Cari Tahu Tentang Adas Manis, Banyak Manfaatnya loh!

Adas manis via freepik ala tim duniamasak.com

Pernahkan sahabat Duma mendengar adas manis? Adas manis merupakan salah satu tanaman yang memiliki banyak manfaat. Khasiatnya pun dipercaya sangat baik untuk kesehatan juga kencantikan. Segudang manfaat yang dimiliki tanaman ini pastinya membuat kita semakin penasaran dengannya. Simak ulasannya dari Tim Duma untuk mengetahui kandungan dan manfaat apa saja yang ada pada tanaman ini!

Mengenal Adas Manis

Adas manis via freepik ala tim duniamasak.com
Adas manis via freepik

Nama latin dari adas manis adalah pimpenella anisum, tanaman ini masih merupakan keluarga dari Apiaceae. Asal tanaman ini adalah dari Mediterania dan tanaman ini sering digunakan dalam bentuk biji-bijian maupun dijadikan minyak. Aroma yang khas dalam tanaman ini sering digunakan sebagai pelengkap bumbu masakan, terutama sering digunakan pada masakan Turki, Spanyol, dan Italia. Tentunya selain sebagai bumbu masakan, tanaman ini juga sering digunakan untuk mengatasi beberapa masalah pada kulit maupun masalah kesehatan lainnya.

Baca lainnya  Menikmati Waktu Luang dengan Mencoba Varian Popcorn Enak Berikut Ini

Terdapat dua jenis

Tanaman ini rupanya memiliki dua jenis, yaitu adas manis dan adas. Adas manis terkenal dengan nama anise, sedangkan adas disebut dengan adas pedas atau fennel dalam bahasa Inggris. Dari segi tampilan adas pedas memiliki daun yang berbulu dan bunga kuning yang kecil. Lain halnya dengan anise yang memiliki bunga kuning keputihan.

Kandungan

Tanaman anise ini mengandung protein, serat, karbohidrat, dan juga lemak. Tidak hanya itu, banyak juga vitamin yang terkandung didalamnya. Vitamin C, Vitamin B9, Vitamin B6, Vitamin A, dan vitamin lainnya yang sangat bermanfaat untuk tubuh.

Manfaat untuk kesehatan

  1. Metabolisme tubuh, tanaman ini bermanfaat untuk menjaga metabolisme tubuh sehingga tubuh tetap sehat. Minyaknya mampu mempu menjaga metabolisme tubuh, metabolisme pencernaan, dan juga dapa mengeluarkan racun yang dapat merugikan tubuh.
  2. Ekspektoran, zat yang terkandung didalamnya dapat bermanfaat sebagau ekspektoran. Itu artinya tanaman ini dapat membantu dalam pernapasan yang tersumbat dahak atau lendir.
  3. Meningkatkan produksi ASI, bagi sahabat Duma yang mengalami kesulitan akibat produksi ASI yang sedikit. Maka dapat mencoba menggunakan biji maupun minyak dari tanaman ini. Kandungan estrogenik didalamnya dapat membantu meningkatkan produksi ASI.
Baca lainnya  Nikmati Kuliner Khas Nasantara: Terraza Lounge, THE 1O1 Jakarta Sedayu Darmawangsa

Manfaat untuk kecantikan

  1. Menjaga kesehatan rambut, minyak adas manis sangat baik untuk menjaga kesehatan rambut. Minyak ini dapat mengatasi berbagai permasalahan rambut seperti ketombe maupun rambut yang rontok.
  2. Mengatasi masalah kulit, minyak dari tanaman ini juga dapat digunakan untuk mengatasi masalah kulit. Seperti bintik-bintik dan jerawat. Caranyapun cukup mudah dengan mengoleskan minyak pada bagian kulit yang membutuhkan penanganan.
{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!