Chocolate Fondue Buatan Sendiri Lebih Nikmat

Chocolate Fondue via pexels.com

Chocolate Fondue yang sering kita temui hanya di toko-toko coklat ataupun acara besar ini, bisa kamu buat sendiri di rumah lho. Sembari menikmati hari libur dengan bersantai di rumah bersama keluarga, kamu juga bisa meningkatkan quality time bersama keluarga dengan membuat coklat fondue bersama. Lebih enak, dan terjamin juga ya sahabat duma! Lalu gimana sih cara membuatnya? Nih simak resep dari tim duma berikut:

Coklat Fondue via www.foodnetwork.com

Coklat Fondue via www.foodnetwork.com

Resep Chocolate Fondue

Bahan:

– 200 gr dark chocolate
– 45 gr mentega tawar
– 140 ml fresh cream
– 150 ml susu segar
– marshmallow (sesuai selera)
– buah-buahan (sesuai selera)

Cara Membuat:

  1. Siapkan 200 gr dark chocolate​, potong-potong​, 45 gr mentega tawar, 140 ml fresh cream dan 150 ml susu segar.
  2. Untuk bahan celupan sesuaikan dengan selera. Kamu boleh menggunakan marshmallow, buah-buahan segar seperti strawberry, pisang dan blueberry hingga cake dan juga biskuit, bisa kamu gunakan sebagai bahan celupannya.
  3. Masukkan dark chocolate, mentega tawar, fresh cream dan susu ke dalam p​anci.​ Kemudian panaskan ​ di atas api kecil ​sambil diaduk sesekali hingga cok​​lat meleleh dan bertekstur halus.
  4. Setelah ​coklat​ jadi, tuangkan di cok​​lat pot khusus lengkap dengan lilin ​pemanas​nya. Jangan lupa untuk menyiapkan potongan buah, marshmallow hingga cake di piring besar.  ​Siapkan lidi atau garpu plastik untuk pegangan saat mencelupkan buah. Nikmati coklat fondue dengan teh atau kopi hangat.​
Baca lainnya  Makanan Populer di Ranah Minang, Sudah Pernah Coba Belum?

Fakta Menikmati Chocolate Fondue

Chocolate Fondue via thewedding.id

Chocolate Fondue via thewedding.id

Satu porsi Chocolate Fondue atau sekitar 103 gram mengandung 122 kalori dan 5,5 gram lemak. Tingginya kadar kalori disumbang oleh penggunaan mentega, heavy cream, apalagi jika kamu menambahnya dengan sirup jagung. Untuk membuatnya lebih sehat dan rendah kalori, kamu bisa menggantinya dengan menggunakan 3 jenis cokelat, sejumput garam, dan vanili ekstrak untuk mendapatkan produk akhir yang punya rasa dan kekentalan yang sama. Kombinasikan cokelat bubuk, semi sweet chocolate, dan dark chocolate yang mengandung kadar kakao lebih tinggi dari 65%.

Selain membuat rasa fondue makin lezat, penambahan bumbu dan rempah-rempah juga memberikan manfaat kesehatan tubuh. Kamu bisa menambahkan kayu manis bubuk, sejumput bubuk kopi, parutan kulit jeruk, dan earl grey tea untuk memberikan rasa yang unik, menarik, dan berbeda.

Baca lainnya  Jenis-Jenis Nasi Yang Eksis Banget di Indonesia
{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!