Agar-agar, Jelly, dan Puding, Apa Bedanya ya?

Agar-agar, Jelly, dan Puding ala DuniaMasak via pexels.com

Agar-agar, jelly, dan puding sekilas memang terlihat mirip sekali bahkan bagi beberapa orang mengira sama saja. Nyatanya, ketiga jenis makanan tersebut memiliki karakteristik yang berbeda. Bila sahabat Duma berencana untuk membuat sebuah hidangan salah satu dari makanan tersebut, ada baiknya melihat perbedaannya disini!

Perbedaan Agar-agar, Jelly, dan Puding

Perbedaan Agar-agar, Jelly, dan Puding via foody.id ala duniamasak.com
Puding via foody.id

Walaupun sama-sama sebagai hidangan penutup yang memiliki tekstur kenyal rupanya ketiganya memiliki beberapa perbedaan. Berikut ini adalah perbedaan agar-agar, jelly, dan puding yang wajib sahabat Duma ketahui:

Agar-agar

Agar-agar memiliki tekstur yang lebih padat, berair, halus dan sedikit lebih garing dibandingkan jelly dan puding. Agar-agar ini berasal ekstrak rumput laut. Tentunya ada beberapa merek agar-agar yang beredar dipasaran. Cara mengolahnya pun mudah cukup larutkan agar-agar dengan air kemudian setelahnya dipanaskan. Jika setelah mendidih maka agar-agar siap untuk dimasukkan kedalam cetakan.

Baca lainnya  Yuk Intip Aneka Hidangan Idul Adha 1439 H: Sediakan di Rumah ya!

Jelly

Jelly memiliki tekstur yang tingkat kekenyalannya lebih tinggi dibandingkan dengan agar-agar. Selain itu jelly juga biasanya sangat cocok ditambah perasa maupun buah-buahan untuk menambah kesegaran pada jelly. Jelly juga berasal dari konnyaku dan keragenan. Seperti yang kita ketahui bahwa konnyaku adalah hasil olahan tanaman umbi yang disebut dengan konjac. Umbi konjac ini juga memiliki nama lain iles-iles atau umbi porang. Jelly ini pun dijual dalam bentuk bubuk. Cara mengolahnya juga sangat mudah, sama seperti halnya agar-agar. Cukup melarutkan jelly dengan air kemudian dipanaskan hingga mendidih. Siapkan cetakan dan tuang jelly kedalam cetakan dan siap untuk disantap ketika dingin.

Puding

Tekstur dari puding ini lebih lembut dibandingkan dengan agar-agar dan jelly. Puding ini berasal dari agar-agar yang ditambahkan dengan telur dan susu. Bahkan ada juga yang menambahkan jelly dalam pembuatan puding. Bila puding menggunakan agar-agar, puding akan terasa lembut. Namun, bila puding menggunakan jelly, puding akan memiliki tekstur kokoh dan kenyal. Beberapa merek puding instant pun mulai banyak dijual dipasaran dan rasanya pun enak dan lezat.

Baca lainnya  Kangen Cita Rasa Kopi Khas Nusantara? Ke Tanamera Coffee Aja!

Nah dari ketiga jenis hidangan tersebut yang manakah favorit sahabat Duma?

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!