Affogato, Dessert Berbahan Kopi dan Es Krim

Affogato dessert bahan kopi dan eskrim via taste.com.au ala duniamasak

Bagi para pecinta hidangan penutup yang manis, biasanya sehabis makan akan mencari es krim untuk memanjakan lidahnya. Es krim yang ditawarkan pun banyak macamnya dengan berbagai siraman saus yang bisa dipilih. Mulai dari saus cokelat, stroberi, bluberi, dan lainnya. Tapi tahukah kamu tentang dessert es krim yang diberikan siraman kopi? Hidangan penutup ini dinamakan affogato.

Affogato

Affogato es krim kopi via bellodolceicecream.com ala duniamasak
Affogato via bellodolceicecream.com

Pengertian

Affogato merupakan sajian hidangan penutup khas Italia yang terbuat dari es krim atau gelato yang disajikan dalam cangkir lalu disiram dengan espresso. Dalam bahasa Italia, Affogato mempunyai arti ‘tenggelam‘ yang menggambarkan tenggelamnnya satu scoop gelato didalam segelas espresso. Pada mulanya, pembuatan dessert ini adalah dengan menggunakan bahan gelato bukan es krim yang dimana berbeda kandungan lemaknya. Walaupun begitu, tidak ada harus selalu menggunakan gelato dan sekarang bisa disesuaikan dengan bahan yang tersedia. Umumnya, rasa es krim yang digunakan adalah vanilla dan cukup memakai satu scoop saja untuk satu porsi affogato. Namun seiring berjalannya waktu, terdapat modifikasi lainnya dengan menggunakan rasa es krim yang beragam dan takarannya lebih dari satu scoop. Tak hanya itu, espresso juga bisa diganti dengan siraman karamel, moka, green tea, dan lainnya. Toppingnya pun dapat dikreasikan dengan tambahan potongan buah, kacang, permen, dan sebagainya.

Baca lainnya  Tips Membuat 'Healthful Kids Meals' Agar Kebutuhan Gizi Anak Terpenuhi

Cara membuat

  1. Siapkan mesin kopi lalu buat espresso.
  2. Siapkan es krim vanilla dan ambil satu scoop lalu masukkan kedalam cangkir.
  3. Tuangkan espresso dalam cangkir yang berisi es krim.
  4. Tambahkan topping sesuai selera.
  5. Affogato siap disajikan.

Cara menyantap

Sebenarnya, dalam menikmati secangkir Affogato tidak ada ketentuan khusus. Ada yang menyantapnya seperti memakan es krim yaitu dengan sendok kecil. Ada juga yang lebih suka menunggu es krim meleleh hingga tercampur dengan espresso kemudian langsung diminum dalam beberapa tegukan.

Demikian informasi mengenai dessert yang merupakan perpaduan kopi dan es krim khas Italia. Sangat mudah untuk dibuat dan nikmat untuk disantap, bukan? Tetap ikuti update Blog Duniamasak untuk mengetahui informasi lainnya ya 😀

Baca lainnya  Nama Lain Bubur di Setiap Negara
{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!