6 Cara Menghilangkan Cegukan Terus Menerus

Cara Menghilangkan Cegukan via freepik ala tim duniamasak.com

Cegukan adalah gangguan medis yang sering dialami baik orang dewasa maupun bayi. Jenis cegukan yang ringan, umumnya akan hilang dengan sendirinya. Hanya saja, terkadang cegukan terjadi terus menerus dan sulit dihilangkan. Kali ini tim Duniamasak akan memberikan informasi mengenai cara menghilangkan cegukan terus menerus. Yuk disimak!

Cara Menghilangkan Cegukan

Cara Menghilangkan Cegukan via freepik ala tim duniamasak.com
Cegukan via freepik

Cegukan terjadi biasanya dikarenakan diafragma mengejang tanpa kita sadari. Akibatnya, pernafasan pun terhenti dengan tiba-tiba yang akhirnya mengeluarkan suara “hik” bila cegukan. Inilah cara menghilangkan cegukan terus-menerus yang wajib sahabat Duma ketahui!

Jeruk nipis

Jeruk nipis dapat digunakan untuk menghilangkan cegukan terus menerus. Sebaian orang bahka menambahkan sedikit garam pada tetesan lemon yang ingin diminum. Namun setelah mengkonsumsi tetesan lemon ada baiknya sahabat Duma segera meminum air putih untuk menghindari kerusakan pada gigi akibat asam sitrat yang terkandung dalam jeruk nipis.

Baca lainnya  Ramalan Tahun Baru Imlek Untuk Shio Tikus di 2020

Konsumsi gula

Gula merupakan salah satu makanan yang dapat menghilangkan cegukan secara ampuh. Dengan mengkonsumsi gula pasir maupun gula batu saat cegukan dipercaya dapat mengilangkan cegukan dengan cepat. Gula yang dikonsumsi dapat merangsang otot diafragma menjadi rileks. Sahabat Duma cukup kulum gula selama beberapa menit. Bila cegukan masih berlanjut, tambahkan sedikit lagi gula hingga cegukan terhenti.

Minyak kayu putih

Nah kalau yang ini apakah sahabat Duma pernah mencobanya? Ya, minyak kayu putih ternyata dapat menghilangkan cegukan lho. Sahabat Duma hanya perlu mengoleskan minyak kayu putih pada bagian leher dan perut hingga terasa hangat. Sensasi hangat pada minyak kayu putih pun dipercaya dapat membuat diafragma

Olah pernafasan

Kalau yang satu ini pasti sahabat Duma pernah mencobanya bukan? Ya, mengolah pernafasan saat cegukan terbukti ampuh untuk menghilangkan cegukan. Teknik pernafasan yang digunakan umumnya adalah Valsava. Dimana sahabat Duma menghembuskan nafas dengan menjepit hidung dan mulut dalam keadaan tertutup.

Baca lainnya  4 Tips Merawat Blender Agar Tidak Mudah Rusak

Gunakan es batu

Mengunakan es batu juga dapat menghilangkan cegukan. Ada yang mengoleskan es batu pada bagian leher tenggorokan untuk membuat otot diafragma menjadi rileks. Namun ada juga yang menghisap es batu dan juga berkumur menggunakan air dingin sekitar 30 detik.

Minum air hangat

Air hangat dapat melancarkan peredaran darah yang dapat melancarkan sirkulasi oksigen dalam tubuh menjadi lancar. Untuk menghilangkan cegukan pun cukup mudah. Sahabat Duma cukup minum air hangat kemudian tahan nafas dalam keadaan membungkuk. Setelah itu kembali pada posisi biasa dan minum air hangat serta bernafas secara normal.

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!