Ketahui Efek Samping Buah Nanas Bagi Kesehatan Tubuh Kita Berikut ini!

Buah nanas adalah buah yang sering kali menjadi bahan rujak buah maupun bahan olahan makanan lain seperti kue dan lauk pauk. Namun, tahukah kamu nyatanya buah yang satu ini memiliki efek samping? Ya, simak efek samping nanas selengkapnya di bawah ini ya sahabat duma!

Efek Samping Buah Nanas

Buah nanas via hellosehat.com

Buah nanas via hellosehat.com

1. Meningkatkan Kadar Gula Darah

Efek samping nanas yang pertama adalah meningkatkan kadar gula darah. Kandungan zat gula yang cukup tinggi dalam nanas tidak baik dikonsumsi oleh orang yang menderita diabetes karena akan meningkatkan gula darah dalam tubuh bila dikonsumsi secara berlebihan. Jadi jika kamu penderita diabetes hindari buah nanas ya!

2. Menyebabkan Sakit Kepala dan Alergi

Nanas juga dapat menyebabkan sakit kepala dan reaksi alergi bila dikonsumsi secara berlebihan. Biasanya gejala yang ditimbulkan berupa kulit yang berubah menjadi merah dan gatal-gatal. Pada kasus alergi yang cukup parah, efeknya dapat menyebabkan pembengkakan pada bibir dan mulut. Namun cara untuk mengurangi dampak negatif tersebut, yaitu dengan merendam terlebih dahulu nanas yang sudah dipotong-potong ke dalam air hangat, dan ditambahkan garam secukupnya.

Baca lainnya  Masakan Medan yang Tak Boleh Kamu Lewatkan!

3. Memicu Kontraksi Bagi Ibu Hamil

Buah nanas ternyata juga tidak baik dikonsumsi oleh wanita yang sedang hamil muda, karena nanas memiliki sifat antelmintik dan abortivum yang dapat memicu kontraksi, sehingga dapat berpotensi mengugurkan kandungan.

4. Merangsang Munculnya Rematik

Buah nanas juga tidak baik dikonsumsi penderita rematik. Sebab nanas mampu merangsang munculnya rematik ketika sudah masuk ke dalam tubuh dan berada dalam saluran pencernaan. Bagi kamu yang menderita radang sendi dan rematik harus berhati-hati dalam mengkonsumsi nanas dan pastikan tidak mengonsumsinya secara berlebihan.

5. Dapat Berpengaruh Dengan Obat Tertentu

Bromelain yang terdapat di dalam buah nanas sangat bagus untuk kesehatan kita karena akan memberi banyak manfaat tetapi juga dapat berpengaruh dengan beberapa obat seperti antibiotik dan antikonvulsan, yang menyebabkan masalah bagi beberapa penggunanya. Sebaiknya kamu konsultasikan dulu kepada dokter.

Baca lainnya  Mengulas Hidangan Khas Natal di Seluruh Dunia

6. Dapat Menodai Gigimu & Melukai Lapisan Gigi

Mengkonsumsi nanas secara teratur dan secukupnya baik untuk kesehatan mulut karena membuat gigi dan gusi tetap sehat namun terlalu banyak memakan buah nanas dapat memberi dampak negatif pada kesehatanmu karena dapat menodai gigi karena adanya gula di dalamnya. Dengan cara yang sama, sifat asam nanas bisa melukai lapisan gigimu. Jika kamu tidak ingin mengalami masalah mulut seperti gigi berlubang, radang gusi dll, maka kamu harus memakan buah nanas dengan secukupnya.

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!