5 Jenis Tanaman Obat Keluarga (TOGA) yang Memiliki Banyak Manfaat

tanaman obat keluarga via freepik ala tim duniamasak

Tanaman obat keluarga sering juga disebut dengan tanaman toga adalah tanama yang mudah dibudidayakan. Terlebih lagi tanaman obat keluarga ini sangat baik dalam menyembuhkan penyakit. Tidak heran jika kali ini tim DuniaMasak akan membahas beberapa jenis tanaman obat keluarga yang memiliki banyak manfaat.

Tanaman Obat Keluarga

tanaman obat keluarga via freepik ala tim duniamasak
Belimbing wuluh via freepik

Tanaman obat keluarga sering menjadi perbincangan karena memiliki beberapa manfaat. Dibawah ni adalah beberapa jenis tanaman obat keluarga yang wajib kamu ketahui:

Daun Sirih

Tanaman asli dari Indonesia ini memiliki banyak khasiat. Air rebusan dari daun sirih dipercaya dapat menghilangkan bau tak sedap pada mulut dengan cara berkumur-kumur. Selain itu daun sirih dengan pinang yang dikunyah secara bersamaan dapat memperkuat gigi agar tidak mudah tanggal. Ada juga yang menjadikan daun sirih sebagai obat sakit kepala dengan menempelkan daun sirih di bagian dahi. Kandungan analgesik yang terdapat pada daun sirih dapat meredakan sakit kepala.

Belimbing Wuluh

Pohon belimbing wuluh adalah tanaman obat keluarga yang sebetulnya mulai susah-susah gampang untuk ditemukan. Selain untuk bahan masakan belimbing wuluh juga memiliki beberapa khasiat yang baik untuk kesehatan. Kandungan dari buah ini adalah zat besi, fosfor, antioksidan, dan serat. Belimbing wuluh juga dapat meredakan batuk dengan cara mencampurkan tiga buah belimbing wuluh dengan beberapa butir adas, sedikit gula dan air yang kemudian direbus dan disaring airnya lalu dikonsumsi airnya.

Baca lainnya  Trik Cara Memasak Buat Kamu Para Pemula

Lidah Buaya

Lidah buaya atau aloe vera memang sudah tidak perlu diragukan lagi sebagai obat tradisional. Tidak hanya di Indonesia, lidah buaya juga terkenal di beberapa negera seperti India dan China. Lidah buaya dipercaya dapat menyembuhkan ruam dan iritasi kulit dengan mengoleskan gel lidah buaya pada ruam dan kulit yang iritasi. Selain luka, lidah buaya juga sangat bagus digunakan untuk melembapkan rambut dan kulit kepala dengan mengoleskan gel lidah buaya.

Ciplukan

Tanaman yang satu ini memang sudah tidak asing lagi, ya buah ciplukan namanya. Tumbuh liar di negara tropis ternyata buah ini memiliki beberapa manfaat untuk kesehatan. Ciplukan dapat menurunkan kolestrol dengan mengonsumsi ciplukan sehari-hari. Jika sahabat duma memiliki kadar gula yang tinggi, ada baiknya sering mengonsumsi buah ciplukan ini. Karena buah ini dapat menurunkan kadar gula dalam darah dengan baik.

Baca lainnya  Keshia Deisra "Berbisnis Demi Memberikan Solusi"

Jambu Biji Merah

Buah yang tumbuh di iklim tropis ini memiliki banyak penggemarnya. Selain rasanya yang lezat buah ini terkenal akan manfaatnya. Buah jambu biji ini dapat meningkatkan trombosit, maka dari itu bagi penderita demam berdarah sangat dianjurkan mengonsumsi buah jambu merah ini. Selain untuk kesehatan tubuh, buah jambu biji juga baik untuk kesehat kulit. Kandungan antioksidan pada buah jambu biji merah dapat mencegah penuaan dini dan dapat mengatasi masalah jerawat.

Wah ternyata tanaman obat disekitar kita memiliki banyak manfaat ya sahabat Duma. Ada baiknya kalau tanaman-tanaman tersbut kita mulai budidayakan dihalaman rumah. Agar memudahkan sahabat Duma jika sedang membutuhkan tanaman tersebut.

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!