Berbagai Macam Pilihan Pisau Sesuai Kegunaannya

Pilihan pisau sesuai kegunaannya via freepik ala tim duniamasak

Di dapur, pisau merupakan benda yang sangat penting dalam proses memasak apapun karena berkat benda inilah setiap bahan masakan dapat diolah menjadi hidangan yang lezat. Bagi seorang chef profesional, setiap bahan memiliki perlakuan yang berbeda dalam pengolahannya, maka dari itu dibuatlah berbagai macam pisau untuk memenuhi kebutuhan memasak di dapur. Berikut ini tim duniamasak akan berikan informasi mengenai berbagai macam pilihan pisau sesuai kegunaannya.

Jenis-jenis Pisau Dapur dan Kegunaannya

Pilihan pisau sesuai kegunaannya via freepik ala tim duniamasak
Pisau roti via freepik

Pisau Pemotong Daging

Pilihan Pisau Sesuai Kegunaannya Pisau Pemotong Daging merk Zebra via Duniamasak.com
Pisau pemotong daging via duniamasak.com

Sesuai dengan namanya pisau ini memang digunakan untuk memotong daging. Dengan menggunakan pisau ini seorang koki dapat memotong daging berukuran besar dengan mudah bahkan dengan tulangnya sekalipun. Hal ini dikarenakan pisau ini memiliki material baja yang kuat dan tebal sehingga bobot dari pisau ini juga lumayan berat bagi yang belum terbiasa memakainya.

Mezzaluna

Mezzaluna Knife via amazon.com ala tim duniamasak
Mezzaluna knife via amazon.com

Di negara asalnya Italia mezzaluna berarti setengah bulan, sesuai dengan bentuk pisau ini yang lonjong dan melengkung. Dengan bentuknya yang unik cara penggunaannya pun berbeda dengan pisau pada umumnya. Untuk dapat menggunakannya dengan benar Kamu perlu memegang kedua gagang pisaunya pada masing-masing sisi. Pisau dengan nama lain mincing knife ini biasa digunakan untuk memotong sayuran secara cepat dengan cara menggerakannya dari kanan ke kiri.

Baca lainnya  Beberapa Hal yang Harus Dipelajari Saat Meminum Kopi untuk Pemula

Slicing Knife

Pisau slicing via duniamasak.com
Pisau slicing via duniamasak.com

Pisau dengan bentuk panjang dan ramping ini adalah jenis yang paling efektif untuk memotong bahan makanan. Desainnya memang dibuat khusus agar mendapatkan irisan serapi mungkin, jika Kamu ingin memotong daging atau ikan untuk dijadikan sashimi maka memilih pisau ini sangatlah tepat. Dengan bentuk yang ramping tentu saja kekuatannya tidak sebanding dengan pisau daging. Kamu akan kesusahan jika menggunakannya untuk mengiris daging berukuran besar ataupun yang masih menempel dengan tulangnya. Idealnya pisau ini digunakan untuk mengiris daging yang sudah terpotong menjadi ukuran siap masak.

Chef Knife

Pisau chef zebra via duniamasak
Pisau chef via duniamasak.com

Chef knife merupakan jenis pisau yang multifungsi dan biasa menjadi andalan para ibu dan koki di dapur, pisau ini dapat digunakan untuk memotong sayur-sayuran, daging, ataupun mengupas buah. Pisau ini memiliki ukuran sedang yang menjadikannya cocok untuk memotong apapun, bahkan pisau ini dapat digunakan untuk memotong daging bila ketajamannya masih sempurna.

Bread Knife

Pisau pemotong roti opinel via duniamasak.com
Pisau pemotong roti opinel via duniamasak.com

Dari namanya sudah bisa ditebak kalau pisau yang satu ini digunakan untuk mengiris roti, pisau ini memiliki bentuk yang unik dimana menggunakan gerigi pada sisi tajamnya. Kegunaan gerigi-gerigi ini untuk memudahkan kamu memotong roti tanpa merusak bagian yang lain.

Baca lainnya  Tips Membeli Kue Kering Natal

Boning Knife

Pisau fillet opinel via duniamasak.com
Boning knife opinel via duniamasak.com

Pisau ini memiliki berbentuk sedikit melengkung, hal ini bertujuan untuk memudahkan koki dalam memisahkan duri ikan ataupun tulang dari daging. Umumnya pisau jenis ini hanya digunakan oleh koki yang sudah profesional, karena memang dibutuhkan ketelitian untuk dapat menggunakannya tanpa merusak daging.

Paring Knife

Pisau opinel paring via duniamasak.com
Pisau opinel paring via duniamasak.com

Pisau ini memiliki ukuran yang lebih kecil dari jenis lainnya, karena kegunaannya secara umum adalah untuk mengupas buah. Kegunaan lainnya dari pisau ini yaitu dapat memudahkan kamu membersihkan sisik pada ikan ataupun untuk memisahkan kulit udang. Tidak berhenti disitu saja, di tangan koki yang handal pisau ini dapat digunakan untuk membuat hiasan cantik yang dapat menambah kesan estetis pada makanan.

Vegetable Knife

Pisau sayuran opinel via duniamasak.com
Pisau sayuran opinel via duniamasak.com

Sekilas pisau ini memang memiliki bentuk yang sama dengan pisau daging, namun pada vegetable knife memiliki mata pisau yang lebih tajam. Tetapi untuk urusan kekuatannya pisau ini memiliki bentuk yang lebih tipis dibandingkan pisau daging. Sesuai sebutannya, pisau jenis ini dibuat untuk memudahkan kamu dalam memotong sayuran dengan batang yang tebal ataupun jenis sayur dengan daun yang menumpuk.

Itulah berbagai macam pilihan pisau sesuai kegunaannya, sahabat duma sudah tahukan? Yuk komen, kasih tau duma pisau apa yang paling unik yang sahabat duma miliki di didapur!

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!