Dispenser Minuman Rusak? Berikut Tim Duma Berikan Solusinya!

Hindari Dispenser Minuman Rusak via remoo.ru

Dispenser minuman adalah salah satu kitchen equipment yang sangat dibutuhkan. Karena dengan adanya dispenser minuman, kita bisa menikmati minuman panas, dan dingin tanpa menunggu waktu lama. Nah kendalanya terkadang karena terlalu lama dipakai dispenser minuman sering bermasalah. Baik itu masalah kebocoran, tidak panas, bahkan hingga tidak menyala. Menjawab permasalan dispenser minuman rusak, tim duma punya solusinya nih! Cek penjelasannya berikut ini!

Mengatasi Masalah Dispenser Minuman Rusak

1. Terjadinya Kebocoran

Cara mengatasi dispenser rusak karena kebocoran bisa di bilang paling mudah lho. Kebocoran yang terjadi disebabkan oleh selang yang bocor, kran yang tidak tertutup rapat, ataupun kebocoran pada galon. Sebelum kamu mulai untuk memperbaiki dispensermu, pastikan untuk memeriksa terlebih dahulu penyebab kebocoran yang terjadi. Caranya adalah kamu dapat menggunakan botol air mineral 1,5 liter sebagai pengganti galon. Kemudian perhatikan apakah terdapat tetesan air pada dispenser. Jika tidak ada tetesan sedikit pun, dapat dipastikan bahwa galonmu mengalami kebocoran.

Baca lainnya  Manfaat Mengonsumsi Olahan Pasta Sebagai Pelengkap untuk Berbagai Menu Favorit

Nah, jika kebocoran terjadi akibat masalah pada kran. Kamu dapat memperbaikinya langsung dengan cara membuka pemutar kran dan mengecek karet di dalamnya. Terkadang terdapat kotoran yang mengendap dan mengganjal sehingga membuat air menetes dari dalam kran. Kamu dapat membersihkan kotoran-kotoran tersebut lalu memasang krannya kembali.

2. Dispenser Tidak Menyala

Dispenser yang mati ditandai dengan lampu LED yang tidak menyala ketika dispender dinyalakan. Beberapa hal yang dapat menyebabkan dispenser tidak menyala antara lain adalah sambungan kabel yang putus, saklar yang rusak, dan thermofuse yang putus. Cara mengatasinya, sebaiknya periksa terlebih dahulu penyebab pasti rusaknya dispenser.  Kamu dapat mengeceknya dengan menggunakan multimeter skala ohm. Apabila sudah menemukan penyebab kerusakan, kamu dapat mengganti komponen yang rusak tersebut.

Dispenser minuman Polytron via duniamasak

Dispenser minuman Polytron via duniamasak

3. Dispenser Yang Tidak Panas

Kerusakan seperti ini sangat sering terjadi pada dispenser. Hal ini dapat disebabkan beberapa hal seperti kerusakan pada elemen tabung pemanas, kabel rangkaian arus listrik, dan peraba suhu. Kamu dapat mengecek pastinya dengan menggunakan multimeter dengan skala ohm. Setelah mengetahui bagian mana yang mengalami kerusakan, kamu dapat mengganti komponen tersebut dengan yang baru.

Baca lainnya  Berbagai Macam Teknik & Cara Pengolahan Kue Ala Tim Duma

Nah itu tadi beberapa pengalaman yang sering dialami saat dispenser minuman rusak dan bagaimana cara mengatasinya. Oiya, hal yang perlu diperhatikan adalah setelah kamu membongkar dispenser, pastikan semua komponen terpasang kembali pada tempat semula ya sahabat duma!

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!