6 Pilihan Bubur Khas Indonesia, Sudah Coba Semuanya?

Bubur Khas Indonesia via freepik ala tim duniamasak

Bagi sahabat Duma pecinta masakan Indonesia, kalian wajib tahu nih bahwa Indonesia memiliki banyak pilihan bubur khas Indonesia lho. Soal rasa, masakan Indonesia terkenal dengan cita rasanya yang enak dan menggugah selera. Jadi jangan ragu-ragu ya untuk mencicipi pilihan bubur khas Indonesia ini, karena Duma jamin kalian akan ketagihan.

Macam-macam Bubur Khas Nusantara

Bubur Khas Indonesia via travelingyuk ala tim duniamasak
Bubur Kampiun via travelingyuk

Indonesia terkenal dengan ragam budayanya, umunya setiap daerah pasti memiliki makanan khasnya. Hal ini pun berlaku untuk makanan seperti bubur, pasalnya disetiap daerah pasti memiliki makanan khas bubur namun dengan nama-nama yang berbeda. Berikut ini adala 6 pilihan bubur khas Indonesia yang sayang jika kamu lewatkan, yuk disimak!

Bubur Mengguh

Bubur khas Indonesia yang pertama adalah bubur yang berasal dari wilayah Bali. Bubur Mengguh namanya, umumnya diberi topping urap kacang panjang dan ditambah suwiran ayam. Bubur Mengguh bisa juga disebut bubuh mengguh (bubuh artinya bubur dalam bahasa Bali). Bubur mengguh pun menjadi santapan sehari-hari dan dapat ditemukan pada upacara adat.

Baca lainnya  Aneka Olahan Makanan Dari Kulit Ayam

Bubur Manado

Bubur Manado ini pasti sudah tidak asing lagi ya ditelinga sahabat Duma. Duma pun sering menemukan penjual bubur Manado ini disekitar daerah Duma. Bubur Manado ini punya nama lain bubur Tinutuan. Bahan-bahan bubur Manado pun sangat baik untuk kesehatan, karena berisi kangkung, ubi, labu dan daun melinjo. Agar bubur Manado semakin nikmat, biasanya bubur disajikan dalam keadaan panas ditambah dengan ikan asin dan sambal.

Bubur Kanji Rumbi

Bubur Kanji Rumbi atau Le Bu Kanji adalah makanan khas dari daerah Aceh nih sahabat Duma. Bubur yang lahir antara perpaduan budaya Aceh dan India ini kaya akan bahan-bahan rempah seperti kayu manis, pala, merica, pekak dan ketumbar. Bubur ini menjadi favorit ketika bulan Ramadan tiba, sebagai menu berbuka.

Bubur Gunting

Bubur Gunting ini berasal dari Kalimantan Timur, perpaduan antara budaya Tionghoa dan Pontianak. Nama lain dari bubur Gunting adalah Tau Suan. Bubur Gunting berbahan dasar kacang hijau kupas, cakwe dan tepung tapioka. Jika sahabat Duma penasaran, kok disebut bubur gunting?. Jawabannya adalah bubur Gunting ini ditaburi potongan cakwe yang dipotong dengan gunting. Wah unik yaaa? Jangan lupa jika sahabat Duma sedang berkunjung ke Pontiakan, wajib dicoba nih bubur Guntingnya.

Baca lainnya  Perbedaan Sumpit Korea, Jepang dan China, Ternyata Ada Bedanya Lho!

Bubur Pedas

Lagi dan lagi daerah Kalimanta Barat punya bubur yang sangat enak. Bubur Pedas namanya, bubur yang terdiri dari sayuran wortel, kangkung dan kacang panjang ini banyak dijual pedagang kaki lima. Tidak hanya itu, bubur ini juga terbuat dari beras yang disangrai setelah ditumbuk dan memakai daun kesum serta kelapa parut yang disangrai.

Bubur Kampiun

Bubur khas Indonesia yang terakhir adalah bubur Kampiun. Untuk menciptakan bubur kampium diperlukan beberapa bahan diantaranya, bubur sumsum, bubur ketan hitam, bubur kacang hijau, kolak pisang, srikaya dan candil. Walaupun bubur ini perpaduan macam-macam bubur, rasa yang dihasilnya sungguhlah enak. Bubur ini sangat terkenal di daerah Sumatera Barat. Sahabat Duma dapat membelinya di kedai atau tempat makan khas Sumatera Barat.

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!