Buah Unik yang Jarang Kamu Ketahui, Mau Coba?

buah unik yang jarang kamu ketahui jaboticaba via permaculturenews.org ala tim duniamasak

Tidak akan ada habisnya jika kita berbicara masalah buah, selain rasanya yang enak buah juga memiliki berbagai macam manfaat. Saking banyaknya buah yang ada di seluruh belahan dunia, tak jarang diantaranya kita akan merasa aneh dan juga terkesima saat pertama kali mengetahui buah-buah yang dirasa unik oleh kita. Kali ini tim duniamasak akan membahas mengenai buah unik yang jarang kamu ketahui, sudah mulai penasaran yuk disimak!

Buah Unik, Bikin Penasaran

Jika kalian mendengar kata-kata unik, apa sih yang ada dibenak kalian? Pasti akan timbul rasa penasaran dan segera mencari tahu. Buah unik biasanya tumbuh ditempat-tempat atau daerah tertentu, tak jarang kita pun akan merasa bingung dengan bentuk dan rasa yang mirip dengan buah pada umumnya namun dengan tampilan yang berbeda. Berikut ini adalah buah unik yang jarang kamu ketahui dan bikin penasaran:

Beri Ajaib

Buah Unik yang Jarang Kamu Ketahui beri ajaib via mberrytw.org ala tim duniamasak
Buah beri ajaib via mberrytw.org

Siapa sangka buah yang sekilas mirip perpaduan terong belanda dengan goji berry ini memiliki sebuah keajaiban tersembunyi. Buah ini dapat merubah segala jenis rasa menjadi manis, penasaran kan? Coba sahabat duma memakan buah beri ajaib ini, kemudian dilanjut dengan memakan buah yang memiliki rasa yang asam seperti mangga asam. Hasilnya pasti mangga akan berubah rasa menjadi manis karena buah beri. Selain keajaiban tersebut, buah beri ajaib kini menjadi alternatif dari gula.

Akebia

Buah Unik yang Jarang Kamu Ketahui akebia via youtube/jworldking ala tim duniamasak
Buah akebia via youtube/jworldking

Akebia atau akebi adalah buah yang sekilas mirip dengan sayuran, karena bentuknya yang tidak seperti buah pada umumnya. Rasa yang ada pada buah ini adalah manis, terutama pada bijinya. Beberapa negara seperti Selandia Baru melarang menanam tanaman buah ini, yang dikabarkan dapat membuat orang yang mengkonsumsinya dapat buang air kecil berlebihan.

Baca lainnya  Perbedaan Sumpit Korea, Jepang dan China, Ternyata Ada Bedanya Lho!

Hal yang menarik pada buah akebia ini adalah aromanya yang menyerupai coklat jika musim berbunga. Aroma coklat tersebut membuat buah akebia sering disebut juga sebagai buah anggur coklat.

Jaboticaba

Jaboticaba via redlandfruitandspice.com ala tim duniamasak
Buah jaboticaba via redlandfruitandspice.com

Buah unik yang jarang kamu ketahui lainnya adalah buah jaboticaba. Buah ini mirip sekali dengan anggur dan biasanya disebut dengan anggur batang karena buah ini dihasilkan dari pohon yang berdiri tegak merambat seperti buah anggur. Rasa dari buah jaboticaba sangat unik, karena buah ini memiliki rasa yang berbeda berdasarkan tingkat kematangannya. Buah ini membutuhkan waktu kematangan sekitar 20 hingga 30 hari. Rasa pada buah akan berubah 9 hari sebelum menuju tingkat kematangan. Hari pertama hingga kelima rasanya seperti jambu biji, kedua manggis, leci, markisa dan hari kelima srikaya. Untuk hari keenam dan kedelapan rasanya seperti buah anggur. Jika sudah benar-benar matang atau pada hari kesembilan rasa yang dihasilkan manis, aroma harum dan sangat enak.

Paw Paw

Pawpaw via npr.org ala tim duniamasak
Buah pawpaw via npr.org

Dari namanya saja sudah menarik ya sahabat duma? Buah ini berasal dari negara Amerika Serikat tepatnya di Washington. Bentuk dan rasanya mirip sekali kombinasi pepaya, pisang dan mangga. Buah ini biasanya dipanen saat bulan September dan buah ini juga sering disebut sebagai pisang hipster.

Baca lainnya  Tips Mengatur Peralatan Dapur di Rumah Agar Lebih Menarik

Melon Kiwano

Buah melon kiwano via healthline.com ala tim duniamasak
Buah melon kiwano via healthline.com

Bagi kalian yang sudah pernah menonton film Avengers: Endgame, dan melihat Thanos sedang memetik buah, maka kalian sudah tidak asing lagi terhadap buah ini. Ya, buah yang memiliki tanduk ini namanya melon kiwano atau biasa disebut juga dengan nama kiwano atau melano. Buah yang berasal dari negara Afrika ini memiliki rasa yang segar perpaduan antara buah markisa, lemon, mentimun dan pisang. Kiwano umumnya di olah menjadi jus ataupun pudding, bagi sahabat duma yang sedang melakukan program penurunan berat badan, buah ini sangat cocok menjadi jus diet yang ampuh! Selain itu buah ini juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, makanya tidak heran yah kalau Thanos memanen buah ini, mungkin buah ini adalah rahasia kekuatannya! Hehehe

Tangan Buddha

Buah tangan buddha via bibliotika.com ala tim duniamasak
Buah tangan buddha via bibliotika.com

Terakhir, buah unik yang jarang kamu ketahui adalah buah tangan buddha. Tangan buddha memiliki nama latin citrus medica var. sarcodactylis yang masih merupakan jenis dari jeruk. Bentuknya yang panjang menyerupai jari-jari membuatnya sering disebut tangan buddha. Jari-jari padah buah tangan buddha biasanya mencapai 5 hingga 25. Ada mitos yang mengatakan bahwa semakin banyak jari-jari yang dihasilkan pada buah ini, maka semakin banyak pula keberuntungan yang diterima si pemilik buah. Waahh menarik yaa? Tangan buddha umumnya memiliki rasa yang asam dan agak getir, walaupun demikian buah ini memiliki banyak khasiat. Khasiat pada buah ini adalah dapat menyembuhkan penyakit maag, masuk angin dan mengatasi masalah pencernaan.

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!