang baik adalah dengan mengatur pola makan yang baik. Pola makan yang paling umum adalah 3 kali sehari, maka berikanlah porsi makan yang tidak berlebihan. Porsi makan anak sangat berbeda dengan porsi makan orang dewasa, sehingga sahabat Duma harus bisa menyesuaikannya ya :).

Baca lainnya  10 Tips Buka Puasa Bersama Agar Berjalan Lancar & Efektif

Pintar Memilih Camilan

Camilan atau snack memang sangat disukai oleh anak-anak. Namun, jangan sembarangan memilih camilan. Hindari camilan yang mengandung MSG atau bahan-bahan pengawet lainnya yang tidak baik untuk kesehatan. Makanan yang mengandung bahan-bahan tersebut sangat tidak baik untuk perkembangan otak. Batasi makanan-makanan manis dan makanan yang memiliki kadar lemak yang tinggi seperti permen atau minuman bersoda lainnya. Saran Duma, sediakan camilan yang berbahan dasar buah ataupun sayuran yang telah diolah seperti roti gandum. Anak-anak menyukai makanan-makanan yang unik, cobalah menyajikan makanan-makanan sehat tersebut dengan cara yang menarik.

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!