Cara Menurunkan Kolesterol, Berikut Tipsnya!

Cara menurunkan kolesterol via moneysmart.id ala tim duniamasak

Tingginya kadar kolesterol sering berdampak lanjut kepada kondisi-kondisi yang fatal, seperti penyakit jantung, stroke dan gangguan penyumbatan pembuluh darah. Apalagi jika kita tidak tahu cara menurunkan kolesterol tinggi yang sedang dialami. Namun tahukah Kalian, bahwa sebenarnya kolesterol adalah hal yang tidak berbahaya? Yang berbahaya adalah ketika kadar kolesterol dalam darah kita terlalu tinggi melampaui batas normal. Kolesterol pada dasarnya adalah jenis lemak yang ditemukan pada semua sel dalam tubuh. Kolesterol sering dipandang sebagai sesuatu yang jahat, padahal kolesterol juga memiliki peran penting untuk tubuh kita. Salah satu peran penting kolesterol adalah membentuk hormon-hormon yang yang diperlukan tubuh, seperti hormon testosteron, kortisol dan esterogen.

Pada kadar yang tepat, kolesterol juga sangat berjasa untuk penyerapan vitamin D dan pembentukan zat empedu. Namun, yang menjadi masalah adalah ketika kadar kolesterol kita terlalu tinggi. Ketika kadar kolesterol terlalu tinggi, ancaman berbagai penyakit dapat datang menghampiri Kalian. Untuk itu, mari simak tips menurunkan kolesterol berikut ini agar sistem metabolisme dan kesehatan tubuh kita dapat terjaga baik.

7 Tips Cara Menurunkan Kolesterol Agar Tubuh Sehat dan Terhindar dari Ancaman Penyakit Berbahaya

Cara menurunkan kolesterol via health.harvard.edu ala tim duniamasak
Asupan lemak baik via health.harvard.edu

Seseorang yang memiliki kadar kolesterol tinggi beresiko mengalami gejala-gejala tidak nyaman pada tubuhnya. Sakit kepala, metabolisme yang melambat, bau mulut, gangguan pencernaan, sembelit, kulit kusam, hingga masalah penglihatan. Gaya hidup, pola makan dan faktor genetik adalah faktor-faktor yang sangat memengaruhi tinggi rendahnya kadar kolesterol seseorang. Jika tidak ditanggulangi dengan segera, kolesterol tinggi dapat memicu penyakit-penyakit berbahaya yang lain, seperti jantung koroner, penyumbatan pembuluh darah dan stroke. Untuk itu, mari simak tips menurunkan kolesterol ala tim duniamasak berikut ini, agar tubuh Kalian sehat dan terhindar dari ancaman penyakit berbahaya.

Baca lainnya  Alat Masak Yang Wajib Dimiliki Untuk Kamu Yang Ingin Belajar Memasak

Memilih Asupan Lemak Baik

Makanan berlemak tinggi adalah salah satu pemicu utama kolesterol tinggi. Lemak adalah zat yang dibutuhkan oleh tubuh. Namun, memilih jenis lemak yang baik adalah hal yang wajib kita lakukan agar tubuh kita tetap sehat dan terhindar dari kolesterol tinggi. Alpukat, ikan salmon, yoghurt, adalah jenis-jenis makanan dengan lemak yang baik dan aman untuk dikonsumsi.

Membatasi Konsumsi Gorengan

Gorengan adalah jenis makanan yang sulit dicerna oleh enzim dalam pencernaan kita. Tidak tercernanya makanan membuat lemak menumpuk di dalam tubuh dan mengakibatkan kolesterol tinggi.

Berolahraga Secara Rutin

Berolahraga secara rutin adalah salah satu tips jitu menurunkan kolesterol. Dengan belorahraga secara rutin, kadar kolesterol akan terjaga pada ambang normal sehingga tubuh akan menjadi lebih sehat dan metabolisme meningkat.

Baca lainnya  Merayakan Ulang Tahun ke 20 dengan Cara Asyik Nan Hemat

Mengonsumsi Makanan-makanan yang Dapat Menurunkan Kadar Kolesterol

Perasan air jeruk nipis, brokoli, ekstrak kulit manggis, jambu merah dan oatmeal adalah makanan-makanan yang dipercaya dapat menurunkan kadar kolesterol. Konsumsilah makanan ini agar kadar kolesterol terjaga baik.

Manajemen Stress

Stress ditengarai menjadi penyebab meningkatnya kadar kolesterol dalam tubuh seseorang. Manajemen stress dan cukup beristirahat adalah salah satu tips menurunkan kadar kolesterol yang tinggi.

Cukup Minum Air Putih

Kebutuhan cairan dalam tubuh adalah hal yang wajib dipenuhi, terutama jika Kalian sudah diketahui memiliki kadar kolesterol tinggi. Air putih akan membantu proses peluruhan lemak dan memperlancar metabolisme tubuh.

Mengonsumsi Obat Penurun Kolesterol

Mengonsumsi obat penurun kolesterol adalah langkah pamungkas dalam tips menurunkan kolesterol tinggi. Berkonsultasilah kepada ahli untuk mendapatkan dosis penurun kolesterol yang sesuai dengan kebutuhan dan kondisi tubuh. Cara menurunkan kolesterol sering dianggap sebagai sesuatu yang sulit. Padahal, jika kita melakukannya secara rutin dan sungguh-sungguh, kolesterol yang tinggi dapat diobati dan dijaga dengan cara-cara di atas agar tubuh senantiasa sehat dan terhindar dari berbagai ancaman penyakit berbahaya. Semoga berhasil!

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!