Aneka Macam Sate Yang Eksis Di Indonesia

Share artikel ini:

Sate via: http://4.bp.blogspot.com/-aRKuiYrw_0U/UrOf5W0jTWI/AAAAAAAAAZY/f545dLGFnao/s1600/SATE.jpg

Sobat DuMa pasti udah gak asing lagi dengan makanan yang satu ini nih, namanya Sate!

Siapa sih yang tahan dengan godaan asapnya yang ngebul ketika kita lewatin suatu jalan? Hanya perlu waktu beberapa detik saja untuk kita tergiur dengan aroma dan rasa yang ditawarkan oleh si sate ini.

Sate merupakan olahan daging dengan tusukkan di tengahnya sebagai ciri khas. Walaupun ada banyak versi di seluruh dunia tentang makanan dengan tusukkan ini, namun ada yang membuat kalau sate di Indonesia itu ga ada gantinya… ada beragam jenis sate yang tersebar luas di Indonesia nih sobat DuMa!

Mau tahu apa saja sate yang eksis banget di Indonesia? Yuk lihat, ini dia daftar sate yang eksis banget di Indonesia

  • Sate Padang

    Sate Padang via: https://www.pegipegi.com/travel/wp-content/uploads/2015/10/sate-padang.jpg

Sate ini memiliki aroma khas dari kunyit dan biasanya terbuat dari lidah sapi dengan diselimuti kuah kental berwarna kekuningan membuat sate ini ga akan pernah ada bosennya deh untuk kamu santap setiap hari.

Selain itu, sate padang biasanya disajikan bersamaan dengan ketupat atau lontong yang bersembunyi di bawah kuah sate padang yang kental, yang pastinya bisa bikin perut kamu kenyang deh

Sate padang ini cukup merepresentasikan tentang karakteristik umum hidangan tradisional Minangkabau. Meskipun pedas, namun terbukti kalau Sate Padang ini mampu menembus Geografis dan disukai oleh seluruh lapisan masyarakat Indonesia

  • Sate Madura

    Sate Madura via: http://www.maksindo.com/wp-content/uploads/2015/12/sate-madura-maksindo.jpg

Sekarang giliran sate madura nih sobat DuMa, sate madura menggunakan daging ayam atau kambing sebagai bahan utamannya, tidak susah untuk menemukan sate madura di kota-kota besar khususnya Ibukota Jakarta, namun yang unik adalah konon katanya sate ini sudah susah ditemukan di daerah asalnya Madura, kok bisa gitu ya?

  • Sate Lilit

    Sate Lilit via: http://www.maksindo.com/wp-content/uploads/2015/12/sate-madura-maksindo.jpg

Kita menyebrang dikit yuk ke Pulau Dewata Bali, kira-kira pada tau gak nih ada sate apa yang menjadi makanan khas Bali? Yap benar banget, Sate Lilit!

Jika kita biasa melihat tusukan sate yang terbuat dari bambu/kayu maka kamu ga akan melihat hal itu pada sate lilit, karena sate ini memiliki keunikan tusukannya yang terbuat dari batang serai sehingga menambah sedapnya aroma sate lilit ini.

Selain itu sate lilit terbuat dari daging ikan seperti ikan tenggiri, kakap, ikan languan atau udang yang sudah dicincang halus dan dibumbui kemudian dililitkan ke batang serai.

Sate lilit mentah mampu bertahan selama 3 hari jika disimpan di dalam kulkas

  • Sate Maranggi

    Sate Maranggi via: https://31.media.tumblr.com/deebe6018e2c7bbeeb6f4b0d179bbabd/tumblr_inline_nfqwmbWSGW1rcegnz.jpg

Sate khas Purwakarta ini juga eksis banget nih di Indonesia, sate ini berbahan dasar daging kambing dan sapi memiliki prestasi luar biasa loh! Sate ini menjadi salah satu dari delapan jajanan kaki lima favorit dunia versi CNN, tidak hanya itu bahkan saat Presiden Joko Widodo melakukan dinas ke Korea  Selatan, hidangan khas Purwakarta inilah yang menjadi hidangan makan siang bersama para CEO di Negeri Ginseng itu. Well kayaknya udah ga perlu diraguin lagi nih ya soal rasa dari Sate Maranggi ini

 

  • Sate Taichan

    Sate Taichan via: https://static.qraved.co/images/journal/data/2016/09/19/13651993_1759662607632837_403278056_n.jpg

Sate taichan ini memang baru-baru ini terkenal sobat DuMa, Cuma jangan khawatir, kalo soal rasa sate taichan ini ga kalah saing kok sama sodara seper-sate-annya hehe, udah terbukti kok dalam waktu singkat sate ini udah menjamur ke seluruh pelosok daerah Jakarta, sate taichan terkenal karena cita rasanya yang pedas dan tidak menggunakan bumbu kacang seperti sate pada umumnya, tetapi menggunakan sambal, kecap asin dan bumbu unik lainnya yang membuat sate taichan ini memililiki cita rasa yang pedas, asin, sekaligus gurih pada saat kamu menyantapnya.

Itu dia semua sate yang eksis banget di Indonesia nih sobat DuniaMasak.com gimana? unik-unik sekali bukan? Kalau kamu mau tau info unik lainnya seputar makanan, tips dan trik ataupun tempat hangout yang seru banget, kalian bisa langsung Follow kita di Instagram @duniamasakid

Share artikel ini:
Baca lainnya  Makanan Ringan Khas Indonesia Yang Hampir Terlupakan

Yuk bahas artikel ini!