Cara Merawat Timbangan Dapur Agar Tetap Awet

Cara Merawat Timbangan Dapur via freepik ala tim duniamasak.com

Timbangan dapur merupakan salah satu alat yang bisa dibilang penting. Pasalnya, dengan timbangan dapur kita dapat mengetahui ukuran berat dari suatu bahan masakan yang akan kita olah. Timbangan dapur pun memiliki beberapa jenis, namun yang paling umum adalah timbangan digital dan timbangan analog. Kali ini tim Duniamasak akan memberikan tips cara merawat timbangan dapur agar tetap awet.

Merawat Timbangan Dapur

Cara Merawat Timbangan Dapur via freepik ala tim duniamasak.com
Cara merawat timbangan dapur via freepik

Timbangan dapur memang dirancang untuk mengukur berat bahan masakan. Maka dari itu, umumnya kita menemukan timbangan dapur dalam bentuk yang kecil dan hanya menampung kurang lebih 10 kg tergantung dari tipe timbangannya. Berikut ini adalah cara merawat timbangan dapur dari tim Duniamasak.

Kalibrasi Timbangan

Pada timbangan digital biasakan untuk selalu melakukan kalibrasi timbangan sebelum digunakan. Hal tersebut dilakukan untuk menjaga timbangan agar mendapatkan hasil timbangan yang akurat. Pastikan sebelum melakukan reset pada timbangan, bagian atas timbangan kosong atau piringan yang digunakan sebagai alas timbangan tidak terlalu berat. Hindari alas ataupun piringan yang terbuat keramik yang akan menambah berat timbangan. Kalibrasi timbangan ini sangat penting dan harus sahabat Duma lakukan bila ingin menggunakan timbangan, terutama timbangan digital.

Baca lainnya  Manfaat Kacang Polong Yang Banyak Tidak Diketahui, Kamu Harus Baca!

Lepas Piringan Timbangan

Bila telah selesai menggunakan timbangan, sahabt Duma wajib untuk memisahkan piringan atau alas timbangan agar timbangan tidak menahan berat alas atau piringan. Jika timbangan dibiarkan dengan piringan yang menempel hal itu akan membuat timbangan menjadi kurang akurat bila digunakan kembali. Saran Duma, sahabat Duma dapat menghias piringan timbangan bahkan timbangannya menjadi hiasan dapur. Sehingga tidak terlalu terlihat menumpuk di lemari. Piringan timbangan bisa dihias semenarik mungkin, sehingga bila tidak digunakan piringan timbangan bisa jadi pemanis ruangan dapur.

Jauhkan dari Cairan

Sahabat Duma wajib menjauhkan timbangan digital dari benda cair seperti air dan minyak. Timbangan digital harus dijaga dengan baik, maka dari itu jangan pernah sesekali mencuci timbangan digital. Bila sahabat Duma ingin mengukur timbangan benda cair seperti minyak goreng, ada baiknya menggunakan plastik untuk menghindari tumpahan minyak pada timbangan. Saran Duma, lebih baik membeli minyak atau bahan cair lainnya yang sudah ada informasi ukuran beratnya, agar lebih praktis dan tidak perlu mengukur ulang di timbangan.

Baca lainnya  Tidak Hanya Untuk Keju, Ketahui Berbagai Jenis Parutan Lainnya

Lapisi dengan plastik

Agar menjaga timbanganmu tetap awet, solusi terbaik adalah melapisinya dengan plastik wrap. Dengan melapisi timbangan dengan bubble wrap dapat menghindari timbangan dari cairan yang mungkin tanpa sengaja terkena timbangan. Selain itu timbangan akan selalu bersih dan terawat serta tidak perlu membersihkan timbangan dengan lap.

Tetap Jaga Tombol Skala

Timbangan analog atau timbangan jarum juga memiliki perlakuan yang spesial. Pasalnya timbangan analog ini tidak boleh terlalu sering diputar atau diubah-ubah tombol skalanya. Bila sahabat Duma sering mengubah tombol skala, hal itu akan menyebabkan timbangan analog menjadi tidak akurat dan tidak stabil. Pastikan lagi, bila menggunakan timbangan analog posisi jarum harus diangka nol.

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!