Alat Masak Stainless Steel 304, Mengapa Lebih Unggul?

Belanja Alat Masak Stainless via DuniaMasak.com

Alat Masak Stainless steel atau baja tahan karat merupakan bahan terbaik untuk kegiatan memasakmu. Banyak orang yang telah beralih dari plastik, ataupun kaca ke bahan murni stainless steel ini. Mengapa stainless steel tidak berkarat? Disebut sebagai baja tahan karat (stainless steel) karena jenis baja ini tahan terhadap pengaruh oksigen dan memiliki lapisan oksida yang yang stabil pada permukaan baja. Stainless steel bisa bertahan dari pengaruh oksidasi karena mengandung unsur chromium lebih dari 10,5%, unsur chromium ini yang merupakan pelindung utama baja dalam stainless steel sehingga tahan terhadap gejala yang di sebabkan kondisi lingkungan.

Sahabat duma, jenis material stainless steel terdiri dari berbagai macam ragam. Kamu dituntut untuk teliti dengan beberapa kode pada alat masak stainless steel. Ada stainless steel dengan kode 304, 316, 201, 416, dan masih banyak lagi. Kode-kode tersebut akan menunjukkan kualitas dari stainless steel. Artikel kali ini akan membahas tentang spesifikasi alat masak stainless steel tipe 304, kenapa sih bisa lebih unggul?

Baca lainnya  Tips Memilih Produk untuk Bisnis Restoran ala DuniaMasak

Alat Masak Stainless Steel 304

Alat Masak Stainless dari Bima via bimakitchen.id

Alat Masak Stainless dari Bima via bimakitchen.id

Alat Masak Stainless Dengan Bahan Terbaik

SS tipe 304 ini merupakan bentuk baja stainless yang paling umum digunakan di seluruh dunia, terutama karena ketahanan dan nilai korosi yang sangat baik, terutama untuk lingkungan yang lebih banyak bercampur garam atau klorida. SS ini memiliki antara 16 dan 24 persen kromium dan 35 persen nikel, serta sejumlah kecil karbon dan mangan. Oiya, bentuk paling umum dari 304 stainless steel adalah 18-8, atau 18/8, stainless steel, yang mengandung 18 persen kromium dan 8 persen nikel.

Saucepan Stainless via DuniaMasak.com

Saucepan Stainless via DuniaMasak.com

Sementara nikel membuat SS memiliki sifat yang lebih tahan karat lagi. Semakin besar kandungan nikel semakin besar pula kemampuan bahan untuk mencegah korosi. Selain itu, kandungan nikel membuat SS lebih kokoh. Selain nikel, kandungan kromium berfungsi untuk mengikat oksigen di permukaan SS dan melindungi bahan dari proses oksidasi yang dapat menimbulkan karat.

Baca lainnya  Sambut Hari Kemerdekaan dengan Aneka Makanan Ini

Lebih Mudah Dibersihkan

Pada tipe SS 304 ini juga dapat menahan korosi dari asam pengoksidasi. Daya tahan itu membuatnya mudah dibersihkan, dan sangat ideal untuk alat dapur dan makanan. Ketahanan korosi alam stainless steel memberikan finishing yang menarik dan bersih dengan biaya perawatan yang rendah. Perhatikan juga cara membersihkan alat masak stainless ya sahabat Duma.

Nah sekarang kamu lebih paham kan? Namun kalau kamu ingin membandingkan jenis stainlees steel lainnya, bisa cek penjelasan DuniaMasak di sini: Stainless Steel 304, 316, 430, dan 201, Apa Bedanya? 

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

3 thoughts on “Alat Masak Stainless Steel 304, Mengapa Lebih Unggul?”

  1. Pingback: Cara Merawat dan Membersihkan Panci Stainless Steel | Jurnal DuniaMasak
  2. Trackback: Cara Merawat dan Membersihkan Panci Stainless Steel | Jurnal DuniaMasak
  3. Pingback: Bima Origin Series, Panci Stainless 304 Terbaik di Kelasnya
  4. Trackback: Bima Origin Series, Panci Stainless 304 Terbaik di Kelasnya
  5. Pingback: Apasih Kelebihan dan Kekurangan Peralatan Dapur Enamel?
  6. Trackback: Apasih Kelebihan dan Kekurangan Peralatan Dapur Enamel?

Yuk bahas artikel ini!