Mengonsumsi Edible Flowers, Aman Nggak ya?

Edible Flowers Rekomendasi Untuk Kamu di Tahun Baru 2018 ini via www.marthastewart.com

Bunga yang bisa dimakan atau disebut edible flowers, yang sekarang lagi kekinian banget. Biasanya edible flower ini ditambahkan ke dalam salad, sup, atau beberapa makanan lainnya tanpa harus khawatir dengan jumlah kalori tambahan. Mengonsumsi Edible flowers juga dapat membantu meningkatkan kesehatan dan dapat ditanam sendiri di rumah lho!  Namun penting untuk dicatat bahwa tidak semua bunga itu sama, baik dari segi penanaman hingga cara mengonsumsinya.

Beberapa bunga dapat dimakan secara keseluruhan, sedangkan yang lain, seperti mawar harus terlebih dahulu membuang putik dan benang sarinya sebelum dimakan. Nah, sebelum kamu mengikuti tren mengonsumsi edible flowers, ada baiknya kamu melakukan riset terlebih dahulu ya!

Apakah Edible Flowers Aman Dikonsumsi?

Tart Edible Flowers via greensofdevon.com

Tart Edible Flowers via greensofdevon.com

Edible flowers bukan hanya berfungsi untuk hiasan tetapi pastinya aman juga untuk dikonsumsi. Mengonsumsi Edible flowers dipastikan aman, karena jelas tidak mengandung pestisida. Cara penanamannya pun dengan hati-hati agar jauh dari asap kendaraan, karena asapnya bisa terserap dan bunganya jadi tidak dapat dikonsumsi lagi.

Baca lainnya  Makan Sate Kambing, Apa Sih Manfaat dan Bahayanya?

Kamu harus tau dulu bunga mana sajakah yang tergolong sebagai edible flowers. Sebab sekarang di Indonesia sudah banyak penyedia edible flowers yang pastinya belum tentu aman untuk dikonsumsi alias belum tentu tergolong sebagai edible flower lho!

Edible Flowers diantaranya:

  • Bunga Telang (Blue Pea)
  • Pink Cosmos
  • Yellow Cosmos
  • Mix flowers

Bagaimana Mengonsumsi Edible Flowers ?

Salad Edible Flowers via londonist.com

Salad Edible Flowers via londonist.com

Salad

Tentu sebagian orang mungkin bingung kenapa edible flowers ditambahkan di salad. Edible Flowers bisa mempercantik tampilan salad dan menambah rasa atau sensasi yang berbeda untuk orang yang mengkonsumsinya.

Teh

Apa kamu pernah  mendengar teh camomile? teh ini ada bunganya lho, yang fungsinya untuk memberi rasa tenang ketika kita tidur. Penting banget nih untuk ibu-ibu yang susah tidur. Bisa dicoba rasanya dan baunya sungguh menambah rileks.

Baca lainnya  Makanan yang Cocok Kamu Konsumsi Saat Cuaca Panas

Garnish Untuk Dessert

Biasanya di hotel edible flowers digunakan sebagai garnish untuk dessert. Fungsinya adalah untuk mempercantik tampilan dessert tersebut. Tenang aja, kamu juga bisa langusng mengonsumsinya ya! karena edible flowers aman dikonsumsi kok!

Hiasan Kue Tart

Kue tart jaman sekarang kan kreasinya sudah semakin banyak, tak jarang juga para chef kue menggunakan hiasan edible flowers agar lebih menarik para pelanggannya. Bunga yang aman untuk dikonsumsi ini sangat dicari-cari oleh chef lho. Dan sekarang, kue tart dengan edible flowers kian banyak ditemui.

Tambahan Rasa untuk Es Krim

Kalau untuk tambahan rasa di es krim biasanya menggunakan bunga lavender. Rasanya manis dengan penampilan yang cantik, dapat digunakan sebagai garnish untuk sorbet atau es krim. Biasanya juga eskrim dengan penambahan edible flowers ini akan memiliki rasa yang khas.

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!