7 Tips Jitu Bisnis Cake dan Bakery ala Dunia Masak

Cara Mengelola Bisnis Cake dan Bakery via Sipolos.com
Share artikel ini:
Cara Mengelola Bisnis Cake dan Bakery via Sipolos.com

Tips Jitu Bisnis Cake dan Bakery via Sipolos.com

Bisnis cake dan bakery kini kian menjamur. Baik pemain lokal maupun mancanegara banyak yang meramaikan bisnis cake dan bakery di tanah air. Hal ini tak luput dari kegemaran masyarakat Indonesia untuk menikmati kue dan roti di saat senggang. Bahkan, ini menjadi salah satu penganan yang tak pernah luput hadir di tengah-tengah keluarga Indonesia.

Pada kesempatan kali ini, Dunia Masak akan memberikan tips cerdas dalam mengelola bisnis cake dan bakery. So, bagi Sahabat Duma yang saat ini sedang menjajal bisnis cake dan bakery, tidak ada salahnya untuk menyimak 7 tips jitu berikut ini.

  1. Gunakan Dapur Sendiri

Menyewa tempat tentu menguras banyak biaya. Alih-alih menyewa tempat, ada baiknya Anda memanfaatkan dapur rumah Anda sendiri. Atur dengan baik tata letak dapur sehingga lebih efisien. Mengelola bisnis di rumah sendiri pun dapat memangkas biaya transportasi dan waktu Anda.

  1. Catat Bahan dan Alat yang Dibutuhkan
Baca lainnya  DuniaMasak Hadir di Event Lotte Grosir Pasar Rebo

Catat secara mendetail apa saja bahan yang diperlukan untuk membuat produk dalam usaha Anda. Selain itu, tentukan berapa jumlah yang Anda perlukan. Jangan membeli sesuatu dengan boros bila akhirnya jarang/sedikit Anda gunakan.

  1. Tentukan Konsep dan Produk Utama

Konsep utama merupakan ‘roh’ dalam bisnis Anda. Jadi, pikirkan secara matang. Apakah toko Anda hanya menerima pesanan atau menyediakan produk yang dipajang di etalase. Jika Anda berniat membuka toko, pikirkan pula tema toko yang akan diusung. Ingat, semakin unik tema toko Anda, semakin menarik pula di mata konsumen.

  1. Berikan Taster

Melihat tampilan saja belum tentu membuat orang ‘ngiler’. Namun, siapa yang bisa nolak kalau sudah mencicipi cita rasa cake yang menggugah selera? Jangan pelit untuk melakukan promosi, taster adalah salah satunya. Anda bisa memberikan secara gratis pada kenalan yang ‘masuk’ dengan target pasar Anda.

  1. Catat Semua Pengeluaran & Pemasukan

Pengeluaran dan pemasukan harus tercatat dengan rapi. Dengan begitu, Anda lebih mudah mengontrol keuangan perusahaan Anda. 

  1. Jangan Terburu Mengejar Untung
Baca lainnya  Fakta Unik Kimchi

Untuk memikat pelanggan, tidak ada salahnya Anda mengambil margin yang tipis di awal-awal. Setelah bisnis Anda mulai stabil, dikenal, dan diminati pelanggan, saat itulah Anda bisa mengoreksi margin dengan meluncurkan varian yang baru. Perlahan tapi pasti margin dan penjualan pun sama-sama akan terdongkrak naik.

  1. Inovasi adalah Keharusan

Inovasi dapat membuat pelanggan Anda tidak jenuh terhadap produk yang Anda jual. Inovasi pun bisa menjadi salah satu strategi diferensiasi yang membuat bisnis Anda berbeda dan unik. Tentu ini bisa menjadi salah satu ‘senjata’ andalan untuk melawan kompetitor. So, jangan malas berinovasi, ya! Inovasi paling sederhana yang dapat Anda lakukan ialah melakukan perubahan kemasan produk.

Demikian 7 tips jitu menjalan bisnis cake dan bakery ala Dunia Masak. Semoga bermanfaat bagi Sahabat Duma yang saat ini sedang merintis berwirausaha. Jangan pantang menyerah, ya, karena kegagalan adalah sukses yang tertunda 😊

 

Share artikel ini:

Yuk bahas artikel ini!