5 Jenis Edible Flower yang Sering Dipakai untuk Makanan

jenis edible flower via freepik ala duniamasak

Bunga adalah tumbuhan yang sering ditemukan di kebun atau taman dengan berbagai macam jenis yang memiliki tampilan cantik dan menarik. Selain keelokannya yang manis dipandang mata, ternyata beberapa macam bunga juga nikmat untuk memanjakan mulut. Biasanya, bunga ini akan dijadikan pendamping dan garnish dalam hidangan yang lezat agar menambah kesegaran serta estetika. Berikut rekomendasi 5 jenis edible flower yang sering digunakan untuk makanan yang memiliki rasa serta tampilan yang unik!

Rekomendai Edible Flower untuk Pendamping Makanan

Manfaat bunga telang via freepik ala duniamasak
Edible flower via freepik

Dandelion

Bunga yang kelihatan sederhana dan tipis ini, ternyata juga enak untuk disantap. Dandelion dapat dinikmati secara mentah ataupun dijadikan campuran untuk membuat jeli. Menurut penelitian, jenis bunga ini juga mempunyai kandungan antioksidan yang bisa membantu mengurangi risiko terkena penyakit kanker.

Baca lainnya  Siapa Sangka Biji Buah & Bagian Lain dalam Buah Memiliki Banyak Manfaat Lho!

Kembang Sepatu

Kembang sepatu atau yang dikenal sebagai hibiscus adalah salah satu tumbuhan yang juga tergolong sebagai edible flower. Bunga ini sering dijadikan sebagai pelengkap minum teh, cocktail, selai ataupun salad. Kembang sepatu ini juga diyakini dapat membantu mengurangi tekanan darah dan kadar kolesterol dalam tubuh.

Lavender

Bunga ini sangat terkenal dengan aromanya yang sangat harum. Ya, lavender mempunyai wangi yang cukup menenangkan dan memiliki rasa yang manis sehingga dapat dicampurkan dalam minuman cocktail, hidangan penutup seperti es krim dan lain sebagainya.

Mawar

Selain lavender, ada juga bunga yang mempunyai aroma yang khas dan tentunya bisa dimakan. Mawar yang mempunyai beragam jenis warna ini bisa dipakai untuk berbagai macam hidangan seperti untuk selai, es krim, salad, dan makanan penutup lainnya. Bunga ini mengandung kalori yang rendah, kaya akan air, serta memiliki kandungan vitamin A dan vitamin E sehingga dapat menyehatkan tubuh.

Baca lainnya  Resep Mie Belitung Yang Nikmat dan Lezat

Violet

Rekomendasi jenis edible flower terakhir adalah violet. Bunga ini pun memiliki rasa yang manis sehingga bisa dicampurkan dengan makanan penutup seperti es krim dan pudding. Bunga ini juga memiliki kandungan yang baik untuk tubuh sehingga dipercaya bisa mengobati penyakit pernapasan, membantu fungsi jantung dan otot juga.

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!