Cara Membersihkan Grill Pan dengan Cara Praktis Ini agar Tetap Awet

Cara Membersihkan Grill Pan via freepik ala tim duniamasak.com

Grill Pan atau sering kita sebut dengan panci panggang memiliki permukaan yang bergelombang untuk menampung minyak yang keluar saat proses pemanggangan. Alat ini terbuat dari bahan baja tebal yang dilapisi oleh bahan anti lengket pada permukaanya. Berkaitan dengan hal tersebut, proses perawatan dan pembersihanya pun tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Endapan minyak setelah proses pemanggangan tentunya susah untuk dibersihkan. Pemakaian alat pembersih berbahan kasar juga akan menggores dan dapat merusak bahan anti lengket pada permukaan grill pan. Kali-ini tim Duma akan memberikan informasi mengenai cara membersihkan grill pan, yuk disimak!

Bagaimana cara membersihkan grill pan tanpa merusaknya?

cara membersihkan grill pan Panci Pemanggang Daging ZEBRA Non Stick via duniamasak.com
Grill Pan Panci Pemanggang Daging ZEBRA Non Stick via duniamasak.com

Cara yang dapat digunakan untuk membersihkan grill pan tidaklah sulit dan tentunya tidak membutuhkan biaya yang mahal. Sebelumnya, cara untuk membersihkan bagian permukaan grill pan berbeda dengan bagian luar grill pan. Cukup cuci bagian luar grill pan menggunakan sabun dan air dingin seperti mencuci alat memasak lainya. Namun, berbeda dengan bagian permukaan grill pan yang memiliki bahan anti lengket dan mudah tergores. Untuk itu, berikut beberapa cara yang dapat dicoba untuk membersihkan permukaan grill pan agar tetap awet.

Jangan biarkan grill pan dalam keadaan kotor terlalu lama

Minyak akan mudah menempel kemudian mengendap pada permukaan grill pan. Jadi, setelah pemakaian grill pan, usahakan langsung mencucinya. Jangan biarkan grill pan dalam keadaan kotor terlalu lama. Jika minyak sudah mengendap maka akan susah untuk menghilangkanya.

Bersihkan terlebih dahulu menggunakan lap bersih

Setelah dipakai, diamkan grill pan beberapa saat namun jangan terlalu dingin. Hal tersebut dikarenakan udara dingin akan lebih cepat meresap kotoran yang melekat pada permukaan grill pan. Sebelum dicuci menggunakan air, gunakan lap bersih untuk mengurangi minyak berlebih dan membuat grill pan mudah dibersihkan.

Cuci menggunakan air garam

Campurkan sedikit garam dan air kemudian tuangkan ke dalam pan grill hingga seluruh bagian grill pan terendam. Biarkan beberapa saat. Air garam dapat membantu menghilangkan minyak serta bau dari sisa makanan yang dipanggang.

Gosok menggunakan spons dan air sabun hangat

Campurkan air hangat dengan sabun. Kemudian, gosok permukaan grill pan menggunakan spons yang telah dicelupkan kedalam air sabun hangat.

Gunakan sikat untuk membersihkan sisa yang menempel

Untuk membersihkan sisa-sisa makanan yang menempel pada pan girl, kita dapatΒ menggunakan sikat yang kaku. Namun, jangan terlalu keras saat menyikat permukaannya sebab bisa menggores dan merusak lapisan anti lengket pada grill pan tersebut.

Gunakan kompor untuk membatu proses pengeringan

Setelah grill pan dicuci, segera keringkan dengan lap bersih. Kemudian taruh grill pan yang sudah dikeringkan ke atas kompor. Panaskan grill pan menggunakan api dari kompor selama lima menit kemudian matikan. Hal tersebut dilakukan agar grill pan lebih cepat kering.

Simpan diΒ tempat yang benar

Grill pan tersebut terbuat dari bahan cast iron atau besi cor dan anti lengket pada permukaanya. Wajan dan panci seperti ini biasa di simpan pada cabinet dapur dengan cara ditumpuk. Dengan ditumpuk, material cast iron dan anti lengket pada grill pan cenderung lebih mudah tergores dan rusak. Jadi sebaiknya grill pan disimpan dengan cara digantung

Beberapa cara diatas dapat kita coba untuk membersihkan grill pan tanpa merusaknya. Peralatan apapun sebenarnya dapat awet dan tidak akan cepat rusak apabila kita menggunakan dan merawatnya dengan baik dan benar.

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!