Cari Tahu Perbedaan Mie Ayam, Yamin dan YamMie disini!

Perbedaan mie ayam yamin dan yammie via insanmedika.co.id ala tim duniamasak.com

Siapa sih yang tidak suka dengan mie? Apalagi dengan mie ayam, yamin, dan yammie. Sahabat Duma pastinya juga menggemari makanan-makanan ini bukan?. Walaupun terlihat mirip, ternyata ketiganya memiliki perbedaan. Perbedaan tersebut sebetulnya dapat kalian lihat dari tampilan pertama, mulai dari bentuk pada mienya hingga rasa dari masing-masing mie.

Apa ya Perbedaannya?

Perbedaan mie ayam, yamin dan yammie Mie ayam jamur & mie ayam jawa dok. duniamasak (Kuliner Mie - AL)
Mie ayam jamur & mie ayam jawa dok. duniamasak (Kuliner Mie – AL)

Tak jarang kita menemukan penjual mie dan sering menyebutnya dengan nama mie ayam. Rupanya walaupun terlihat sama-sama menggunakan mie ternyata ada perbedaan antara mie ayam, yamin, dan yammie yang jarang diketahui banyak orang. Berikut ini adalah perbedaan dari ketiganya:

Tekstur dan bentuk mie

Sebetulnya jika memperhatikan dengan seksama bahwa ketiga jenis mie yang digunakan untuk mie ayam, yamin, dan yammie itu memiliki perbedaan. Mie pada mie ayam memiliki bentuk yang tebal dan juga terasa kenyal kita mengunyah. Untuk mie yamin sendiri memiliki bentuk pipih pada mienya. Ditambah mie dalam mie yamin berwarna cokelat karena ada tambahan kecap, tidak terlalu tebal serta tidak terlalu tipis dengan tekstur yang kenyal. Sedangkan mie yammie memiliki bentuk mie yang lebih kecil dan juga tipis. Saat kita menyantap mie yammie akan terasa kering namun tetap lembut.

Baca lainnya  Sedotan Reusable Inilah yang Cocok Untukmu!

Rasa

Tidak hanya tekstur maupun bentuk mie, mie ayam, yamin, dan yammie juga memiliki perbedaan soal rasa. Bumbu pada mie ayam terdiri dari kaldu, kuah semur ayam, dan juga minyak bawang. Hasil perpaduan bumbu-bumbu tersebut menciptakan rasa manis dan gurih pada mie ayam ditambah dengan kuah mie ayam dari rebusan sawi yang memiliki rasa yang tawar. Sementara untuk mie yamin, memiliki rasa yang manis berasal dari kecap manis. Hal itu dikarenakan mie yamin menggunakan kecap manis sebagai bumbunya. Kuah pada mie yamin sama seperti kuah pada mie ayam dengan tambahan merica serta kaldu. Sehingga rasanya gurih dengan aroma merica. Lain halnya dengan mie yammie, bumbu yang digunakan untuk mie yammie lebih ke bumbu khas masakan chinese. Dengan tambahan merica bubuk dan juga rasa yang dihasilkan gurih dan asin.

Baca lainnya  Ingin Membeli Mesin Kopi? Nih Berikut Tips Memilihnya!

Topping

Hal yang paling mudah membedakan mie ayam, yamin, dan yammie adalah dari topping pada ketiganya. Mie ayam biasanya memiliki topping sayur sawi dan juga potongan dadu ayam semur. Tak jarang ada juga yang menambahkan pangsit, bakso bahkan ceker yang di semur. Sedangkan mie yamin dan yami memilik topping yang terlihat sama, yaitu suwiran ayam rebus. Warna dari daging ayam suwir ini cenderung putih karena bumbu yang digunakan tidak merubaha warna pada daging ayam tersebut. Selain itu topping lainnya juga ada tauge rebus, irisan daun bawang serta pangsit rebus.

Penyajian

Terakhir adalah cara penyajian dari mie ayam, yamin, dan yammie yang memiliki perbedaan. Jika mie ayam disajikan dengan satu mangkuk mulai dari mie, topping, dan kuah. Sedangkan mie yamin dan mie yammie disajikan secara terpisah. Mangkuk kecil berisi pangsit sebus, bakso dan juga kuah. Sedangkan di mangkuk besar berisi mie, topping ayam suwir dan juga sayur.

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!