5 Makanan Khas Paskah di Beberapa Negara

Makanan Khas Paskah Le gigot d’agneau Pascal via odelices.ouest-france.fr ala tim duniamasak.com

Hari Paskah selalu identik dengan telur, semua dekorasi hingga masakan yang disajikan pun terdapat telur yang mendominasi. Namun tahukah sahabat Duma? Tidak hanya telur, dibeberapa negara ternyata memiliki hidangan yang unik dan tidak kalah menarik serta lezat. Berikut ini adalah makanan khas Paskah di beberapa negara yang wajib diketahui!

Makanan Khas Paskah

Makanan khas Paskah memang menjadi salah satu yang dinanti-nantikan. Beberapa negara pun merayakan Paskah dengan suka cita, hal itu terbukti dengan makanan-makanan yang disajikan pada saat Paskah. Berikut ini adalah makanan yang populer di beberapa negara saat Paskah tiba:

Yunani

Makanan Khas Paskah Tsoureki via dimitrasdishes.com ala tim duniamasak.com
Tsoureki via dimitrasdishes.com

Makanan khas paskah yang pertama adalah dari Yunani. Tsoureki merupakan makanan khas Paskah di Negara ini. Berbentuk kepang dan memiliki rasa yang manis, kue ini termasuk kue panggang. Kepangan 3 lembar pada kue Tsoureki ini ternyata memiliki arti. 3 lembar pada kepangan mewakili sifat trinitas yang ada dalam Kristen. Tidak hanya Tsoureki yang menjadi makanan khas negara ini. Ada juga telur kukus berwarna merah yang menjadi simbol dari darah kristus.

Baca lainnya  Ketahui Jenis Saus Pasta Untuk Memasak

Perancis

Makanan Khas Paskah Le gigot d’agneau Pascal via uk.france.fr ala tim duniamasak.com
Le gigot d’agneau Pascal via uk.france.fr

Negara yang terkenal dengan Menara Eiffelnya ini juga tidak kalah menarik. Pasalnya Perancis memiliki makanan saat paskah yang juga populer. Le Gigot d’agneau Pascal yang merupakan kaki domba masak. Ya, makanan ini mengolah daging kaki domba yang ditaburi dengan bumbu bawang putih, romeary dan beberapa bahan lainnya yang kemudian di panggang. Domba merupakan simbol dari hewan yang dipersembahkan, tidak heran bila makanan khas paskah menggunakan daging domba.

Rusia

Makanan Khas Paskah Pashka via cdn.cdkitchen.com
Pashka via cdn.cdkitchen.com

Rusia termasuk kedalam negara maju dengan masyarakat yang beragam. Tidak hanya itu, Rusia juga memiliki pemandangan indah yang dapat memanjakan mata. Makanan yang populer saat paskah di negara ini adalah pashka. Pashka merupakan kue berbahan dasar keju cottage dan cream cheese. Umumnya Pashka dihiasi dengan buah kering dengan tambahan tulisan XB yang berarti Christ is Risen. Pashka sendiri sebetulnya masuk kedalam dessert. Pashka dapat dimakan secara langsung, maupun dengan tambahan kue lainnya.

Baca lainnya  Manfaat Saffron yang Wajib Diketahui, Menyehatkan!

Inggris

Inggris memiliki dua makanan paskah yang populer yaitu Hot Cross Buns dan Simnel Cake. Untuk roti manis Hot Cross Bun biasanya dinikmati saat Jumat Agung. Roti dengan kismis yang menempel diatasnya ini memili goresan silang yang menandakan penyaliban Yesus Kristus. Lain halnya dengan Simnel Cake yang awalnya dinikmati pada hari Minggu sebelum Paskah. Kue ini dilapisi dengan 11 atau 12 marzipan panggang yang menyimbolkan 12 apostel.

Ekuador

Fanesca via quitotravel.ec
Fanesca via quitotravel.ec

Ekuador menyajikan Fanesca sebagai makanan yang selalu ada saat Paskah. Makanan yang berisi biji kacang dan Bacalao ini ternyata memiliki arti. 12 Biji kacang-kacangan menyimbolkan 12 Rasul sedangkan Bacalao melambangkan Yesus. Umumnya sup ini disajikan seminggu sebelum Paskah.

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!