Manfaat Serta Efek Kopi Bagi Kesehatan Tubuh Manusia

manfaat dan efek kopi bagi kesehatan tubuh ala duniamasak via doktersehat.com

Hai sahabat duma, kamu termasuk salah seorang yang hobi banget mengonsumsi kopi nggak sih? Baik itu untuk diminum maupun makanan berbahan dasar kopi. Tahukah kamu apa aja sih manfaat serta efek kopi bagi kesehatan tubuh manusia? Simak yuk informasinya!

Manfaat & Efek Kopi

manfaat dan efek kopi bagi kesehatan via kiyora.co.id

manfaat dan efek kopi bagi kesehatan via kiyora.co.id

Mengurangi Stres

Seperti minum kopi, tentu mengonsumsi makanan yang berbahan kopi akan memberi manfaat yang sama. Sejumlah penelitian di Swiss mengungkapkan bahwa ternyata kopi bisa mengurangi stres yang berdampak baik bagi orang yang terkena tekanan darah tinggi. Dengan kurangnya stres, berarti peningkatan tekanan darah dapat berkurang. Manfaat kafein yang terkandung di dalam kopi juga tidak hanya sampai di situ. Kafein memiliki dampak yang baik bagi otak yang ingin mengurangi stres, sehingga bisa lebih fokus. Orang-orang mengonsumsi kopi untuk lebih meningkatkan konsentrasi, terutama saat bekerja. 

Meningkatkan Memori Otak

Percaya atau tidak, meminum kopi dapat meningkatkan memori dan performa otak sehingga bisa berpikir lebih baik. Jadi, kafein yang diserap darah, ketika di otak akan memblokir adenosine, hal itu akan mengakibatkan neurotransmitters dalam otak seperti norepinephrine dan dopamine menjadi lebih banyak. Hasilnya, kinerja otak menjadi meningkat, sehingga ingatan lebih kuat, emosi lebih tajam, lebih waspada dan fungsi kognitif otak lainnya juga ikut meningkat.

Kamu juga bisa mencegah risiko terkena penyakit short term memory lost dengan minum kopi secangkir setiap pagi. Tidak hanya itu, kemampuan menyerap informasi menjadi lebih meningkat dengan minum 100 mg kopi setiap hari, atau sekitar 2 gelas.

Baca lainnya  5 Makanan Asli Jambi yang Harus Kamu Cicipi: Dijamin Suka!

Meningkatkan Kinerja dan Performa

Selain pada otak, kafein pada kopi juga dapat meningkatkan stamina, ketahanan dan performa, terutama saat berolahraga. Penyebabnya, kafein dapat mengembalikan kadar glikogen dalam otot lebih cepat, sehingga kamu dapat meningkatkan performa dan kinerja fisikmu. Tidak hanya fisik, hal ini juga berdampak pada kinerja mentalmu. Sebab, kinerja sel akan diperlambat pergerakannya akibat dari kafein dalam kopi. Oleh karena itu, detak jantung meningkat, sering merasa gembira, jarang mengantuk dan sebagainya.

Mencegah Parkinson

Salah satu temuan yang mengejutkan dari kopi adalah, ternyata kafein sangat berguna untuk mencegah penyakit parkinson. Tidak hanya mencegah, kamu juga akan mengurangi gejala penyakit tersebut.

Seorang professor dari Universitas McGill di Montreal,Kanada, yaitu Ronald Postuma, mengatakan bahwa ada peningkatan yang sangat bermanfaat bagi pasien parkinson apabila mengkonsumsi kafein secara teratur. Oleh karena itu, ada sebuah pil yang mengandung 100 mg kafein yang akan diminum oleh pasien parkinson dalam waktu 3 pekan 2 kali untuk proses pengobatannya.

Baca lainnya  Mengembangkan Bisnis Frozen Food: Berikut Peluangnya

Efek Kopi yang Perlu Kamu Ketahui

Insomnia

Meski memiliki banyak manfaat baik untuk tubuh, namun seperti hal lainnya, kopi juga memiliki dampak yang buruk bagi kesehatan. Salah satunya yang paling sering dialami pecinta kopi adalah insomnia, alias susah tidur.

Minum kopi secara berlebihan akan membuat seseorang terkena gangguan susah tidur. Insomnia tersebut akan berpengaruh pada kesehatan kulit, mata dan sebagainya. Oleh sebab itu, kamu harus tetap menjaga pola tidur dan perbanyaklah istirahat.

Gangguan Jantung

Minum kopi bisa dibilang tidak menyebabkan penyakit jantung. Tapi, bila kamu terkena penyakit jantung, maka sebaiknya kurangi kopi. Penyebabnya, kopi dapat membuat jantung berdetak lebih cepat. Nah, masalahnya bila kamu penderita penyakit jantung, maka hal itu dapat berbahaya. Sangat dianjurkan untuk penderita penyakit jantung untuk mengurangi kopi. Tidak hanya itu, kamu juga harus tetap banyak makan sayur dan buah yang tinggi vitamin untuk menjaga jantung agar tetap sehat.

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!