Blender atau Juicer, Sebaiknya Pilih yang Mana yaa?

Blender atau Juicer, Sebaiknya Pilih yang Mana yaa?
Share artikel ini:

Mana sih yang lebih baik, Blender atau Juicer? Pertanyaan ini pasti muncul ketika kita hendak membeli blender atau juicer.

Biasanya blender ataupun juicer sering digunakan untuk pembuatan jus buah. Jus buah memang memiliki berbagai macam manfaat. Jus buah akan menambah kesegaran ketika diminum saat cuaca panas. Terlebih lagi kamu bisa mengkombinasikan berbagai macam buah untuk dibuat menjadi satu minuman jus. Sebab dengan jus buah, kamu bisa mengonsumsi dengan praktis dibandingkan memakan buah utuh. Kamu juga tak perlu khawatir, sebab kandungan vitamin yang dihasilkan akan sama dari mengonsumsi buah utuh.

Nah buat kalian para penggemar jus buah, tapi masih bingung ingin memilih blender atau juicer ada baiknya simak dulu penjelasan DuniaMasak berikut sebelum membeli ya!

Perbedaan Juicer dan Blender

Juicer merupakan alat yang digunakan untuk menghasilkan jus segar. Alat ini hanya menghasilkan murni jus saja.  Serat, kulit, dan biji buah tidak disertakan dalam produk akhir dan akan dibuang pada tempat penyaringan. Bahan-bahan yang tidak digunakan tersebut dikumpulkan dalam saringan yang terdapat dalam juicer. Setelah jus selesai dibuat, saringan dapat dengan mudah dilepas dan dibersihkan dari ampasnya. Prosedur menggunakan juicer cukup sederhana dan menjadi cara mudah menyiapkan minuman untuk menemani sarapan di pagi hari.

Baca lainnya  Jangan Terlalu Sering Menggoreng, Berikut Cara Masak Sehat Lainnya

Berbeda dengan juicer,  blender tidak memisahkan apapun dari wadah blender. Seluruh potongan buah beserta biji, sayuran termasuk kulit, akan ikut tercampur. Tidak ada proses penyaringan pada blender. Meskipun mirip, juicer dan blender tetap merupakan dua alat berbeda yang masing-masing memiliki kegunaan berbeda pula.

Keunggulan dan Kekurangan Juicer 

Yuk buat juice via fitday.com

Yuk buat juice via fitday.com

Juicer sesuai dengan namanya tersebut memang sangat cocok untuk membuat jus. Selain baik untuk pencernaan, jus memang dianjurkan untuk kesehatan tubuh. Jus sebagai pengatur sistem pencernaan kita, sekaligus pengatur lonjakan gula dalam tubuh nih sahabat Duma!

Dengan kesibukan sehari-hari, kita juga harus tetap memperhatikan kebutuhan serat, dan vitamin yang bisa kita dapatkan dari meminum jus. Dengan juicer, akan lebih memudahkanmu dalam membuat jus. Meskipun keunggulan juicer terletak pada alat penyaring ampasnya, harga juicer pun cenderung lebih mahal dibandingkan blender. Untuk informasi harga juicer yang paling tepat, kamu bisa cek di sini.

Baca lainnya  Wine Cooler GEA XW-85 Untuk Wine Segar dan Tahan Lama

Keunggulan dan Kekurangan Blender

Blender via www.healthambition.com

Blender via www.healthambition.com

Blender bisa digunakan untuk menghaluskan makanan padat menjadi bubuk, pasta, atau adonan berbentuk halus. Pada blender, tidak terdapat ampas yang harus dibuang karena serat buah, kulit, dan biji turut tercampur pada hasil akhir. Jika kamu ingin memisahkan ampas, hasil blender, kamu harus menyaringnya secara manual terlebih dahulu.

Secara harga, blender umumnya lebih murah dibandingkan juicer. Blender juga lebih mudah dibersihkan dibandingkan juicer. Dengan kuantitas buah atau sayuran yang sama, blender akan menghasilkan kuantitas produk lebih banyak.

Kamu sudah menentukan pilihan? Dapatkan berbagai pilihan blender dan juicer dengan harga menarik hanya di DuniaMasak.com

Share artikel ini:

Yuk bahas artikel ini!