5 Cemilan Sehat Demi Berat Badan yang Ideal

Cemilan Sehat via Kaboompics

Memiliki berat badan yang ideal adalah impian setiap orang, khususnya bagi kaum hawa. Meskipun demikian, tidak menutup kemungkinan bagi kaum adam yang juga sangat mengincar berat badan yang ideal. Permasalahan seperti berat badan yang berlebih dan ingin kurus, ataupun berat badan yang kurang dan ingin gendut menjadi tema utama pembicaraan kita kali ini.

Cara Perhitungan Berat Badan Ideal

Berapa sih berat badan yang ideal? via kesehatan.co

Berapa sih berat badan yang ideal? via kesehatan.co

Sebenarnya gimana sih cara menghitung berat badan yang ideal? Hitungan sederhana untuk berat badan yang ideal bagi pria dan wanita berbeda lho! Begini nih cara menghitungnya:
Pria : Berat badan ideal (kg) = [tinggi badan (cm) – 100] – [(tinggi badan (cm) – 100) x 10%]
Wanita : Berat badan ideal (kg) = [tinggi badan (cm) – 100] – [(tinggi badan (cm) – 100) x 15%]

Setelah kamu mengetahui perhitungan di atas, sebaiknya kamu mulai hitung-hitung deh berat badanmu saat ini. Sudah ideal belum? Jika belum, bagi kamu yang kesulitan menaikkan berat badan, tanpa efek samping yang berat, berikut DuniaMasak berikan cemilan-cemilan sehat untuk berat badan idealmu.

Yuk Cemil Cemilan Sehat Demi Berat Badan Ideal

1. Kacang

Kacang via www.parenting.co.id

Kacang via www.parenting.co.id

Cemilan sehat yang pertama adalah kacang. Kacang adalah camilan sehat yang dapat menambah berat badan kamu. Kacang mengandung serat dan protein yang sangat tinggi dan memiliki sekitar 150 sampai 200 kalori per ons. Kamu bisa mencampurkan menu cemilan kacangmu dengan biji bunga matahari dan biji labu yang juga mengandung kalori tinggi. Kamu bisa menaburkan kacang dan biji-bijian ini ke dalam salad, oatmeal, ataupun sayur sop sebagai tambahan menu utama. Namun, demi badan ideal yang sehat, kamu sebaiknya mengonsumsi kacang rebus. 

2. Kentang

Kentang Rebus via jadimandiri.org

Kentang Rebus via jadimandiri.org

Camilan sehat lainnya yang dapat membantumu menambah berat badan adalah kentang. Kentang bisa membuat kamu kenyang karena memiliki kandungan kalori yang tinggi. Kentang sering juga menjadi pengganti nasi bagi kamu yang ingin diet. Selain itu, kentang juga mengandung serat, protein, dan vitamin C. Protein dalam kentang bisa didapatkan secara maksimal apabila mengonsumsi dengan kulitnya lho! Kentang yang sudah diolah pun memiliki kandungan kalori berbeda-beda. Lagi-lagi, demi asupan gizi dan menambah berat badan idealmu, sebaiknya kentang diolah dengan cara di rebus ya!

Baca lainnya  Berikut Ini 5 Buah yang Dianjurkan untuk Ibu Hamil

3. Keripik Pisang

Keripik Pisang via Keripikpisangpasrujambe.blogspot.co.id

Keripik Pisang via Keripikpisangpasrujambe.blogspot.co.id

Camilan sehat lainnya adalah keripik pisang. Satu ons keripik pisang mengandung 147 kalori. Setiap penyajian 3 ons keripik pisang terkandung sekitar 29 gram lemak dan 450 gram kalori. Jika dikonsumsi setiap hari, bisa dibayangkan berapa asupan kalori yang masuk ke dalam tubuh nih sahabat duma! Cemilan ini sangat membantu kamu untuk membuat berat badanmu bertambah, demi menuju berat badan yang ideal.

4. Yogurt

Makanan sehat ini juga dapat membantu kamu menambah berat badan.  Apalagi jika kamu memilih yogurt dengan lemak penuh. Selain itu, kamu juga bisa menambahkan buah-buahan, kacang, madu, dan granola dalam segelas yogurt sebagai sarapanmu. Ini bisa membantumu dalam mendapatkan kalori tambahan.

Baca lainnya  5 Kuliner Khas Ranah Minang yang Selalu Dicari!

5. Buah-buahan

Buah-buahan via obatpengapuranpadasendi.com

Buah-buahan via obatpengapuranpadasendi.com

Nah cemilan yang terakhir ini kaya manfaat deh. Siapa sih yang nggak suka mengonsumsi buah-buahan. Kandungan vitamin di dalamnya mampu menjaga kesehatan tubuh. Selain itu, rasa manis buah lebih menyehatkan dibanding pemanis buatan. Kamu bisa memilih berbagai buah sebagai cemilanmu untuk menambah berat badan, dan kamu sebaiknya mengonsumsi buah kaya lemak baik seperti alpukat dan pisang. Selain untuk menambah berat badan, buah-buah ini juga bermanfaat untuk kesehatan kulit dan kecantikan. Kamu juga harus tahu cara menyimpan buah-buahan agar tidak mudah busuk ya.

Yuk miliki tubuh yang ideal! Jangan lupa dishare ya sahabat Duma!

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

6 thoughts on “5 Cemilan Sehat Demi Berat Badan yang Ideal”

  1. Pingback: Manfaat Kacang Polong Yang Banyak Tidak Diketahui, Kamu Harus Baca!
  2. Trackback: Manfaat Kacang Polong Yang Banyak Tidak Diketahui, Kamu Harus Baca!
  3. Pingback: Tips Membeli Kue Kering Natal | Jurnal DuniaMasak.com
  4. Trackback: Tips Membeli Kue Kering Natal | Jurnal DuniaMasak.com
  5. Pingback: Melelehkan Coklat Agar Tidak Gosong, Begini Caranya!
  6. Trackback: Melelehkan Coklat Agar Tidak Gosong, Begini Caranya!
  7. Pingback: Khasiat Puding Rumput Laut Bagi Kesehatan Tubuh
  8. Trackback: Khasiat Puding Rumput Laut Bagi Kesehatan Tubuh
  9. Pingback: Cemilan ini Bikin Gemuk Namun Tetap Sehat | Blog duniamasak.com
  10. Trackback: Cemilan ini Bikin Gemuk Namun Tetap Sehat | Blog duniamasak.com
  11. Pingback: Kamu Menjalani Proses Menaikan Berat Badan? Konsumsi Ini !
  12. Trackback: Kamu Menjalani Proses Menaikan Berat Badan? Konsumsi Ini !

Yuk bahas artikel ini!