Cara Mengolah Sayur Pakis, Sayur Unik Rasa Lezat!

cara mengolah sayur pakis via freepik ala tim duniamasak

Sayuran yang tumbuh musiman ini memang cukup terkenal di Indonesia. Rasa dari sayuran ini pun enak dan memiliki tektur yang renyah. Agar sayuran ini aman dikonsumsi dan tidak menggangu kesehatan, sahabat Duma wajib tahu nih cara mengolah sayur pakis agar enak dan sehat!

Lebih Dekat dengan Sayur Pakis

cara mengolah sayur pakis via freepik ala tim duniamasak
Sayur pakis via freepik

Sayuran yang diperoleh dari batang tumbuhan paku yang muda disebut sayur pakis. Sayuran ini juga terkenal dibeberapa negara yang juga mengkonsumsinya seperti Jepang, Korea, China, Prancis, Asia Tenggara, India dan Nepal. Sayuran ini banyak dijumpai ketika musim hujan dan biasanya terdapat di tempat yang lembab seperti pinggir sungai atau tebing-tebing yang memang memiliki suhu yang lembab. Oia tidak semua tumbuhan paku itu bagus ya buat dikonsumsi, karena beberapa dari tumbuhan tersebut ada juga yang pakisnya beracun. Alih-alih ingin makan makanan yang lezat dan sehat, kalau kita salah pilih tanaman pakis akan berbahaya untuk kesehatan. Untuk itu Duma kasih tau nih, sayuran pakis yang aman biasanya berasal dari tanaman paku yang jenis ostrich, jangan salah pilih ya!

Baca lainnya  Ingin Membeli Mesin Kopi? Nih Berikut Tips Memilihnya!

Kandungan Sayur Pakis

Walaupun dia tumbuh ditempat yang lembab dan mungkin terkesan liar, tapi siapa sangka bahwa sayur pakis ini memiliki kandungan antioksidan, rendah kalori, omega 3, dan zat besi yang tinggi yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Di sisi lain sayur pakis dapat menyebabkan gangguan pencernaan karena mengandung asam sikimat, maka dari itu pastikan selalu memasak sayur pakis sebelum dikonsumsi ya!

Cara Memilih Sayur Pakis

Cara mengolah sayur pakis yang pertama adalah kita harus tahu cara memilih sayur pakis yang benar. Saran Duma ketika kalian ingin mengkonsumsi sayur pakis ada baiknya pilih yang masih segar ya. Caranya dengan melihat apakah sayur masih berwarna hijau terang, melingkar erat serta tegas. Sebaliknya jika kita memilih yang sudah mekar dan besar nantinya sayur tersebut tidak bisa diolah karena sudah terlalu keras membentuk kayu. Daun pakis yang sudah kita pilih ada baiknya langsung diolah atau jika tidak masukkan kedalam kulkas dalam kondisi terbungkus plastik agar tetap segar.

Baca lainnya  Dessert Enak dan Lembut Ala Negara Prancis "Chocolate Mousse Spesial"

Cara Mengolah Sayur Pakis

Sayur pakis yang sudah kita pilih ada baiknya dikerik dahulu dibagian batangnya karena terdapat sisik cokelat. Setelah itu sahabat duma dapat mengikuti cara mengolah sayur pakis dengan benar berikut ini:

  1. Potong Pangkal Batang yang Keras
  2. Cuci dengan Air Dingin
  3. Rebus dengan Air Garam 1-2 Menit (tiriskan)
  4. Segera Dimasak

Jenis Olahan Sayur Pakis

Sebetulnya sayuran pakis banyak sekali diolah dalam berbagai macam masakan. Namun yang paling umum adalah masakan cah sayur pakis dan tumis pakis. Sahabat Duma juga dapat mengkreasikan olahan sayur pakis sesuai selera seperti dijadikan bahan tambahan untuk membuat kue. Jika sahabat Duma sedang mencari peralatan masak untuk mengolah sayur pakis ada baiknya segera mengunjungi website duniamasak.com.

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!