Ciptakan MPASI Sehat dengan Peralatan MPASI Ini!

peralatan mpasi via freepik ala tim duniamasak.com

Makanan Pendamping ASI atau yang sering dikenal dengan sebutan MPASI biasanya diberikan kepada bayi saat berusia 6 bulan. Bagi sahabat Duma yang sedang mempersiapkan pemberian MPASI kepada sang baby pastinya sedang mencari-cari peralatan MPASI yang diperlukan. Bila melihat referensi dari social media yang bertebaran, tentunya peralatan MPASI yang diperlukan cukup banyak dan harganya relatif mahal. Untuk itu kita harus pintar-pintar memilih mana perlengkapan yang paling dibutuhkan. Dibawah ini Duma merangkum beberapa perlengkapan yang ternyata dapat digunakan untuk menghasilkan MPASI yang sehat:

Peralatan MPASI Sederhana Ciptakan MPASI Sehat

Untuk menghasilkan MPASI yang sehat ternyata tidak perlu peralatan MPASI yang mahal. Peralatan dapur di rumah nyatanya mampu menghasilkan MPASI yang sama dengan MPASI pada umumnya. Inilah peralatan sederhana yang dapat dimanfaatkan untuk membuat MPASI!

Parutan

Jenis parutan makanan via freepik ala duniamasak
Parutan makanan via freepik

Sahabat Duma pasti memiliki peralatan dapur yang stau ini di rumah kan? Ya, dengan menggunakan parutan yang ada di rumah, kita dapat membuat MPASI yang sehat. Cukup gunakan parutan untuk menghaluskan wortel, keju atau bahan makanan MPASI lainnya. Parutan ini tergolong ramah di kantong karena harganya kurang lebih 9 ribu rupiah.

Baca lainnya  6 Trend Bisnis Makanan dan Minuman Dengan Modal Paling Kecil di Tahun 2016

Wadah penyimpan makanan

Kotak Makan VICTORY Grey Green 500ml via duniamasak
Kotak Makan VICTORY Grey Green 500ml via duniamasak

Untuk menyimpan bahan-bahan makanan, sahabat Duma cukup menggunakan wadah penyimpanan makanan yang dijual di duniamasak.com. Wadah ini dapat digunakan untuk meletakkan hasil masakan MPASI kemudian disimpan di kulkas. Pilihlah wadah penyimpanan makanan yang kedap udara agar tidak mudah terkontaminasi. Pastikan wadah yang digunakan sudah BPA-free.

Saringan Kawat

peralatan mpasi Saringan Makanan TANICA Diameter 14 Cm via duniamasak.com
Saringan Makanan TANICA via duniamasak.com

Bayi yang berusia 6-8 bulan sebaiknya diberikan bubur yang bertekstur kental dan halus. Cara mengetahui bahwa bubur itu kental dan halus adalah cukup dengan membalikkan bubur pada sendok apabila bubur terjatur berarti bubur tersebut terlalu encer. Menggunakan saringan kawat dapat menghasilkan tektur bubur yang kental dan halus. Saringan akwat juga berfungsi untuk menyaring makanan yang terlalu kasar menjadi halus sehingga memudahkan sang baby untuk mengonsumsinya.

Baca lainnya  10 Tips Buka Puasa Bersama Agar Berjalan Lancar & Efektif

Talenan

Talenan 8 inch DRAGON MELAMINE via duniamasak.com

Walaupun terlihat sepele, tapi talenan mengambil peran penting dalam menghasilkan MPASI yang sehat. Paslanya bahan makanan biasanya dipotong menggunakan talenan sebelum akhirnya diolah. Pisahkan talenan khusus MPASI dengan talenan yang biasa digunakan sehari-hari untuk memotong bumbu masakan. Hal itu dilakukan untuk menjaga bahan masakan MPASI tidak terkontaminasi dengan bahan masakan lainnya.

Panci

Peralatan MPASI Panci BIMA Chefs Shallow Sauce Pan BP1900718 2Liter via duniamasak.com
Panci BIMA Chefs via duniamasak.com

Panci merupakan peralatan yang sangat penting dalam membuat MPASI. Gunakanlah panci yang diperuntukkan khusus membuat MPASI agar tidak tercampur oleh aroma maupun sisa masakan yang menempel pada panci.

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!