Berikut Cara Menyimpan Buah Potong di Kulkas yang Benar

Cara menyimpan buah potong ala DuniaMasak via duta.co

Hallo sahabat duma, apakah kamu rutin mengonsumsi buah potong? Nah, bagi kamu yang sering membeli buah dan mengonsumsinya setiap hari, ada tips khusus nih agar kamu bisa menyimpan buah dengan kondisi yang masih bagus di dalam kulkas. Tim DuniaMasak akan membagikan tips cara menyimpan buah di dalam kulkas. Simak ya!

Tips Menyimpan Buah Potong di dalam Kulkas

buah potong via lifestyle.okezone.com

buah potong via lifestyle.okezone.com

1. Menggunakan Sari Perasan Lemon, Jeruk Nipis atau Asam Sitrat

Buah-buahan yang berair seperti apel dan pir seringkali ditemukan berubah warna menjadi kecoklatan jika dibiarkan beberapa waktu setelah dikupas sehingga kita harus segera memakannya. Agar mencegah hal tersebut terjadi, kamu bisa menggunakan jus lemon atau bubuk asam sitrat. Jus lemon menghambat oksidasi buah yang mencegah warna menjadi kecokelatan serta kehilangan kerenyahannya.

Kamu bisa menambahkan jus lemon dengan cara menambahkan perasan jus lemon di atas buah yang telah dipotong secara langsung atau di atas buah potong yang telah direndam air. Setelah itu, kamu bisa menyimpannya di dalam kulkas. Dengan meggunakan cara ini, buah potong akan bertahan selama 12 jam lebih.

Baca lainnya  Hot Trend: Manfaat Baking Soda Bagi Kecantikan

2. Membungkus Buah Potong dengan Plastic Wrap

Kalau kamu berbelanja di supermarket, pasti kamu pernah melihat bagaimana cara pembungkusan buah potong yang siap disajikan yaitu dengan plastic wrap. Karena menggunakan cara pertama cenderung akan mengubah rasa dari buah itu sendiri, mungkin kamu bisa menggunakan plastic wrap sebagai gantinya.

Jangan lupa untuk sedikit melubangi plastic wrap untuk memberi udara. Namun, teknik ini hanya bertahan kurang lebih 4 jam karena kemungkinan terjadinya oksidasi yang disebabkan paparan udara luar yang masih dapat terjadi.

3. Direndam dalam Air Dingin

Cara ini merupakan cara yang paling mudah untuk menyimpan buah potong dibandingkan dengan cara yang lain. Proses oksidasi pada buah akan terhenti sementara karena air dingin akan menghambat udara yang menyebabkan perubahan warna pada buah. Hal ini juga mempertahankan enzim yang terdapat di buah sehingga tidak akan mengubah rasa dari buah. Cara ini dapat menjaga buah untuk tetap segar selama kurang lebih 6 jam.

Baca lainnya  Apa Sih Perbedaan Rice Cooker, Magic Com, dan Magic Jar? Berikut Penjelasannya!

4. Pengawetan dengan Cuka dan Gula

Dengan prinsip yang sama seperti jus lemon, menggunakan cuka karena sifatnya yang asam juga dapat menjaga buah agar tetap segar. Campurkan cuka dan gula hingga keduanya menyatu, kemudian tuangkan ke buah yang telah dipotong dan simpan di tempat yang sejuk. Kekurangan dari teknik ini adalah merubah sedikit rasa dari buah itu sendiri, namun dengan cara ini buah sama sekali tak akan berubah warna. Teknik ini juga merupakan teknik yang membuat potongan buah jauh lebih awet dari teknik lainnya. Dengan teknik ini, buah potong bahkan bisa bertahan hingga beberapa hari.

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!