Aneka Macam Asinan Yang Populer di Indonesia

Asinan indonesia via inews ala duniamasak

Asinan adalah hidangan yang dibuat dengan metode pengacaran (pengasinan dengan garam atau pengasaman dengan cuka). Asinan biasanya berisi berbagai jenis sayuran atau buah-buahan. Tahukah kamu bahwa asinan merupakan makanan khas juga seni kuliner di Indonesia? Ya, sebenarnya asinan ini bisa dibilang mirip dengan rujak, namun perbedaannya sangat terlihat dari bahan yang digunakan. Jika rujak memakai bahan segar, sedangkan asinan memakai bahan yang telah diacar atau diasinkan. Dari saus atau kuah yang digunakan juga berbeda.

Beragam Asinan Indonesia Yang Enak dan Segar

Terdapat beraneka macam jenis asinan yang tersebar di seluruh Indonesia. Beberapa daerah mempunyai ciri khas asinan tersendiri. Di daerah mana sajakah kamu bisa temukan asinan terenak dan segar? Yuk cek rekomendasinya di bawah ini:

Asinan Bogor

Asinan Indonesia Bogor via travelingyuk ala duniamasak
Asinan Bogor via travelingyuk

Tentu saja asinan ini berasal dari kota hujan alias Bogor. Asinan ini mempunyai dua jenis yaitu asinan buah dan sayur. Jenis asinan buah ini berisi kedondong, bengkuang, mangga mengkal, pepaya mengkal, jambu air, serta ditambah dengan kacang tanah goreng. Biasanya jenis buah-buahan yang digunakan, tergantung dengan musim buahnya dan ketersediaan di pasar. Sedangkan jenis asinan sayur berisi kol, tauge, timun, wortel, sawi asin, daun antanan (tek kim), lokio (bawang muda), potongan tahu, kacang tanah goreng serta kerupuk mie yang menjadi primadona. Untuk kuah dari masing-masing asinan, baik buah maupun sayur memakai kuah yang sama yang terdiri dari campuran cuka, cabai, gula dan garam. Rasanya bercampur menjadi asam, manis, dan segar.

Baca lainnya  Tempat Makan Mie Ayam Terenak di Jakarta

Asinan Betawi

Asinan Indonesia Betawi via traveloka ala duniamasak
Asinan Betawi via traveloka

Nah, makanan dari daerah ini yang umumnya sering disalah artikan sebagai rujak. Asinan Betawi adalah asinan sayur yang berisi daun selada, kol, tauge, sawi asin, ketimun, potongan tahu, kacang tanah goreng dan diberi dua macam kerupuk yaitu kerupuk mie dan kerupuk berwarna pink. Kuah yang digunakan pada asinan Betawi yaitu sambal kacang dan diberi kuah manis yang berasal dari gula merah. Rasanya bercampur menjadi asam, manis, dan segar.

Asinan Jagung Bakar

Asinan Jagung Bakar via pesona.travel ala duniamasak
Asinan Jagung Bakar via pesona.travel

Pasti diantara kamu masih ada yang asing dengan asinan ini. Jika umumnya mengonsumsi jagung bakar dengan saus dan keju, sekarang saatnya mencoba hidangan baru yaitu asinan jagung bakar. Jagung bakar yang telah dipipil lalu dituang dengan kuah asinan yang terbuat dari cabai, gula, garam dan cuka serta tak lupa ditambahkan ketimun dan kerupuk mie. Rasanya bercampur menjadi asam, manis, segar, dan cukup unik untuk dicoba.

Baca lainnya  Pecinta Kopi Arabika? Simak 2 Cara Menyeduhnya Disini!

Asinan Rambutan

rambutan via dapurkobe ala duniamasak
Asinan Rambutan via dapurkobe

Seperti buah-buah lainnya, asinan ini juga sifatnya musiman. Sejarah asinan rambutan bermula hanya terkenal di wilayah Pulau Sumatera. Asinan rambutan berisi buah rambutan yang diberi cabai, gula, garam, dan air jeruk. Untuk air jeruk yang digunakan akan tergantung pada daerah yang membuat asinan ini. Contohnya, di wilayah Bangka Belitung menggunakan jeruk kunci yang merupakan jeruk khas daerah tersebut. Namun, dapat juga menggunakan jeruk limau atau lemon. Kini, asinan rambutan bisa dimodifikasi dengan tambahan buah kiamboy ataupun buah rambutannya bisa diganti dengan buah kelengkeng. Rasanya bercampur menjadi pedas, asam, manis, dan segar.

Asinan memang paling cocok dinikmati kala sedang mengantuk atau sekedar ingin ngemil ketika menunggu jam makan siang. Rasanya yang pedas, asam, manis dan segar membuat mata akan melek kembali dan membuat tubuh bersemangat untuk menjalani aktivitas sehari-hari. Duh, Duma jadi pengen beli asinan tetapi di dekat kantor tidak ada yang jual. Jika kamu ada rekomendasi tempat makan asinan yang enak, yuk bagikan di kolom komentar πŸ˜€

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!