Bagaimana Memanggang Hot Dog Agar Matang Secara Sempurna

Memanggang Hot Dog via freepik ala tim duniamasak

Hot dog merupakan makanan yang berasal dari Amerika yang bisa digoreng, dikukus, atau juga dipanggang. Kebanyakan penikmat hot dog lebih suka dipanggang karena cita rasa yang tidak berubah membuat hot dog lebih terasa lezat. Hot dog terdiri dari bahan seperti sosis yang memiliki tekstur lebih lembut dan basah dibanding sosis pada umumnya. Hot dog ini biasanya dimakan bersama roti berbentuk lonjong, terkadang juga ditambah topping atau isian seperti selada, tomat, atau keju agar lebih nikmat. Untuk mendapatkan rasa yang enak, hot dog harus dipanggang dengan baik agar matang dengan sempurna. Berikut ini adalah cara memanggang hot dog agar matang secara sempurna.

Cara yang benar dalam memanggang hot dog agar matang secara sempurna

Memanggang Hot Dog via freepik ala tim duniamasak
Hot Dog via freepik

Terkadang karena teknik memanggang yang tidak benar menyebabkan hot dog menjadi tidak matang sempurna sehingga rasanya kurang lezat. Anda harus tau cara memanggang hot dog yang benar agar menghasilkan hot dog yang lezat. Berikut cara memanggang hot dog yang benar sehingga matang dengan sempurna:

Menyiapkan alat pemanggang dengan benar

Alat pemanggang merupakan bagian penting dalam proses pemanggangan, anda harus memilih alat pemanggang yang masih baik sehingga dapat menghantarkan panas dengan sempurna. Selain alat pemanggang api juga harus diperhatikan, ada dua cara yang biasanya digunakan untuk memanggang yaitu dengan arang dan gas. Jika anda menggunakan arang, anda harus memilih arang yang baik agar api tidak mudah padam sehingga membuat hot dog tidak matang. Arang yang baik digunakan adalah arang keras selain dapat bertahan lama arang ini juga dapat memberikan aroma khas yang akan menambah cita rasa nikmat pada hot dog. Jangan lupa tunggu arang terbakar sempurna sebelum mulai memanggang, arang yang sudah siap digunakan untuk memanggang adalah yang mengkilap dan sudah ada abunya. Cara yang kedua adalah dengan menggunakan gas, jika dibanding menggunakan arang, memanggang menggunakan gas lebih mudah dilakukan. Sebelum memanggang anda harus pastikan panas sudah cukup baik, setelah proses pemanggangan anda cukup memasang mode standar saja agar hot dog tidak cepat gosong.

Baca lainnya  Yuk Buat Donut Enak dengan Cetakan Donut Wilton!

Letakkan hot dog pada pemanggang secara tegak lurus sesuai garis pemanggang

Meletakkan hot dog secara tegak lurus sesuai garis pemanggang akan memberikan garis garis yang dapat meningkatkan cita rasa hot dog. Jangan terlalu banyak memasang hot dog pada pemanggang, beri beberapa jarak agar hot dog mudah dibolak balik. Selain menambah cita rasa, garis yang tercipta pada hot dog ketika dipanggang juga berfungsi untuk melihat tingkat kematangan hot dog, jika garis tersebut sudah berwarna hitam atau cokelat gelap itu tandanya hot dog tersebut sudah matang.

Menggulingkan hot dog secara berkala

Menggulingkan hot dog secara berkala sekitar satu atau dua menit sekali untuk menghindari hot dog gosong pada satu sisi saja. Semakin sering hot dog dibalik maka akan semakin rata kematangan hot dog di setiap sisi. Hot dog yang besar harus lebih lama dipanggang agar kematangan sempurna.

Baca lainnya  7 Makanan & Minuman Wajib Saat Buka Puasa, Sediakan ini ya!

Jangan terlalu cepat mengangkat hot dog

Terkadang karena terlalu bersemangat ingin segera menikmati hot dog, anda terlalu cepat mengangkat hot dog. Untuk mendapatkan kematangan yang sempurna anda jangan terlalu cepat mengangkat hot dog, tunggu hot dog berwarna merah kecokelatan terlebih dahulu.

Selain dengan alat pemanggang biasa, hot dog yang matang sempurna juga bisa didapatkan dengan alat khusus pemanggang hot dog yang bekerja secara otomatis yang bisa kalian dapatkan di website duniamasak.com. Itulah cara yang bisa anda terapkan jika sedang memanggang hot dog agar hot dog buatan anda matang dengan sempurna. Jangan lupa menambahkan sayur seperti tomat, keju, saus, dan sebagainya agar hot dog anda bertambah lezat lagi.

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!