Kenali Ciri-ciri Mie yang Mengandung Formalin & Berbahaya Bagi Kesehatan

Ciri-ciri mie yang berbahaya ala duniamasak via pekanbaru.tribunnews.com

Sahabat duma, kamu pernah mempunyai pengalaman terserang penyakit karena mengonsumsi mie sebelumnya nggak sih? Ya, mengonsumsi mie memang harus hati-hati ya! Kamu bisa terserang banyak penyakit yang berbahaya karena mengonsumsi mie yang mengandung formalin dan bahan berbahaya lainnya. Tim DuniaMasak akan membagikan ciri-ciri mie yang berbahaya bagi kesehatan.

Ciri-ciri Mie Mengandung Formalin

Ciri-ciri mie via nasional.harianterbit.com

Ciri-ciri mie via nasional.harianterbit.com

Ciri-ciri Mie Berbahaya

Jika kita menemukan mie yang tidak layak artinya mie tersebut dibuat dalam suasana tempat produksi mie yang kotor, jorok dan tidak higienis dan menggunakan peralatan seadanya. Tetapi mie yang dihasilkan tampilannya sangat bagus juga patut kamu curigai lho! Berdasarkan banyaknya informasi, formalin dapat membuat tekstur makanan olahan menjadi lebih kenyal dan berwarna cerah.

Hasil Pengujian Laboratorium Bioteknologi dan Pemanfaatan Limbah Pertanian pada beberapa sampel mie di beberapa kota besar juga menunjukkan masih terdapat sampel yang mengandung formalin. Bahkan ternyata masih ditemukan kandungan formalin pada mie mentah untuk mie ayam.

Baca lainnya  Minum Kopi Tunjang Produktifitas Kerjamu Nih!

Secara fisik panca indera kita memang sulit mendeteksi makanan mana yang tercemar formalin atau bebas formalin. Sebagai konsumen, kita juga harus benar-benar mencermati ciri-ciri mie secara fisik (terutama mie basah) yang memakai bahan berbahaya.

Berikut ini ciri-ciri mie basah yang mengandung formalin:

  • Saat disentuh mie terasa sangat kenyal atau liat.
  • Selain aroma terigu, biasanya tercium aroma seperti obat. Hal ini tetap tercium baunya meskipun sudah berulang kali dibilas air bahkan direbus.
  • Mie sangat liat saat dipotong dengan sendok. Sebab tekstur kenyalnya mirip karet karena yang alami kenyalnya berasal dari gluten tepung terigu.
  • Mie tahan disimpan atau dibiarkan dalam suhu ruangan selama 1-2 hari.
Baca lainnya  5 Kesalahan Fatal dalam Membuat Bolu yang Wajib Kamu Ketahui!

Sedangkan mie basah yang tidak mengandung formalin memiliki ciri-ciri:

  • Saat dipegang mie terasa lembut teksturnya.
  • Beraroma tepung terigu dan sedikit bau anyir telur.
  • Mie mudah sekali putus atau patah karena tidak terlalu liat. Tekstur liatnya dari gluten tepung dan telur ayam.
  • Saat direbus airnya agak keruh karena ada tepung terigu dan telur yang ikut terlarut di dalamnya.
  • Mie tidak tahan disimpan lama, mudah sekali berjamur terutama jika memakai telur.
  • Rasanya gurih, empuk dan lembut karena memakai telur.

Setelah mengetahui ciri-ciri mie yang mengandung formalin dan tidak mengandung formalin seperti di atas, diharapkan sahabat duma bisa membedakannya ya! Oiya, selain mie, makanan yang rawan dicampur bahan berbahaya formalin antara lain seperti bahan makanan basah seperti ikan, mie, tahu, sosis, bakso, bandeng presto hingga jajanan anak di sekolah lho, hati-hati ya!

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!