Wow! Ternyata Berikut Manfaat Buah Ceri yang Jarang Diketahui

Manfaat buah ceri ala DuniaMasak via pexels.com

Sahabat duma, buah merah yang seringkali ditemui dalam olahan es maupun kue ini ternyata memiliki banyak manfaat lho! Meskipun cukup unik karena ukurannya yang kecil, buah ceri memiliki segudang manfaat yang sayang jika kamu lewatkan. Penasaran nggak sih kira-kira manfaat apa saja? Simak ulasan DuniaMasak berikut ini!

Manfaat Buah Ceri Bagi Kesehatan

Buah ceri via pexels.com

Buah ceri via pexels.com

1. Membantu Tidur Lebih Cepat

Seringkali permasalahan tidur terjadi pada setiap orang. Kamu bahkan sudah merasa lelah dan mengantuk, tapi tak kunjung bisa tidur. Beberapa orang yang mengalami hal ini, mungkin akibat ketidakseimbangan hormon dalam tubuh, stres, terlalu banyak pikiran, dan lain sebagainya. Jika kondisi ini dibiarkan berlarut-larut, maka dapat meningkatkan risiko tekanan darah tinggi, diabetes, dan obesitas. Solusinya adalah sebaiknya kamu meminum segelas jus buah ceri. Pasalnya, ceri kaya akan melatonin, yakni hormon yang berperan dalam mengatur siklus bangun-tidur pada tubuh.

Baca lainnya  Pentingnya Berkumur dengan Air Garam: Hemat dan Kaya Manfaat!

Oiya, hal ini juga diperkuat oleh sebuah penelitian yang meminta para pesertanya minum jus ceri dua kali sehari – yakni setelah bangun tidur dan sebelum makan malam. Hasilnya menunjukkan bahwa peserta bisa tidur lebih lama setelah rutin minum jus ceri.

2. Sumber Nutrisi Baik

Warna merah dari kulit ceri tidak hanya mampu mempercantik penampilannya. Warna merah khas ceri berasal dari kandungan anthocyanin yang tinggi, yakni sejenis antioksidan yang bertugas untuk melawan kerusakan radikal bebas dalam tubuh akibat stres oksidatif. Dalam sebuah penelitian di tahun 2018 yang dimuat dalam jurnal Nutrients menyatakan bahwa buah ceri mengandung banyak nutrisi yang penting bagi tubuh. Di antaranya yaitu serat, karotenoid, vitamin C, kalium, tapi buah ini rendah kalori sehingga aman dijadikan camilan bagi kamu yang takut gemuk.

Baca lainnya  Rekomendasi Pisau Dapur Berbagai Negara di Tahun 2018

3. Meredakan Nyeri Sendi

Nyeri sendi seringkali dialami bahkan bagi khalayak muda lho! Sangat tidak nyaman. Bahkan tak jarang nyeri sendi menghambat aktivitas sehari-hari. Nah, manfaat buah merah nan mungil ini juga mampu kamu dapatkan untuk membantu mengurangi nyeri pada sendi. Nah, cara mengatasinya adalah rutin meminum jus buah ceri secara 2 kali sehari. Dalam kurun waktu selama 3 minggu mampu mengurangi peradangan secara signifikan yang menjadi penyebab nyeri sendi.

4. Menurunkan Tekanan Darah

Terakhir tapi tidak kalah penting, manfaat buah ceri yang rugi jika dilewatkan yaitu membantu menurunkan tekanan darah. Sebab buah ceri memiliki kandungan polifenol yang tinggi. Polifenol merupakan sejenis antioksidan yang diyakini mampu membantu menurunkan tingkat tekanan darah dalam tubuh.

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!