Cara Membaca dan Memahami Coffee Label

Sebagai pecinta kopi, biasanya ada beberapa orang yang menyimpan biji kopi di rumah untuk persediaan pribadi. BIji kopi yang telah dibeli, umumnya telah dikemas dalam kantong dan terdapat banyak informasi mengenai jenis serta cara meracik kopinya. Tidak sedikit orang merasa bingung bagaimana cara membacanya apalagi jika masih awam. Selain bisa bertanya langsung kepada barista di kedai kopi, Duniamasak.com juga akan menjelaskan informasi umum mengenai cara membaca dan memahami coffee label tersebut.

Coffee Label

memilih kemasan kopi via freepik ala tim duniamasak.com
Kantong kopi via freepik

Single Origin or Blend

Asal usul dari biji kopi perlu diketahui diawal pembelian agar semakin bisa menikmatinya dengan baik.  Asal muasal kopi tersebut juga akan mempengaruhi rasa kopi. Terdapat dua tipe kopi yang sering dikonsumsi yaitu single origin dan blend. SIngle origin memiliki rasa yang lebih spesifik. Sedangkan kopi blend merupakan sebuah kombinasi beberapa tipe biji kopi dengan berbagai cita rasa sehingga lebih kompleks.

Processing Method

Metode proses pengolahan kopi juga akan mempengaruhi cita rasa kopi. Informasi metode ini juga akan tertera pada label kantong kopi. Meskipun kopi berasal dari kebun yang sama, namun bisa diproses dengan metode yang berbeda. Umumnya, ada 2 macam metode mengolah kopi yaitu dengan cara wash and dry. Metode wash akan menciptakan rasa kopi yang alami.Sedangkan metode dry akan menimbulkan rasa kopi yang agak manis.

Baca lainnya  Tips Memulai Bisnis Beras Agar Lebih Berhasil

Roast Level

Setelah mengetahui jenisnya, berlanjut kepada informasi proses pemanggangan kopi. Secara umum, ada 3 level roasting kopi yaitu light, medium, dan dark roast. Biji kopi di level light roast memiliki warna terang cokelat muda kekuningan, medium roast berwarna tidak terlalu terang atau gelap, sedangkan biji level dark roast mempunyai warna gelap.

Variety

Informasi terakhir yang umum tertera di label kantong kopi adalah tentang variestas dan spesiesnya. Tidak semua tanaman kopi sama dan rasanya juga tidak rata sama semua. Misalnya spesies Arabika terkenal dengan aroma yang nikmat dan rasanya yang lezat. Sedangkan Robusta populer dengan rasa kopi yang lebih dominan. Tercatat lebih dari 100 jenis spesies kopi selain arabika dan robusta.

Baca lainnya  Cara Tetap Bersilaturahmi Saat Lebaran #dirumahaja
{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Tinggalkan Balasan