Gimana Sih Cara Mencuci Sayur dan Buah yang Benar?

Mencuci Sayur dan Buah via modernfarmer.com

Mencuci sayur dan buah memang seharusnya kamu lakukan sebelum kamu mengonsumsinya. Meski tampaknya bersih, bahkan jika sudah dibungkus plastik. Tak ada yang tahu bakteri apa saja yang ada di permukaan sayur dan buah tersebut. Nah, kebanyakan kita mencuci sayur dan buah dengan cara yang salah.

Mencuci Sayur dan Buah: Biasakan Cara Berikut Ini

Mencuci Sayur via pixabay.com

Sayuran Segar via pixabay.com

Kapan Harus Mencuci Sayur dan Buah?

Buah dan sayur lebih baik dicuci bersih tepat sebelum kamu mengolah atau memakannya. Jika tak langsung dimakan, sebaiknya langsung disimpan atau jangan dicuci dulu, karena membuat makanan lembab dan akhirnya cepat busuk. Hal inilah yang sering kali menjadi kebiasan kita, kebanyakan orang seringkali mencuci buah dan sayur lalu setelahnya disimpan. Jangan lakukan lagi ya!

Baca lainnya  Jangan Dibuang: Berikut Manfaat Kulit Jeruk yang Belum Kamu Ketahui

Apa yang Harus Kamu Lakukan Saat Mencuci Buah dan Sayur?

  1. Cuci tangamu dengan sabun hingga bersih.
  2. Basuh dan gosok perlahan dengan tangan permukaan buah dan sayur di bawah kran air mengalir. Jangan gunakan sabun atau yang lainnya untuk mencuci karena bisa mempengaruhi rasa.
  3. Buang daun terluar yang membungkus jika mencuci kol/kubis, dan rendam sebentar untuk mencuci sawi, kangkung dan sayuran berdaun lainnya untuk merontokkan ulat, tanah yang menempel dan lain sebagainya.
  4. Rendam dengan garam untuk mencuci brokoli, kol dan sayuran lainnya yang sudah dicuci bagian sela-selanya agar ulat bisa rontok.
  5. Jika membersihkan jamur, cukup sikat dengan halus dengan sikat gigi bekas. Jika mencucinya dengan air, justru akan menyulitkan untuk menghilangkan kotoran dan jamur bisa menyerap air, sehingga sangat merusak rasanya.
  6. Basuh lagi setiap kali kamu mencuci buah dan sayuran jika menggunakan wadah, tidak dengan air mengalir.
Baca lainnya  Mengulas Hidangan Khas Natal di Seluruh Dunia

Terakhir, pisahkan yang sudah dicuci dengan yang belum dicuci. Pastikan juga talenan selalu bersih, tidak digunakan untuk memotong daging, ikan atau yang lainnya yang kemungkinan mengandung bakteri ya sahabat duma! Jika kamu menggunakan pisau untuk memotong buah, pastikan pisau sudah dibersihkan sebelumnya dan tidak basah.

Bagaimana sahabat duma? Semoga bisa membantu ya! Jangan lupa share dan komen di bawah ini untuk tips-tips selanjutnya.

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!