7 Makanan Ringan yang Harus Dibawa Ketika Kamu Mendaki Gunung

Share artikel ini:

Hallo Sobat DuniaMasak.com tahu gak sih kalau Indonesia terdiri dari 70% daratan dan 30% lautan? Jadi gak usah bingung-bingung lagi ketika kamu mau merencanakan berwisata bersama keluarga, teman, atau seseorang yang spesial buat kamu. Ada banyak destinasi wisata yang menunggu untuk dijelajahi diluar sana, seperti berwisata untuk sekedar memanjakan tubuh sekaligus mata dengan bersantai di pantai, atau menjelajahi hutan untuk melihat hewan-hewan yang unik dan eksotis, atau kamu lebih suka berwisata kuliner di Indonesia? Apapun alasannya Indonesia memang Negara yang kaya akan kekayaan alamnya yang luar biasa.

Sumber Foto : https://i.ytimg.com/vi/wtUp2WDiiOA/maxresdefault.jpg

Selain pantai, mendaki gunung ketika musim liburan tiba merupakan hal yang seru untuk dilakukan, pasalnya saat mendaki gunung ada banyak pelajaran hidup yang dapat kita ambil untuk menambah rasa syukur kita kepada Tuhan Yang Maha Esa. Tapi melakukan kegiatan Hiking tidak bisa kamu lakukan tanpa adanya persiapan yang matang. Kamu gak mau dong harus kehabisan persediaan makanan/minuman ketika sudah berada di atas gunung? Kalau hal ini sampai terjadi, jelas akan sulit untuk melanjutkan perjalanan hingga sampai ke puncak gunung (summit) karena kamu tidak dapat membeli makanan ataupun minuman ketika sudah berasa di dalam hutan (yaiyalah secara gak ada minimarket ataupun pasar kan di dalam hutan). Untuk itu sangat penting adanya persiapan Logistik yang matang untuk sampai ke puncak gunung dan kembali lagi ke bawah dengan selamat.

Selain persiapan logistik yang matang, ada juga hal lain yang harus dipersiapkan, yaitu kondisi tubuh sekaligus mental yang prima! Selama perjalanan dari kaki hingga puncak gunung tentu bukan lah hal yang mudah untuk dilakukan, kamu pasti akan menemui berbagai halangan seperti rasa lelah pada badan serta rasa malas untuk melanjutkan perjalanan hingga sampai ke pucak gunung.

Baca lainnya  Tips Mengocok Telur Agar Mengembang Sempurna!

Nah untuk mensiasatinya, sebaiknya kamu persiapkan 7 Makanan ini agar semangat kamu bisa tetap terjaga hingga kamu menyentuh puncak gunung yang kamu daki.

  1. Cokelat

    Sumber Foto : https://media.mnn.com/assets/images/2015/10/bite%20into%20chocolate.jpg.653x0_q80_crop-smart.jpg

    Hal penting yang harus dibawa untuk sampai ke puncak gunung adalah semangat yang harus terus dipacu! Rasa manis pada Cokelat dapat mengalahkan lelah dengan cepat sekaligus memulihkan energi kita kembali seperti semula, kafein pada kakao dapat membuat kamu semangat kembali, dan lemak pada kakao adalah bahan bakar untuk mereka yang aktif naik gunung. Itulah alasan mengapa Cokelat ini akan menjadi “sahabat” yang sangat berharga untuk menjaga semangat kamu selama perjalanan.

  2. Buah

    Sumber Foto : https://images.joglosemar.co/2015/06/buah.jpg?w=640

    Sudah bukan hal yang aneh kalau buah-buahan menjadi makanan yang penting dibawa ketika melakukan pendakian, bawalah buah-buahan yang praktis dimasukkan kedalam ransel seperti apel atau pir, hindari membawa buah yang harus melepas kulitnya dahulu sebelum dimakan, karena dapat menambah beban kamu saat mendaki (kecuali kalau kamu benar-benar niat lho ya). Jangan sampai sampah yang dibawa kamu buang sembarangan di dalam hutan, kamu tidak mau dong merusak keindahan alam Indonesia yang sudah cantik ini?

  3. Permen

    Sumber Foto : http://img.phone.baidu.com/public/uploads/store_9/3/d/5/3d5b1b8ad5423cb91108e6e809e02849.jpeg

    Jangan meremehkan makanan kecil yang satu ini! Walaupun kecil permen dapat menambah energi serta semangat kamu selama pendakian

  4. Keju

    Sumber Foto : http://www.necturajuice.com/wp-content/uploads/2013/05/macam-macam-keju.jpg

    Keju mengandung banyak gizi yang dibutuhkan dalam tubuh, selain itu keju juga lezat dan serbaguna. Namun kamu juga perlu mencari informasi jenis keju apa yang akan tahan pada cuaca yang akan anda hadapi. Keju juga sangat praktis untuk dibawa kemana-mana. Sehingga anda dapat menyimpan banyak cadangan keju untuk kamu konsumsi beberapa hari kedepan.

  5. Roti Selai Kacang

    Sumber Foto : https://cdns.klimg.com/newshub.id/news/2015/12/21/33130/ini-manfaat-dibalik-selai-kacang-1512217.jpg

    Selain ringan dan simpel, selai kacang yang dilumuri di atas roti tawar juga mengandung banyak protein, yang dapat menjaga otot kamu agar tetap kuat dan bekerja dengan baik, sehingga pendaki tetap kuat untuk mencapai puncak gunung

  6. Nasi

    Sumber Foto : http://sehatdanfit.com/wp-content/uploads/2014/10/nasi-putih.jpg

    “Namanya orang Indonesia, belum makan rasanya kalau belum menyantap nasi” begitulah yang orang Indonesia katakan hehe…. campurkan nasi dengan berbagai macam kombinasi lauk yang kamu bawa seperti sosis, nugget, kentang, atau berbagai macam olahan daging lainnya, tentu akan sangat nikmat sekali menyantap makanan itu di atas gunung

  7. Mie Instant

    Sumber Foto : http://1.bp.blogspot.com/-oByDwoGUDpI/UE4k3GsAZzI/AAAAAAAAA0I/ek27Nrp_rqg/s1600/mie-instan2.jpg

    Gak di kota, gak di hutan Mie Instant memang makanan favorite semua orang! Kemanapun dan dimanapun, Mie Instant sangat praktis untuk dibawa ataupun disajikan. Selain itu hangatnya Mie Instant dapat mengurangi hawa dingin gunung yang menusuk kulit anda.

Nah itu dia tadi 7 Makanan ringan yang harus kamu bawa ketika naik gunung, jangan lupa juga untuk menyimpan makanan/minuman yang kamu bawa ke dalam peralatan makan atau minum yang berkualitas untuk menjaga makanan dan minuman yang kamu bawa tetap segar selama beberapa hari kedepan.

Gimana sobat DuniaMasak.com ? Menarik sekali bukan informasinya? Kalau kamu ingin tahu berbagai macam Informasi unik lainnya seputar Makanan, tempat Hangout yang seru, atau tips dan trik bagaimana cara mengolah makanan kamu bisa kok Follow kita di Instagram @duniamasakid sampai bertemu di artikel berikutnya ya! 😀

Share artikel ini:

Yuk bahas artikel ini!