Buah dan Sayur Mudah Busuk? Intip Tips Berikut Agar Lebih Tahan Lama!

Share artikel ini:

Hallo sahabat duma!

Bagi kamu ibu rumah tangga yang mempunyai kesibukan di luar rumah, kamu tentu butuh menyimpan buah dan sayuran dalam jangka waktu panjang. Jika kamu sering mengalami buah dan sayur yang busuk walaupun telah menyimpannya di kulkas, kamu harus simak tips dari DuniaMasak berikut!

Foto Via Koleksi Kintakun

TELITI KETIKA MEMBELI 
Teliti ketika membeli buah dan sayuran. Jika kamu ingin membeli sayuran dan buah sebagai persediaan, maka kamu harus mendatanya terlebih dahulu. Kamu bisa membuat catatan sayur dan buah apa saja lalu menyertakan tanggal pembelian sebelum disimpan di dalam kulkas. Hal ini dianggap perlu sebab kamu ingin menyimpannya dalam jangka waktu lama.  Jangan membeli sayur yang telah layu, serta jangan membeli buah yang terlalu masak.

CUCI SAYUR DAN BUAH YANG BARU DIBELI
Jika semua sayur dan buah yang kamu butuhkan sudah terpenuhi, cucilah sebelum disimpan di dalam kulkas.  Kamu harus mencucinya sesuai dengan jenis, seperti mengelompokkan sayur hijau, dan untuk sayur lainnya seperti labu siam, wortel, lobak, terong, sawi putih dan lainnya. Sedangkan untuk sayuran yang mudah lembek, kamu cukup mencucinya sekali saja. Sebelum disimpan, kamu harus meniriskan terlebih dahulu. Lakukan hal yang sama untuk buah-buahan.

Baca lainnya  Resep Sup Yang Nikmat Dinikmati Saat Hujan

JANGAN MENYIMPAN SAYUR DAN BUAH YANG SUDAH DIPOTONG
Hindari menyimpan sayuran dan buah ketika dalam keadaan sudah terpotong-potong, karena menyimpan sayur dan buah dalam keadaan utuh akan membuat sayur dan buah lebih tahan lama.

MEMASTIKAN KULKAS BERSIH
Jika ingin menyimpan sayur dan buah ke dalam kulkas, maka kamu harus memastikan terlebih dahulu apakah kulkas sudah bersih atau justru sebaliknya, dan pastikan juga jika kulkas bersuhu pas. Kulkas adalah tempat yang tepat untuk menyimpan sayuran dan buah karena suhu di dalamnya sejuk dan dingin. Suhu di dalam kulkas sebaiknya antara 1-4 derajat celcius. Apabila suhu lebih dari itu, dikhawatirkan akan menyebabkan timbulnya bakteri. Hal ini juga sangat berpengaruh terhadap rasa dan aroma makanan yang disimpan di dalamnya, sementara jika lebih rendah dari itu maka akan membuat sayuran dan buah beku.

Baca lainnya  Jangan Minum Susu Terlalu Sering, Berikut Efeknya!

TATA DENGAN BENAR SAYURAN DAN BUAH DI DALAM KULKAS
Kamu harus mengetahui seperti apa dan bagaimana caranya menata sayur dan buah yang baik dan benar di dalam kulkas. Kulkas memiliki saku lemari yang disimpan di pintu yang biasanya digunakan untuk menyimpan telur atau minuman, badan kulkas seperti rak bersusun dan bagian freezer. Bagian yang sangat cocok digunakan untuk menyimpan sayuran dan buah yaitu bagian badan kulkas.

MASUKKAN SAYUR DAN BUAH KE DALAM KANTONG PLASTIK
Sebelum disimpan, sayuran dan buah sebaiknya dimasukan terlebih dahulu ke dalam plastik berlubang. Menyimpan sayuran dan buah ke dalam plastik pun merupakan salah satu cara tepat untuk mempertahankan sayuran dan buah agar tidak mudah rusak. Jika disimpan tanpa dimasukan ke dalam plastik, maka sayuran akan lebih mudah kering.

Foto Sayur dan Buah Via Google

Semoga Bermanfaat, selamat mencoba sahabat duma! Jangan lupa dishare ya!

Share artikel ini:

3 thoughts on “Buah dan Sayur Mudah Busuk? Intip Tips Berikut Agar Lebih Tahan Lama!”

  1. Pingback: 5 Cemilan Sehat Demi Berat Badan yang Ideal | Jurnal DuniaMasak.com
  2. Trackback: 5 Cemilan Sehat Demi Berat Badan yang Ideal | Jurnal DuniaMasak.com
  3. Pingback: Resep Salad Buah: Menu Sehat Setiap Hari | Jurnal DuniaMasak.com
  4. Trackback: Resep Salad Buah: Menu Sehat Setiap Hari | Jurnal DuniaMasak.com
  5. Pingback: 7 Macam Sayuran Rebus yang Lebih Sehat & Bermanfaat
  6. Trackback: 7 Macam Sayuran Rebus yang Lebih Sehat & Bermanfaat

Yuk bahas artikel ini!