7 Makanan 17 Agustus Khas Indonesia

Makanan 17 Agustus nasi tutug oncom via wikipedia.org ala tim duniamasak.com

Tanggal 17 Agustus adalah hari yang dinanti-nanti oleh masyarakat Indonesia. Pasalnya, tanggal 17 Agustus adalah Hari Kemerdekaan Republik Indonesia. Umumnya, berbagai perlombaan dihadirkan untuk memeriahkan HUT RI. Namun ternyata, tidak hanya perlombaan, namun juga aneka makanan 17 Agustus khas Indonesia pun turut meramakan Hari Kemerdekaan.

Makanan 17 Agustus

Makanan 17 Agustus ayam tuturaga via masrana.com ala tim duniamasak.com
Ayam tuturaga via masrana.com

Beragam makanan 17 Agustus memang sangat pas bila dinikmati untuk menyambut Hari Kemerdekaan RI. Untuk itu Duma merekomendasikan makanan-makanan 17 Agustus khas Indonesia.

Bandros

Kue bandros adalah kue yang sudah tidak asing lagi di Jawa Barat. Kue ini banyak dijual didaerah Bogor dan Bandung. Rasanya manis dan gurih membuat kue bandros sangatlah istimewa bila disantap pada hari Kemerdekaan Indonesia.

Nasi jagung

Makanan khas Jawa ini berbahan dasar jagung yang memiliki banyak penggemar. Nasi jagung atau nasi ampok menjadi pilihan yang tepat untuk menggantikan beras. Tidak ada salahnya mencoba nasi jagung ini di Hari Kemerdekaan.

Klepon merah putih

Hari Kemerdekaan Indonesia memang segera tiba. Makanan pun dihias sesuai dengan warna yang identik dengan negara Indonesia, yaitu warna merah dan putih. Klepon merah putih adalah salah satu makanan yang disulap warnanya menjadi merah dan putih untuk memeriahkan HUT RI. Bentuknya yang bulat dengan tekstur yang kenyal ditambah isian gula merah yang lumer sangatlah cocok dinikmati bersama-sama.

Baca lainnya  Khasiat Buah Durian Yang Jarang Diketahui

Rujak natsepa

Rujak natsepa ini asalnya dari kota Ambon. Rujak ini sebetulnya tidak jauh berbeda dengan rujak pada umumnya. Karena isiannya irisan buah seperti pepaya, belimbing, mangga dan sebagainya. Yang membedakannya adalah cara penyajiannya. Sebelumnya bumbu rujak natsepa ini di haluskan dalam cobek yang besar, setelah bumbunya jadi, barulah irisan buah-buahan tadi dimasukkan kedalam cobek hingga bumbu tercampur merata. Selanjutnya rujak dipindahkan ke piring dan siap disantap.

Nasi tutug oncom

Kuliner nusantara khas 17 Agustus yang wajib sahabat Duma ketahui adalah nasi tutug oncom. Kuliner ini berasal dari Jawa Barat. Dari namanya saja kita sudah tahu bahwa kuliner ini mengnadung oncom didalamnya. Ya, nasi tutug oncom adalah campuran nansi hangat dengan oncom bakar dengan tambahan bawang goreng serta telur dadar, ikan asin goreng, sambal terasi juga lalapan sebagai pelengkap.

Baca lainnya  Tubuh Tetap Sehat Saat Bulan Ramadhan dengan 7 Tips Ini!

Telok pindang

Telok pindang adalah makanan khas yang ramai dibuat pada bulan Agustus dalam rangka memeriahkan HUT RI di Palembang. Pedagang telok pindang akan ramai memadati trotoar untuk menjajakan makanan ini. Harganya mulai dari Rp. 5.000 untuk satu butir telok pindang. Telok pindang sendiri adalah telur rebus yang diolah dengan cara dipindang. Bumbunya pun daun jambu biji, daun salam, garam, dan kulit bawang.

Ayam tuturaga

Makanan ini asalnya dari Manado, yaitu ayam tuturaga. Terlintas mirip opor ayam, namun ayam tuturaga memilki rasa yang berbeda. Kuah dari ayam tuturaga lebih kental dan rasanya yang enak membuat sahabat Duma merasa ketagihan.

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!