Cream Art: Seni Melukis Diatas Secangkir Kopi

seni kopi Cream art via freepik ala duniamasak

Mungkin di Indonesia, latte art pada minuman kopi sudah umum dilakukan di seluruh kedai kopi. Berbeda dengan di Korea Selatan, terdapat seni kopi yang mirip dengan hal tersebut namun lebih diinovasikan dengan berbagai kreasi yang unik. Seni ini dinamakan cream art.

Cream Art

Pengertian

Cream art adalah seni menggambar dengan krim dan busa pada permukaan cangkir kopi. Apa perbedaannya dengan latte art? Latte art langsung dikreasikan dengan menuangkan krim kedalam cangkir, sedangkan seni krim dibuat seperti melukis diatas cangkir dengan busa dan krim. Berbeda juga dengan jangka waktu pengerjaannya, latte art mungkin hanya membutuhkan waktu 2-5 menit sedangkan seni krim membutuhkan waktu hingga 15-20 menit. Mengapa dibutuhkan waktu yang lama? Karena seni ini membutuhkan kreativitas dan ketelitian yang lebih tinggi, tergantung pada tingkat kesulitan lukisan.

Baca lainnya  Kreasi Kopi Unik yang Wajib Banget Kamu Cobain!

Bahan

Sesuai dengan yang sudah dijelaskan pada pengertiannya, seni ini menggunakan bahan yang sama dengan latte art yaitu krim susu. Namun perbedaannya adalah seni krim tidak monoton hanya berwarna cokelat dan putih tetapi sangat penuh dengan beragam warna. Misalnya barista sedang melukis karakter kartun, maka akan dibuat sama persis dengan bentuk dan warna aslinya. Warna-warni ini dihasilkan dari pewarna makanan yang tentunya aman untuk dikonsumsi.

Tren di Korea Selatan

Seni yang sangat unik ini dipelopori oleh seorang barista sekaligus pemilik kedai kopi asal Korea Selatan yang bernama Lee Kang Bin. Tidak hanya membuat karya cream art dalam bentuk 2D, ternyata bisa juga dikreasikan dalam bentuk 3D. Terlihat dari unggahan foto di Instagramnya, banyak kreasi yang sangat menawan salah satunya yang terbaik adalah seni krim dari lukisan Vincent Van Gogh berjudul Starry Night. Selain itu, terdapat juga lukisan lainnya seperti tokoh kartun hingga aktor Hollywood. Lee Kang Bin ingin menghadirkan cream art agar dunia perkopian semakin berinovasi dan menarik minat para coffee lovers.

Tertarik untuk mengikuti jejak Lee Kang Bin? Mari coba membuat kreasi cream art di Indonesia 😀

Baca lainnya  Cara Membersihkan Penghisap Asap Dapur: Fotile Praktis dan Diskon Menarik!
{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!