Resolusi Diet Sehat di Tahun 2019 Ala Tim DuniaMasak

diet sehat 2019 ala duniamasak via pexels

Siapa sih yang nggak mau berat badan ideal? Ya, semua orang punya target berat badan idealnya masing-masing. Kamu punya resolusi diet sehat di tahun 2019 ini? Tim duma ingin membantumu untuk mewujudkan resolusi diet sehat nih, simak deh!

Diet Sehat 2019: Resolusi Terbaru

Diet sehat dengan caraberikut via pixabay.com

Diet sehat dengan caraberikut via pixabay.com

1. Diet Puasa

Cara pertama adalah dengan diet puasa.  Diet jenis ini lebih mengarah ke menjaga pola makan. Diet ini tidak fokus terhadap apa yang kamu makan, melainkan waktunya bersantap. Kamu bisa mencontoh seperti 16/8 method. Artinya kamu punya 16 jam waktu berpuasa dan 8 jam mengonsumsi makanan. Misalnya, kamu diperbolehkan makan dari 13.00 hingga 21.00, kemudian kamu harus berpuasa 16 jam ke depan.

2. Diet Keto

Cara kedua adalah dengan menerapkan pola makan rendah karbohidrat dan tinggi lemak. Banyak kalangan selebriti yang memopulerkan cara ini di tahun 2018 lalu. Kamu bisa saat minum kopi hitam tanpa gula, krimer, pemanis, atau susu. Kalau kamu suka manis, kamu bisa menambahkan bubuk jahe, kayu manis, atau sejenisnya. Menu ini mengandung 84 persen lemak, 12 persen protein, dan 2 persen karbo.

Baca lainnya  Intip Ide Membuat Saus Salad Buah ala Tim DuniaMasak yuk!

3. Diet pegan

Diet pegan dikenalkan seorang Direktur Pusat di Cleveland Clinic, Mark Hyman. Nah, metode ini mengombinasikan dua jenis diet, yakni paleo (diet bebas gluten) dan vegan (diet bebas produk hewani). Diet ini mengharuskanmu mengatur pola makan per harinya.

Misalnya lima cangkir atau lebih sayuran, empat porsi makanan kaya karbohidrat, tiga porsi makanan kaya protein, dua porsi makanan dengan lemak sehat, dan seporsi makanan pengganti susu. Aturan pengelompokan makanan harus kita rencanakan dalam tiga kali waktu makan, sisanya untuk dua kali camilan.

4. Mindful Eating

Mindful eating bukan salah satu jenis diet tetapi cara untuk menikmati sebuah makanan. Jadi, kamu benar-benar memerhatikan sepenuhnya apa saja yang kamu makan, berapa banyak, emosi, dan sebagainya. Kamu harus benar-benar sadar dalam menikmati setiap suapan makanan ke dalam mulut. Kamu harus makan secara perlahan, sehingga tidak melewatkan perasaan kenyang.

Baca lainnya  Jangan Terlalu Sering Menggoreng, Berikut Cara Masak Sehat Lainnya

Cukup rumit sih, tapi sudah banyak ahli yang membuktikan bahwa mindful eating dapat membantu dalam menurunkan berat badan. Salah satunya, seorang Ahli Gizi dan Dosen di Harvard School of Public Health, Lilian Cheung, yang juga membuatnya menjauh dari makanan kurang sehat lainnya.

5. Diet Mayo

Dikembangkan The Mayo Clinic Diet (pusat penelitian klinis di Amerika Serikat), diet mayo mengharuskanmu membatasi asupan garam dan karbohidrat. Pada dasarnya diet mayo dilakukan dalam jangka pendek, hanya 12-14 hari saja lho. Kamu bisa mendapatkan berat badan idealmu dengan cepat. Oiya, banyak banget contoh takaran yang tepat untuk diet mayo ini. Coba deh cek di google, pasti banyak banget.

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!