6 Nama Makanan Unik Yang Ada di Indonesia

Nama makanan unik via freepik ala duniamasak

Tak terasa sudah memasuki bulan baru yaitu bulan Juni. Jangan bosan-bosan di rumah karena pasti selalu ada hal baru yang dapat dipelajari. Salah satunya di dunia kuliner ini, tahukah kamu bahwa banyak makanan Indonesia yang mempunyai nama yang unik dan terbilang lucu? Tentunya, makanan-makanan ini tersebar di berbagai daerah di Indonesia yang dapat ditemukan dengan mudah. Yuk, simak 6 nama makanan unik yang ada di Indonesia.

Makanan Unik di Indonesia

Kerupuk Melarat

Nama makanan unik Kerupuk Melarat via idntimes.com ala duniamasak
Kerupuk Melarat via idntimes.com

Bisa dibilang, hampir semua masyarakat Indonesia pasti menyukai kerupuk dan menjadi suatu kewajiban untuk dijadikan makanan pendamping nasi. Kerupuk memang juga sudah terkenal menjadi makanan yang sangat khas di negara Indonesia. Berbagai macam jenis kerupuk bisa ditemukan, salah satunya yang bernama Kerupuk Melarat. Kerupuk ini berasal dari kota Cirebon dan disebut melarat karena tidak digoreng dengan minyak tetapi dengan pasir panas yang sudah dibersihkan terlebih dahulu. Warna Kerupuk Melarat sangat variatif seperti ada yang berwarna merah, kuning, dan hijau.

Kue Dollar

Nama Makanan nik Kue Dollar via genpi.co ala duniamasak
Kue Dollar via genpi.co

Setelah yang melarat, sekarang ada nama makanan yang terinspirasi dari nama uang. Kue Dollar adalah kue kering yang berasal dari Surabaya dengan bahan dasar terigu, telur dan air lalu dibentuk pipih dengan menggunakan cetakan yang terbuat dari besi. Bentuk pipih tersebut yang menyebabkan kue ini bernama Kue Dollar karena mirip dengan bentuk koin Indonesia di zaman dulu. Kue ini memiliki rasa gurih dan renyah serta mempunyai beragam varian rasa seperti wijen, jahe, keju, dan masih banyak lagi.

Baca lainnya  Tips Membuat Bento untuk Bekal Keluarga Dengan Bento Box

Kue Cubit

Nama makanan unik Kue Cubit via doyanresep.com ala duniamasak
Kue Cubit via doyanresep.com

Bagi warga Jakarta, pasti sudah tidak asing lagi dengan camilan ini. Kue Cubit adalah kue yang terbuat dari campuran susu, tepung terigu, dan air. Disebut dengan nama Kue Cubit karena bentuknya yang terbilang kecil sehingga jika ingin menyantapnya hanya cukup menggunakan 2 jari seperti sedang mencubit. Kue ini memiliki beragam varian rasa namun yang umum ditemukan adalah rasa original dengan warna adonan dasar atas putih lalu akan ditaburi topping meses atau keju.

Kuku Macan

Kuku Macan via pegipegi.com ala duniamasak
Kuku Macan via pegipegi.com

Jangan kaget ketika mendengar makanan ini. Tentu tidak dalam kenyataan akan menyantap kuku hewan buas ini. Kuku Macan adalah camilan sejenis kerupuk yang berasal dari Kalimantan yang terbuat dari campuran tepung tapioka dan ikan tenggiri. Camilan ini juga dikenal dengan nama kerupuk amplang. Disebut sebagai kuku macan karena bentuknya mirip sekali dengan kuku macan yang asli.

Baca lainnya  Jenis Gelas Wine Yang Umum Digunakan

Nasi Kucing

Nasi Kucing via qraved.com ala duniamasak
Nasi Kucing via qraved.com

Makanan ini bukan dikategorikan sebagai camilan namun sebagai makanan berat. Nasi Kucing atau yang bisa disebut Sego Kucing adalah makanan yang populer di Yogyakarta berupa nasi dengan berbagai macam lauk seperti sate-satean. Dinamakan nasi kucing bukan karena lauknya terbuat dari daging kucing, tetapi porsi nasinya yang terbilang sangat sedikit seperti untuk makanan kucing. Biasanya, hidangan ini disajikan dalam daun pisang dan kertas nasi. Nasi Kucing dapat ditemukan di warung angkringan yang banyak terdapat di kawasan daerah Yogyakarta.

Roti Ketawa

Roti Ketawa via cookpad,com ala duniamasak
Roti Ketawa via cookpad,com

Roti Ketawa adalah sebuah roti yang berasal dari Medan yang terbuat dari tepung terigu dan dicampurkan dengan larutan gula, garam, dan bahan pelengkap sehingga akan menghasilkan adonan roti yang lezat. Roti ini memiliki bentuk seperti kue onde karena memiliki topping wijen di seluruh permukaannya. Dinamakan sebagai Roti Ketawa karena camilan ini terdapat bentuk belahan dipermukaan bulatnya sehingga terlihat seperti mulut yang sedang tertawa.

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!