7 Sajian Khas Imlek, Mana Favoritmu?

Imlek ialah salah satu tradisi yang disambut penuh rasa syukur dan juga harapan oleh masyarakat Tionghoa di seluruh dunia. Perayaan Imlek pun selalu dihabiskan bersama keluarga. Biasanya menyantap sajian berbagai makanan bersama keluarga besar dan juga kerabat. Nah kira-kira sajian khas Imlek apa yang menjadi favorit sahabat Duma?

Selain Siu Mie Ada Sajian Khas Imlek Lainnya

Perayaan imlek dengan sajian khas imlek ala duniamasak via gaya.tempo.co
Perayaan imlek dengan makanan khas imlek via gaya.tempo.co

Kita pernah mendengar bukan bahwa siu mie merupakan salah satu sajian khas Imlek. Namun, ternyata selain siu mie ada juga makanan yang menjadi ciri khas ketika Imlek. Apa saja itu? Ayo kita cari tahu sajian khas Imlek bersama!

Bebek atau Ayam

Ketika merayakan Imlek, kita akan menemukan hidangan bebek atau pun ayam yang disajikan di potong-potong maupun utuh. Makna dari hidangan tersebut adalah ketaatan dan juga kesetiaan. Hal itu dikarenakan tradisi Tiongkok sendiri, ayam dan bebek diibaratkan sebagai hewan yang memiliki sifat serakah sehingga dengan menyantapnya kita akan menghindari sifat tersebut.

Sup dengan delapan bentuk

Mengapa disebut demikian? Dikarenakan memang sajian ini memakai delapan bahan dasar. Diantaranya adalah jamur tungku, teripang, udang, ikan, kerang kering, perut ikan, jamur hitam, abalone, biji lotus dan kacang ginko. Sup ini melambangkan harapan dari bisnis atau usaha yang berkembang pesat pada tahun yang baru.

Baca lainnya  Bagaimana sih Asal Muasal Kopi Luwak? Simak Informasinya yuk!

Ikan

Seperti halnya bebek, sajian ikan pun dihidangkan dengan cara utuh tanpa dipotong. Sajian ikan ini menyiratkan kesatuan dan kelimpahan keluarga. Umumnya jika di Indonesia ikan yang disajikan adalah ikan bandeng. Namun kita bisa memilih ikan apa saja ya sahabat Duma!

Jiaozi

Kehadiran jiaozi melambangkan reuni keluarga yang berarti kemakmuran. Isian jiaozi adalah daging giling babi atau sapi dan dicampur oleh sayuran seperti kubis, daun bawang. Kita menyelupkan jiaozi pada kecap asin untuk menikmatinya.

Jeruk Mandarin

Kalau yang satu ini sahabat Duma tidak akan heran dengan kelezatannya bukan? Bahkan beberapa orang pun merindukan akan segeran buah ini. Jeruk mandari menyimbolkan kemakmuran rejeki yang selalu bertambah, sebagian orang pun mengartikannya sebagai kehidupan dan kesejahteraan.

Lumpia

Spring roll ini menyimbolkan kekayaan dikarenakan bentuknya yang mirip dengan emas batangan. Isiannya pun bisa udang, tauge, daging, jamur hitam. Kita dapat menikmati lumpia ini dengan tambahan saus tiram, kecap asin, arak beras dan juga minyak wijen.

Baca lainnya  4 Cara Seru Rayakan Valentine di Rumah!

Lapis legit

Kue lapis legit tidak pernah absen dalam perayaan Imlek. Kue ini melambangkan rejeki yang berlimpah. Rasanya yang enak dan juga mengenyangkan memang sangat tepat disajikan ketika Imlek.

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Tinggalkan Balasan