Cappuccino dan Caffe Latte, Bagaimana Cara Membedakannya?

Share artikel ini:

Hallo Sahabat duma! Kamu sering kesulitan untuk membedakan antara cappuccino dan caffe latte? Simak penjelasan dari duniamasak berikut ya!

Cappuccino

Foto Via Instagram @milacoffeesa

Cappuccino selalu dibuat menggunakan campuran espresso bersamaan dengan susu panas dan susu yang di steam. Pada cappuccino, kopi akan terasa lebih pekat dan lebih enak. Hal tersebut disebabkan karena cappuccino hanya dicampur dengan 50 % susu dan selebihnya merupakan espresso. Selain itu, cappucino juga dicampur dengan berbagai macam rempah-rempah. Kamu bisa menambahkan gula, buah-buahan dan bahan protein lain. 

Cappuccino biasanya juga dihiasi dengan taburan bubuk kayu manis di atasnya. Resep yang membedakan ketika membuat  cappuccino umumnya terdiri atas sepertiga espresso, sepertiga susu, dan sepertiga busa susu. Cappuccino memiliki rasa lebih kuat dibandingkan dengan latte tetapi dengan kandungan rasa seimbang. Definisi cappuccino sebenarnya lebih dari sekedar buih dan bubuk coklat. Yang membuatnya khas adalah perpaduan pas antara espresso, susu, dan foam.

Foto Via Instagram @l9notschka

Racikan kopi yang populer ini terkenal dengan lapisan buih susu yang biasanya dihiasi dengan bubuk cokelat. Jika kamu ingin memesan cappuccino, kamu dapat memesannya ‘basah’ atau ‘kering’. Ketika memesan cappuccino ‘kering’, maka minuman yang disajikan memiliki lebih banyak busa dibandingkan dengan susu. Di sisi lain, cappuccino ‘basah’ akan terdiri dari lebih banyak susu.

Baca lainnya  Breakfast in Bed "Sehabis Gelap Terbitlah Terang Kejutan Spesial Untuk Pasangan ala Chef DuMa"

Caffe Latte

Foto Via Instagram @komitatsu


Berbeda dengan cappucino, caffe latte dibuat menggunakan jenis kopi apa saja dan tidak hanya espresso. Caffe latte bahkan tidak harus dari kopi apapun, dan beberapa dibuat menggunakan bahan dasar teh, kakao, matte atau matcha. Namun, latte yang standar biasanya dibuat menggunakan bahan seperti teh, kakao, matte atau matcha.

Perbedaannya caffe latte jarang sekali menggunakan lapisan busa susu di atasnya. Resep yang membedakan ketika membuat  latte umumnya terdiri atas dua pertiga espresso shot, tiga per enam susu, dan satu per enam micro foam. Meskipun banyak yang menggunakan busa susu namun, hal ini dibuat hanya untuk hiasan. Dengan tekstur micro foam yang sempurna itulah kemudian barista bisa menciptakan latte art yang cantik dan unik. Menandai apakah minuman itu adalah latte, kamu bisa mencoba sejak tegukan pertama. Kamu akan langsung merasakan kopi yang terasa begitu milky.

Bagaimana Sahabat duma? Sudah tau cara membedakannya? Dishare yuk!

Share artikel ini:

Yuk bahas artikel ini!