Cara Membersihkan Oven yang Benar!

cara membersihkan oven yang benar via istudy.org.uk

Oven adalah barang yang sudah tidak asing lagi di telinga maupun mata kita. Peralatan satu ini sering digunakan untuk memanggang, mengeringkan, atau memanaskan masakan. Cara membersihkan oven yang benar pun perlu diperhatikan. Karena jika terlalu sering digunakan untuk memasak berbagai jenis masakan banyak kotoran yang tertinggal di dalam oven. Jika tidak segera dibersihkan kotoran-kotoran tersebut akan berkerak dan susah untuk dihilangkan.

Kotoran yang tertinggal di dalam oven akan mengganggu kinerja dari oven tersebut. Tumpahan saus atau bumbu yang sudah mengering akan menyebabkan oven tidak dapat menghantarkan panas dengan baik. Hal itu menyebabkan masakan akan lama matang bahkan akan mempengaruhi cita rasa masakan kita. Ventilasi oven yang tidak bersih juga akan mengganggu proses memasak. Yang lebih berbahaya lagi jika sisa-sisa makanan yang tercecer di dalam oven dibiarkan. Karena akan menimbulkan percikan api yang dapat menyebabkan kebakaran. Oleh karena itu pembersihan oven secara berkala wajib dilakukan.

Teknik yang benar dalam membersihkan oven

cara membersihkan oven yang benar via freepik.com
Oven via freepik.com

Cara membersihkan rak yang ada di dalam oven

Oven biasanya terdiri dari beberapa rak bertingkat yang digunakan untuk memasak beberapa makanan sekaligus. Rak di dalam oven dapat dicopot sehingga mudah dibersihkan di luar oven. Rak ini dapat kita bersihkan dengan sabun cuci piring hingga bersih kemudian keringkan seperti ketika kita mencuci piring.

Baca lainnya  Yuk Berburu Takjil ini Sebelum Berbuka, Khusus Daerah Jakarta Aja Ya!

Cara membersihkan bagian dalam oven

Area dalam oven tidak dapat dibersihkan dengan sabun cuci piring biasa, jika ingin mendapatkan hasil yang maksimal. Kita harus menggunakan produk pembersih oven atau bisa juga dengan mencampurkan cuka putih, bubuk soda, dan sedikit sabun cuci piring.
Adapun cara membersihkan oven yang benar adalah sebagai berikut:

  • Setelah rak dikeluarkan, bersihkan kerak kerak yang tidak membandel dengan kain atau sikat terlebih dahulu agar kotoran tidak terlalu menumpuk.
  • Semprotkan larutan pembersih ke seluruh bagian dalam oven termasuk pintu kaca dan sela sela. Hati-hati jangan sampai terkena karet penyegel dan elemen pemanasnya.
  • Tutup pintu oven dan biarkan selama sekitar 30 menit hingga satu jam. Larutan pembersih tersebut akan melunakkan kerak-kerak yang membandel di dalam oven.
  • Setelah itu bersihkan area dalam sekali lagi, jika kerak belum sepenuhnya bersih semprotkan lagi larutan pembersih dan tutup pintu oven. Lakukan hal tersebut hingga dirasa kerak sudah melunak.
  • Jika kerak sudah lunak, kita dapat menggunakan sikat halus atau kain untuk membersihkan seluruh bagian dalam oven. Perhatikan juga bagian dasar dan bagian
    pintu.
  • Selalu bersihkan kain dan sikat yang sudah kotor sebelum memakainya kembali.

    Ada beberapa jenis oven yang memiliki fungsi pembersih sendiri dan bekerja secara otomatis. Untuk oven yang memiliki sistem pembersih sendiri kita hanya perlu menyalakan pilihan self-cleansing. Sistem pada oven otomatis akan membersihkan kotoran dan lemak selama kurang lebih dua hingga enam jam. Setelah selesai proses pembersihan otomatis, dinginkan oven sekitar 2 jam. Kemudian baru bersihkan sisa kotoran yang sudah menjadi abu dengan lap atau sikat. Selama proses pembersihan dengan sistem self-cleaning pastikan pintu oven tertutup dan tidak ada anggota keluarga kita yang akan membukanya.
Baca lainnya  Merawat Oven Microwave Agar Awet dalam Pemakaiannya

Cara membersihkan bagian luar oven

Untuk area luar oven, kita bisa membersihkannnya menggunakan sabun cuci piring biasa dengan mengelap seluruh bagian oven hingga bersih. Jangan lupa membersihkan kaca luar agar kita dapat melihat masakan di dalam oven dengan jelas. Itulah cara membersihkan oven yang benar agar oven milik kita tidak cepat rusak dan kualitas masakan yang dihasilkan terjaga. Jangan lupa selalu merawat oven dengan membersihkan oven setelah dipakai sebelum sisa makanan yang tertinggal di dalam oven menjadi sulit dibersihkan.

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!