Buah yang Dianjurkan untuk Penyakit Jantung

Buah untuk penyakit jantung via freepik.com ala tim duniamasak.com

Penyakit jantung yang juga biasa disebut dengan penyakit kardiovaskuler merupakan penyakit yang terjadi karena penyempitan atau penyumbatan pada pembuluh darah. Hal tersebut dapat menyebabkan serangan jantung, nyeri pada dada, atau stroke. Penyakit jantung sangat berbahaya karena menjadi salah satu penyakit paling mematikan di dunia. Penderita penyakit jantung harus memiliki pola makan dan olahraga tertentu agar jantung mereka stabil. Salah satu pola makanan yang bagus untuk penderita penyakit jantung adalah dengan rutin mengkonsumsi buah untuk penyakit jantung.

Buah yang Bagus untuk Dikonsumsi Penderita Penyakit Jantung

Buah untuk penyakit jantung via freepik.com ala tim duniamasak.com
Buah-buahan via freepik.com

Mengkonsumsi buah-buahan memang banyak sekali manfaatnya, selain rasanya yang enak buah juga memiliki banyak khasiat untuk kesehatan. Salah satunya yaitu bagus untuk kita yang memiliki penyakit jantung. Berikut ini buah-buahan yang dianjurkan untuk dikonsumsi penderita penyakit jantung:

Manggis

Manggis merupakan buah yang memiliki banyak sekali khasiat untuk kesehatan. Tidak hanya buahnya kulitnya pun memiliki berbagai manfaat tak terkecuali untuk penyakit jantung. Ekstrak kulit manggis memiliki zat xanthone yang mampu melebarkan pembuluh darah dan mengurangi penumpukan lemak.

Mengkudu

Buah mengkudu bagus untuk menjaga tekanan darah agar tetap stabil. Tetap stabilnya tekanan darah maka potensi terjadinya serangan jantung dan stroke akan menurun. Selain itu, buah ini juga mengandung xeronin dan kaya akan vitamin serta mineral yang bisa memperbaiki fungsi tubuh. Sehingga bisa digunakan sebagai terapi penyakit jantung dan stroke. Buah mengkudu juga memiliki kandungan antioksidan yang mampu melebarkan pembuluh darah.

Baca lainnya  Dekorasi Khas Imlek: Hiasi Dapurmu, Berikut Tips dan Triknya!

Tomat

Tomat memiliki kandungan kalium yang cukup tinggi dan dipercaya dapat menyehatkan jantung kita. Buah yang identik berwarna merah ini juga mengandung senyawa likopen yang dapat menghancurkan lemak jahat. Buah ini merupakan buah untuk penyakit jantung karena dapat mencegah tersumbatnya pembuluh darah, dan menurunkan resiko serangan jantung.

Alpukat

Alpukat bagus untuk penderita jantung karena buah ini mengandung lemak tak jenuh tunggal yang membantu mengurangi kadar kolesterol. Buah ini juga mengandung kalium yang bagus untuk kesehatan jantung dan sebagai sumber antioksidan.

Anggur

Buah yang memiliki cita rasa manis asam ini juga bagus untuk penderita jantung. Kandungan resveratrol yang berguna sebagai antioksidan yang dapat mencegah penyumbatan pada pembuluh darah.

Pepaya

Menurut sebuah situs kesehatan pepaya merupakan buah untuk penyakit jantung. Buah ini mengandung vitamin A, vitamin C, vitamin E, magnesium, kalium, folat dan kalsium.

Apel

Buah apel memiliki kandungan vitamin A, vitamin C, vitamin E, vitamin K, dan karotenoid yang mampu membantu menurunkan kolesterol dan mencegah tekanan darah tinggi. Selain itu buah ini baik dikonsumsi oleh penderita jantung lemah karena memiliki flavonoid yang dapat meningkatkan kekuatan jantung dengan mengurangi adhesi trombosit pada arteri, menurunkan kolesterol dan melebarkan arteri.

Baca lainnya  8 Efek Positif Kopi

Kiwi

Kiwi merupakan salah satu buah yang mengandung banyak sekali vitamin C, bahkan bisa 2 kali lipat lebih banyak dari buah jeruk. Vitamin C yang tinggi bagus untuk penderita jantung lemah karena dapat menangkal radikal bebas dan membuat pembuluh darah menjadi elastis sehingga sirkulasi darah menjadi lebih lancar dan jantung menjadi lebih kuat.

Melon

Buah segar satu ini juga bagus untuk penderita jantung terutama jantung lemah, buah ini memiliki kandungan vitamin A, vitamin B6, vitamin C, folat, potasium dan serat. Selain buah di atas aprikot, blueberry, delima, pisang, dan jeruk juga bagus untuk Anda yang menderita penyakit jantung. Buah-buahan tersebut lebih bagus Anda konsumsi secara langsung dibandingkan dibuat jus atau olahan lainnya. Pilihlah buah yang masih segar dan sehat agar kandungan yang ada di dalam buah masih lengkap.

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!