Dapur Kotor dan Dapur Bersih, Apa Sih Maksudnya?

Sahabat Duma pasti sering mendengar istilah dapur bersih dan dapur kotor yang sering digunakan oleh kebanyakan orang di Asia. Namun, apakah sahabat Duma tahu maksud dari istilah dapur kotor dan dapur bersih itu apa? Mungkin dari kita langsung membayangkan bahwa dapur bersih memiliki tingkat kebersihan yang dijaga, akan tetapi maksud dari istilah keduanya ternyata memiliki perbedaan dalam fungsi, letak, dan beberapa kelebihan masing-masing. Untuk itu, tim Duniamasak.com kali ini akan memberikan informasi mengenai perbedaan dapur kotor vs dapur bersih.

Dapur Kotor dan Dapur Bersih

Setiap rumah yang kita tinggali maupun singgahi pasti memiliki ruang atau tempat untuk mengolah bahan makanan menjadi makanan yang dapat di konsumsi yang sering disebut dengan dapur. Di beberapa rumah terkadang memiliki dua jenis dapur yang berbeda, yaitu dapur kotor dan dapur bersih. Lantas apakah perbedaan dari kedua dapur tersebut? Simak ulasannya berikut ini!

Dapur Kotor

Dapur Kotor dan Dapur Bersih via freepik ala tim duniamasak.com
Dapur via freepik

Dapur kotor umumnya diletakkan dibelakang ruangan yang jauh dari ruang tamu. Di dapur kotor ini kita bisa melakukan aktivitas memasak yang berat atau rumit tanpa harus memikirkan kebersihan dapur. Biasanya peralatan masak di dapur kotor pun lebih lengkap dibanding dengan dapur bersih karena disini lah aktivitas memasak yang sesungguhnya terjadi. Tidak heran, bila dijadikan dapur kotor, karena noda minyak atau olahan bahan makanan yang jatuh terkadang membuat dapur ini kerap kotor dibandingkan dapur bersih.

Baca lainnya  Ketahui Efek Samping Buah Nanas Bagi Kesehatan Tubuh Kita Berikut ini!

Aktivitas mencuci piring juga dilakukan di dapur kotor ini, makanya dapur ini pun dilengkapi dengan kitchen sink agar memudahkan mencuci peralatan masak yang kotor langsung di tempat yang sama.

Dapur Bersih

Dapur Kotor dan Dapur Bersih via freepik ala tim duniamasak.com
Dapur bersih via freepik

Nah, bila dapur kotor diletakkan jauh dari ruang tamu, lain halnya dengan dapur bersih yang posisinya tidak jauh dari ruang tamu. Biasanya peralatan yang ditampilkan di dapur bersih pun sangat berkelas, mulai dari microwave, kompor, gelas, peratalan masak simple, bahkan kitchen sink yang diletakkan di dapur ini pun tak luput dari kesan mewah. Aktivitas di dapur bersih pun cukup simple, karena biasanya hanya di gunakan untuk memasak masakan yang ringan dan juga praktis, menghangatkaan maupun menyiapkan makanan yang ingin di santap.

Baca lainnya  Mencoba Berbagai Nasi Unik dari Ayam Bang Dava
{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Tinggalkan Balasan