Acara TEI-VE 2020 Berhasil Melampaui Target

Banner Trade expo indonesia 2020 virtual exhibitions penutupan dok. Biro Humas Kemendag ala duniamasak

Pameran dagang Trade Expo Indonesia 2020 yang berlangsung selama 1 minggu di tanggal 10-16 November 2020 secara virtual, berhasil melampaui target dengan jumlah transaksi USD 1,2 Miliar. “Pantauan kami, TEI-VE 2020 ini telah berjalan dengan lancar hingga berakhir virtual showcasenya kemarin. Selama berjalannya TEI kali ini, memang ada beberapa tantangan yang dihadapi, baik dari sisi exhibitor/eksportir maupun buyers, termasuk penyelenggara TEI. Namun, hal itu tidak mematahkan semangat kita untuk terus meningkatkan ekspor di masa pandemi saat ini,” ujar Mendag Agus dalam konferensi pers virtual Hasil Final TEI-VE 2020 pada tanggal 11 Desember 2020.

Kesuksesan TEI-VE 2020 merupakan Kabar Gembira bagi Indonesia

Mendag Agus menjelaskan lebih lanjut bahwa selama penyelenggaraan acara TEI ke-35 sangat sukses menghadirkan 690 exhibitors serta 7.459 buyers secara virtual. Para buyers tersebut meliputi 3.352 buyers dari 127 negara mitra dagang dan 4.107 buyers lokal. Mendag Agus juga melanjutkan dengan menjelaskan total transaksi prospektif USD 1,2 miliar tersebut terdiri atas transaksi barang dan jasa, serta investasi. Transaksi barang dan jasa tercatat senilai USD 1,1 miliar, meliputi nilai MoU barang dan jasa USD 967,13 juta yang terdiri dari perdagangan barang sebesar USD 941,13 juta dan jasa sebesar USD 26,00 juta; transaksi harian USD 124,75 juta; dan business matching USD 435,28 ribu. Sedangkan, transaksi investasi mencatatkan nilai USD 110 juta dengan dua negara, yaitu Jepang sebesar USD 100 juta untuk produk palm oil mill effluents-POME; dan Mesir sebesar USD 10 juta untuk pabrik joint venture. “Ke depan, di tahun 2021 kita masih akan menghadapi masa sulit karena pandemi Covid-19 dan resesi ekonomi di hampir seluruh negara dunia, termasuk Indonesia. Untuk itu, diharapkan hasil yang diperoleh TEI kali ini dapat terus berkelanjutan, di samping juga kami terus berupaya meningkatkan terobosan peningkatan ekspor nonmigas,” ujar Mendag Agus.

TEI-VE 2020 konferensi pers  dok. Biro Humas Kemendag ala duniamasak
TEI-VE 2020 konferensi pers dok. Biro Humas Kemendag

Pada konferensi pers ini, Mendag Agus juga memberikan apresiasi untuk segenap jajaran Kemendag dan kepada seluruh pihak, baik pemerintah Indonesia, pemerintah negara sahabat, pelaku bisnis/eksportir, Kadin, buyers, para Duta Besar RI, Konsul Jenderal, Dubes WTO, Atase Perdagangan, Indonesian Trade Promotion Center, Kantor Dagang Ekonomi Indonesia, dan Dinas Perindustrian dan Perdagangan di daerah, termasuk PT Debindo Multi Adhiswasti, PT Bank Rakyat Indonesia, dan Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia; serta rekan media yang telah berupaya dengan keras mempersiapkan dan menyukseskan TEI ke-35 ini. “Trade Expo Indonesia ke-36 mendatang akan difokuskan pada penguatan produk yang berkelanjutan, ramah lingkungan, dan produk yang memiliki nilai tambah. Semoga kerja keras dan kerja tim yang sudah terjalin dengan baik seluruh pihak yang terlibat dapat terus ditingkatkan. Sampai jumpa pada TEI ke-36 tahun 2021 mendatang,” pungkas Mendag Agus.

Baca lainnya  Gerai Minuman Mangga yang Lagi Kekinian di Kawasan Jakarta
{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!