8 Varian Bakso Nusantara yang Enak dan Lezat

varian bakso via freepik ala tim duniamasak.com

Bakso merupakan salah satu makanan favorit orang Indonesia. Tidak dapat dipungkiri kepopuleran bakso membuatnya sangat mudah ditemui diberbagai daerah. Apalagi setiap daerah biasanya memiliki bakso andalannya masing-masing. Dari sekian banyak bakso yang ada di Indonesia, berikut ini adalah 8 varian bakso nusantara yang enak dan lezat:

Varian Bakso Nusantara

varian bakso via freepik ala tim duniamasak.com
Bakso via freepik

Indonesia memiliki banyak varian bakso yang enak dan lezat. Disamping rasanya yang memang pas dengan lidah orang Indonesia, varian bakso yang beragam ini membuat orang Indonesia tidak pernah bosan untuk menyantapnya. Apalagi bakso-bakso ini memiliki tampilan dan rasa yang unik. Kali ini Duma akan menginformasikan varian bakso nusantara yang terkenal karena rasanya yang enak.

Bakso ikan ekor kuning

Bakso ikan ekor kuning adalah satu bakso nusantara yang asalnya dari Karimunjawa. Dari namanya saja kita tahu bahwa bakso ini berbahan dasar ikan ekor kuning. Bakso ini memiliki tekstur yang kenyal dan berwarna putih dengan rasa daging ikan yang terasa dalam setiap gigitannya. Penyajian bakso ini pun sangatlah mudah, karena disajikan dengan taburan daun bawang, seledri dan juga bawang goreng.

Bakso aci

Varian bakso nusantara yang enak kedua adalah bakso aci. Bakso aci ini berasal dari kota Garut. Bakso aci ini juga sangat terkenal di kota Bandung. Saking terkenalnya, banyak orang yang mencari bakso aci ketika sedang melipir ke daerah Bandung, sekedar untuk mencicipi rasa bakso aci yang khas ini. Bakso ini berisi bakso aci, tahu, sukro cikur, siomay kering serta tambahan perasan air jeruk nipis yang menambah rasa nikmat pada bakso.

Baca lainnya  Ide Kreatif: 8 Buah-buahan yang Cocok Disandingkan dengan Kopi

Bakso kerikil

Bakso kerikil ini asalnya dari kota Magelang. Bakso ini memiliki umur yang cukup lama karena muncul pada tahun 1995. Bentuknya yang kecil-kecil membuat bakso ini dinamakan bakso kerikil. Bakso kerikil ini sama seperti bakso daging pada umumnya dari rasa hingga cara penyajiannya.

Bakso malang

Seperti namanya, bakso malang berasal dari kota Malang. Bakso malang atau dengan nama lain bakwan malang sudah tidak asing lagi ditelinga kita. Jika bakso umumnya berisi bakso dan mie sebagai pelengkap, lain halnya dengan bakso malang yang memiliki beragam isian. Bakson malang memiliki isian mulai dari bakso goreng, bakso urat, bakso halus, tahu isi, tahu kulit, pangsit goreng dan juga siomay. Kuah dari bakso malang pun sangatlah enak karena diolah dengan kaldu yang lezat.

Bakso balungan

Kuliner nikmat yang satu ini sangat populer di Demak. Dinamakan bakso balungan karena bakso ini disajikan dengan balungan atau tulang sebagai pelengkap. Tidak heran cita rasa yang dihasilkan bakso balungan ini lebih nikmat dan gurih. Sajian bakso ini pun sama seperti bakso pada umumnya.

Baca lainnya  Tradisi Perayaan Hari Waisak Di Berbagai Negara

Bakso gepeng

Bentuknya yang berbeda dari bakso kebanyakan membuat bakso ini menarik perhatian. Ya, bakso gepeng namanya, sesuai dengan nama yang menjadikannya bakso dengan bentuk yang unik. Asal bakso ini ada dari kota Pontianak. Berbentuk pipih, bakso ini disajikan dengan kuah kaldu yang nikmat serta tambahan bawang goreng sebagai pelengkap yang menambah cita rasa pada bakso.

Bakso cuanki

Bakso cuanki adalah bakso yang merupakan kuliner khas Bandung. Kata cuanki rupanya singkatan dari “cari uang jalan kaki”. Tidak heran bila bakso ini sering kita jumpai di jalan, karena memang bakso ini umumnya dijual oleh pedagang bakso cuanki keliling. Bakso cuanki ini berisi bakso yang dilengkapi tahu dan juga mi sesuai dengan selera.

Bakso solo

Varian bakso nusantara yang terakhir adalah bakso solo. Bakso yang asalnya dari kota Solo ini sangat terkenal pada olahan kuah kaldunya yang nikmat. Apalagi irisan tetelan yang digunakan sebagai penambah cita rasa bakso ini.

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!